Solusi CROS dan BiCROS untuk Gangguan Pendengaran Satu Sisi
Alat Bantu Dengar Gangguan Pendengaran

Solusi CROS dan BiCROS untuk Gangguan Pendengaran Satu Sisi

No ratings yet.

Setidaknya ada sekitar 60.000 kasus gangguan pendengaran satu sisi atau single-sided-deafness (SSD) yang muncul setiap tahun di Amerika Serikat. Hanya memiliki satu telinga yang dapat mendengar sedangkan yang lainnya mengalami gangguan pendengaran membuat penderitanya kesulitan dalam mendengar di lingkungan yang bising  dan kesulitan menemukan darimana sumber suara berasal.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Untuk pasien SSD, ada solusi pendengaran CROS dan BiCROS yang tersedia dalam alat bantu dengar model Receiver-In-Canal (RIC) dan mini Behind-The-Ear (BTE) produksi dari Starkey.

Sebagai bagian dari Muse iQ, alat bantu dengar CROS dan BiCROS nirkabel dari Starkey didukung oleh teknologi 900sync untuk memberikan pemahaman terbaik dari sebuah percakapan di tengah keramaian, meningkatkan kualitas audio berdefinisi tinggi, melakukan streaming langsung dari telinga ke telinga.

Apakah yang dimaksud dengan sistem CROS dan BiCROS? Bagaimana cara kerjanya?

Sistem CROS terdiri dari satu mikrofon dan satu receiver yang terdapat dalam dua perangkat individu. Perangkat yang dilengkapi mikrofon tersebut dibuat untuk dipasang pada telinga yang mengalami gangguan pendengaran, sedangkan telinga dengan pendengaran normal menjadi tempat untuk perangkat yang dilengkapi dengan receiver. Suara yang sampai ke telinga yang memiliki gangguan pendengaran akan ditransmisikan melalui koneksi nirkabel ke perangkat yang dilengkapi receiver untuk membantu pasien mendengar suara dari sisi telinga mereka yang bermasalah ke sisi telinga yang masih berfungsi dengan baik.

Sistem BiCROS terdiri dari perangkat yang dilengkapi mikrofon yang dipasang ke telinga dengan gangguan pendengaran dan alat bantu dengar konvensional yang dipasang pada telinga yang masih berfungsi dengan baik atau hanya mengalami gangguan pendengaran ringan.

Siapakah yang harus memanfaatkan sistem CROS dan BiCROS?

Sistem CROS sangat sesuai untuk pasien dengan gangguan pendengaran satu-sisi karena mampu meningkatkan suara hanya pada telinga yang bermasalah. Pasien dengan pendengaran normal atau yang memiliki gangguan pendengaran frekuensi tinggi ringan juga dianjurkan untuk memanfaatkan sistem CROS ini.

Sistem BiCROS dapat membantu pasien dengan gangguan pendengaran bilateral yang tidak sama. Dalam kasus seperti itu, telinga dengan pendengaran yang lebih buruk tidak akan mendapat manfaat dari proses amplifikasi yang terjadi, sementara pendengaran yang lebih baik (telinga dengan gangguan pendengaran ringan) membutuhkan alat bantu dengar tradisional. Dalam hal ini, alat bantu dengar dengan sistem BiCROS akan mengirimkan suara dari telinga dengan pendengaran yang lebih buruk untuk dicampur dengan amplifikasi yang terjadi pada telinga yang lebih baik.

Manfaat alat bantu dengar Muse iQ dengan sistem CROS dan BiCROS

  • Percakapan yang lebih jelas dan mudah dengan kemampuan berbicara yang tepat dan deteksi ucapan yang akurat bahkan dalam kondisi lingkungan yang bising
  • Dapat memahami ucapan-ucapan dengan lebih baik meskipun dengan latar belakang suara angin yang bising dan manajemen feedback untuk akurasi ucapan yang optimal
  • Fungsionalitas dan konektivitas nirkabel dengan aksesori SurfLink yang dapat diunduh di Android maupun iOS
  • Teknologi pelega tinnitus dari Multiflex Tinnitus Technology yang dapat diatur sesuai keinginan
  • Pemrosesan berbagai suara secara simultan untuk pengalaman mendengarkan yang komprehensif yang membuat suara jernih dan jelas tanpa merusak ambien asli dari suara tersebut
  • Meningkatkan komunikasi atau percakapan yang berlangsung via telepon dengan menggunakan fitur streaming langsung dari telinga ke telinga

Hubungi penyedia layanan kesehatan pendengaran hari ini untuk mempelajari sistem CROS dan BiCROS secara lebih lanjut.

Please rate this

and share :