Informasi Tentang Gangguan Pendengaran Campuran
Pendengaran

Informasi Tentang Gangguan Pendengaran Campuran

No ratings yet.

Gangguan pendengaran dibagi menjadi tiga jenis (gangguan pendengaran sensorineural , konduktif dan campuran). Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan gangguan pendengaran sensorineural.

Terkadang gangguan pendengaran konduktif terjadi bersamaan dengan gangguan pendengaran sensorineural (SNHL). Ketika hal ini terjadi, maka disebut dengan gangguan pendengaran campuran. Dengan kata lain, pada gangguan pendengaran gabungan ini terjadi kerusakan pada kemampuan telinga luar dan tengah untuk menghantarkan suara ke telinga bagian dalam dan otak. Serta adanya kerusakan pada telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran ringan atau sedang hingga berat.

Penyebab

Ada beberapa penyebab gangguan pendengaran campuran yang juga termasuk gangguan pendengaran sensorineural. Hal ini dapat meliputi penyakit, obat-obatan, faktor genetik, trauma kepala dan/atau malformasi telinga bagian dalam. Penyebab gangguan pendengaran konduktif dapat disebabkan kotoran telinga (serumen) yang menumpuk, cairan di telinga tengah, infeksi telinga, gendang telinga berlubang dan/atau malformasi telinga luar atau tengah.

Gejala

Gejala gangguan pendengaran campuran adalah berkurangnya pendengaran pada salah satu (monaural hearing loss) atau pada kedua telinga (binaural hearing loss).

Penanganan yang tepat

Gangguan pendengaran konduktif seringkali diatasi dengan perawatan medis atau bedah, sedangkan gangguan pendengaran sensorineural biasanya diatasi dengan alat bantu dengar. Oleh karena itu untuk gangguan pendengaran gabungan ini perawatannya mungkin merupakan kombinasi dari perawatan medis atau bedah dan penggunaan alat bantu dengar. Dalam beberapa kasus, implan atau jenis alat bantu dengar khusus diperlukan saat Anda mengalami gangguan pendengaran jenis ini.

Periksakan pendengaran Anda

Jika Anda mencurigai adanya tanda/gejala mengalami gangguan pendengaran, kami menyarankan agar Anda memeriksakan pendengaran Anda ke dokter spesialis THT /konsultan pendengaran terdekat dengan Anda dengan klik tautan ini.

Anda harus menghubungi konsultan pendengaran untuk menguji / memeriksakan pendengaran Anda jika Anda mencurigai adanya gangguan pendengaran. Semakin dini penanganan terhadap gangguan pendengaran Anda, maka Anda akan terhindar dari dampak sosial seperti sulitnya berkomunikasi, menurunnya kepercayaan diri, depresi dan lain sebagainya.

Sumber:
https://www.hear-it.org/mixed-hearing-loss

Please rate this

and share :