kehilangan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Merasa Terkena Gangguan Pendengaran? Apa Langkah Selanjutnya?

No ratings yet.

Ketika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran, apa yang Anda lakukan selanjutnya?

Apakah Anda terkejut dengan diagnosa kehilangan pendengaran atau Anda sudah curiga selama bertahun-tahun, tentang gangguan pendengaran tersebut?.

Tetapi kehilangan pendengaran bukanlah akhir dari segalanya – dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatur kondisi Anda dan mendapatkan kembali sebagian kecil atau sebagian besar dari kehilangan kemampuan pendengaran Anda.

Adapun langkah yang harus diambil setelah merasa adanya gangguan pendengaran adalah:

 

Kunjungi Audiolog

Jika Anda belum melakukannya, langkah pertama Anda setelah menentukan Anda memiliki gangguan pendengaran adalah mengunjungi audiolog. Audiolog adalah seseorang yang terlatih dan diperlengkapi khusus untuk membantu orang dengan masalah pendengaran. Misalnya, audiolog Anda dapat membantu Anda menentukan:

  1. Jenis gangguan pendengaran yang Anda derita, seperti gangguan pendengaran konduktif, gangguan  pendengaran sensorineural, atau campuran keduanya.
  2. Tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda.
  3. Jika Anda perlu mencari izin medis dari Otologis untuk memastikan bahwa gangguan pendengaran Anda tidak terkait dengan kondisi lain yang perlu ditangani.
  4. Perawatan terbaik untuk mendapatkan kembali kemampuan pendengaran.

 

Periksa Kebijakan Asuransi Anda

Langkah penting lain ketika Anda didiagnosis menderita gangguan pendengaran adalah memeriksa polis asuransi Anda. Banyak penyedia asuransi kesehatan mengizinkan beberapa layanan pendengaran dan alat bantu dengar, tetapi cakupan ini dapat bervariasi. Sebagian besar polis asuransi juga tidak menawarkan perlindungan untuk alat bantu dengar.

 

Hilangkan Kesalahpahaman tentang Gangguan Pendengaran

Kebanyakan orang memiliki kesalahpahaman tentang gangguan pendengaran dan orang yang menderita hal tersebut. Jika Anda mendapati bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran, Anda harus meluangkan waktu untuk menjernihkan kesalahpahaman yang Anda miliki. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa kesalahpahaman yang sering kita dengar dari pasien baru:

Gangguan Pendengaran Tidak Serius – Faktanya, gangguan pendengaran bisa sangat serius. Orang dengan gangguan pendengaran sedang hingga berat lebih berisiko mengalami masalah ingatan, depresi, stres, dan kondisi serius lainnya.

Kehilangan Pendengaran Tidak Membutuhkan Perawatan – Meskipun kehilangan pendengaran yang tidak diobati tidak mematikan, hal itu tentu saja dapat berdampak negatif pada hidup Anda. Gangguan pendengaran yang tidak diobati dapat mengisolasi Anda secara sosial, menyulitkan Anda untuk melakukan tugas, dan membuat Anda tidak menikmati kegiatan favorit Anda.

Kehilangan Pendengaran Tidak Akan Mempengaruhi Kehidupan Saya – Jika Anda memiliki orang yang dicintai, teman, rekan kerja, atau orang lain di sekitar Anda, gangguan pendengaran dapat memengaruhi Anda dan mereka. Kehilangan pendengaran mempersulit orang untuk berkomunikasi dengan Anda dan bisa membuat frustasi bagi kedua belah pihak.

 

Pilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai

Bagi sebagian besar penderita gangguan pendengaran, perawatan terbaik adalah alat bantu dengar. Namun, memilih alat bantu dengar yang tepat bisa sulit. Ada banyak gaya dan jenis alat bantu dengar di pasar, dan mereka memiliki beragam kemampuan dan fungsi. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis alat bantu dengar yang tersedia, Anda dapat melihat panduan kami tentang memilih alat bantu dengar yang tepat atau berbicara langsung dengan audiolog Anda.

 

Jika Anda belum berpikir bahwa Anda sudah cukup siap untuk alat bantu dengar, tidak apa-apa. Anda masih dapat mengandalkan isyarat visual dan menjelaskan kepada keluarga dan teman Anda tentang kesulitan pendengaran Anda. Namun, Anda tidak harus menunggu terlalu lama untuk mendapatkan perawatan – seiring waktu, gangguan pendengaran yang tidak diobati cenderung menjadi lebih buruk dan lebih sulit untuk pulih. Jika Anda ingin memaksimalkan kemampuan pendengaran Anda yang tersisa, yang terbaik adalah segera bertindak.

  

Hubungi ABDI hari ini

Untuk saran dan bantuan pendengaran lebih lanjut, hubungi atau kunjungi kami hari ini di sini. Klinik audiologi kami telah berpengalaman melayani pasien dengan gangguan pendengaran, dan kami siap membantu Anda dengan kebutuhan pendengaran Anda juga. Hubungi 0800-100-2234 hari ini untuk mendapatkan jadwal pemeriksaan terdekat dari wilayah Anda tinggal.

Please rate this

and share :