Solusi Gendang Telinga Pecah, Kenali Juga Gejalanya
Pendengaran

Solusi Gendang Telinga Pecah, Kenali Juga Gejalanya

No ratings yet.

Gendang telinga, juga disebut membran timpani, adalah jaringan tipis yang memisahkan saluran telinga dari telinga tengah. Gendang telinga yang pecah adalah robekan pada jaringan ini. Ini juga disebut perforasi gendang telinga atau perforasi membran timpani.

Seseorang dengan gendang telinga yang pecah mungkin mengalami hal berikut:

  • sakit telinga parah, yang mungkin tiba-tiba hilang
  • kehilangan pendengaran di telinga yang terkena
  • drainase dari telinga yang mungkin mengandung darah
  • berdengung atau berdenging di telinga
  • perasaan tersumbat di telinga
  • pusing atau kehilangan keseimbangan
  • mual
  • suara siulan melalui telinga saat meniup hidung

Pada orang yang mengalami gangguan pendengaran, tingkat kehilangan ini mungkin tergantung pada ukuran lubang di gendang telinga.

Penyebab Gendang Telinga Pecah

Gendang telinga yang pecah dapat terjadi sebagai akibat dari beberapa penyebab yang berbeda:

Infeksi Telinga

Baik infkesi yang parah maupun infeksi ringan yang berulang dapat menyebabkan gendang telinga pecah.

Infeksi telinga tengah, yang disebut otitis media akut , terjadi ketika bakteri atau virus menyebabkan cairan menumpuk di telinga tengah.

Ketika cairan atau nanah menumpuk di belakang gendang telinga, tekanan dapat menyebabkan gendang telinga robek.

Infeksi telinga bisa sangat menyakitkan dan terkadang menyebabkan kesulitan mendengar.

Trauma atau cedera pada telinga

Trauma langsung dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Jaringan telinga merupakan lapisan tipis yang dapat mudah robek jika seseorang menahan pukulan dari berbagai aktivitas, termasuk olahraga.

Trauma parah pada telinga atau cedera kepala terkadang dapat merusak telinga bagian dalam dan tengah.

Memasukkan benda ke dalam telinga

Memasukkan benda, seperti kapas, pensil, atau jepit rambut, ke dalam telinga dapat merusak gendang telinga.

Ada kemungkinan anak-anak memasukkan benda ke telinga mereka secara tidak sengaja. Orang harus menghindari memasukkan apa pun ke telinga mereka jika memungkinkan.

Suara keras

Ledakan atau suara yang sangat keras di dekat telinga dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Hal ini mungkin terjadi pada musisi dan mereka yang mendengarkan musik dengan volume tinggi.

Orang mungkin mengalami gangguan pendengaran dan telinga berdenging, yang dikenal sebagai tinnitus , selama berjam-jam atau berhari-hari sesudahnya.

Solusi Gendang Telinga Pecah

Anda harus segera menemui dokter jika merasa telah mengalami gendang telinga yang pecah.

Seorang dokter akan memberikan solusi gendang telinga pecah dengan menggunakan alat yang disebut otoskop untuk memeriksa bagian dalam telinga. Melakukan hal ini akan memungkinkan mereka untuk melihat apakah ada lubang di gendang telinga dan menentukan ukurannya.

Dokter juga dapat melakukan tes pendengaran atau keseimbangan. Mereka mungkin meniupkan udara ke telinga untuk menguji tekanan.

Gendang telinga yang pecah seringkali akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 sampai 3 bulan . Dokter biasanya akan memberikan obat antiinflamasi nonsteroid ( NSAID ), seperti ibuprofen, untuk meredakan sakit telinga dan mengurangi peradangan. Jika penderita sakit telinga, kompres hangat pada telinga dapat membantu meredakan nyeri ringan.

Seorang dokter mungkin juga akan meresepkan antibiotik oral atau obat tetes telinga antibiotik untuk orang yang mengalami infeksi telinga.

Jika gendang telinga tidak sembuh dengan sendirinya, prosedur pembedahan yang disebut timpanoplasti mungkin diperlukan untuk memperbaiki lubang tersebut.

Gendang telinga yang pecah seringkali akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Penting untuk menjaga telinga tetap kering sampai gendang telinga sembuh untuk mencegah infeksi. Jika seseorang terus mengalami gejala gendang telinga yang pecah, mereka harus menemui dokter mereka.

Dalam kasus di mana gendang telinga tidak sembuh dengan sendirinya, prosedur pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki gendang telinga yang robek.

Sumber : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ruptured-eardrum/diagnosis-treatment/

 

Please rate this

and share :