Lelah Lebih dari Biasanya? Waspadai Gejala Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Lelah Lebih dari Biasanya? Waspadai Gejala Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Apakah Anda merasa selalu kehabisan energi, kelelahan setelah seharian penuh berinteraksi, baik di lingkungan sosial atau di tempat kerja?. Dalam hal ini, gangguan pendengaran mungkin menjadi penyebab utamanya! Kehilangan pendengaran dan kelelahan mungkin tampak tidak berhubungan. Tetapi dalam kenyataannya, mereka jauh lebih terhubung daripada yang Anda sadari. Kelelahan didefinisikan sebagai “keletihan yang ekstrim, biasanya akibat dari aktivitas mental atau fisik.” Kelelahan mental dihasilkan dari usaha untuk mendengarkan dengan saksama dan seringkali merupakan efek samping dari gangguan pendengaran.

Mari kita simak penjelasan di bawah ini!

Beban Kognitif Dapat Menyebabkan Kelelahan

Usaha untuk memproses dan memahami suara adalah bagian dari proses mendengar. Hal ini dapat menyebabkan  “beban kognitif”. Dengan beban kognitif, otak disibukkan dengan mengisi kekosongan. Menyisakan sedikit energi untuk menyimpan dan memproses apa yang telah didengar dengan menggunakan memori untuk bekerja. Usaha tambahan yang dihabiskan otak untuk memahami suatu percakapan terutama ketika lingkungan sekitar dalam keadaan bising akan menambah tekanan dan kesulitan pada pendengar. Hal ini seringkali menghasilkan adrenalin dan ketegangan otot yang dapat menambah rasa lelah.

Cara Mengurangi Beban Kognitif

Berikut adalah beberapa cara untuk membatasi dampak gangguan pendengaran dan kelelahan mental.

  1. Beri diri Anda istirahat – bersantailah sejenak dan biarkan pikiran Anda beristirahat dari sulitnya usaha untuk mendengarkan. Lakukan tidur siang singkat sebagai sebuah metode untuk mengurangi stres dan meningkatkan kewaspadaan. Jauhkan telinga dari suara bising dan istirahat sejenak dari semua suara bila memungkinkan.
  2. Bermeditasi – Meditasi dan menemukan ketenangan di dalam diri Anda dapat meredakan rasa stres terkait dengan gangguan pendengaran. Meditasi menjadi alat yang populer untuk kesehatan mental dan fisik. Metode ini bisa dilakukan secara gratis, dapat dipraktikkan di mana saja, dan bahkan meditasi hanya membutuhkan waktu yang singkat kurang lebih selama 5 menit untuk menunjukkan manfaat.
  3. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras – Berjuang sepanjang hari untuk mendengarkan dan meninggalkan diri Anda tanpa energi untuk menikmati hidup adalah sama halnya dengan bekerja lebih keras bukan lebih pintar. Segeralah kunjungi profesional pendengaran untuk memanfaatkan keahlian mereka dan menemukan alat bantu dengar terbaik atau teknologi bantu untuk kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Mengatasi Gangguan Pendengaran

Saat ini banyak jenis alat bantu dengar dan teknologi pendampingan yang tersedia untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi ketegangan dalam proses mendengar. Banyak dari teknologi alat bantu dengar saat ini menggunakan pemrosesan digital. Dirancang untuk mengenali dan menekan kebisingan di lingkungan yang bertujuan agar mendengar menjadi lebih mudah.

Temukan teknologi pendengaran yang tepat untuk membantu Anda beristirahat dan menghilangkan stres secara tepat dengan  Klik di sini . Anda juga dapat menghubungi kami di no 0800-100-2234 untuk menemukan profesional kesehatan pendengaran yang dapat membantu Anda menemukan kebutuhan pendengaran yang sesuai gaya hidup dan kebutuhan mendengarkan Anda saat ini.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2017/01/Tired-from-hearing-loss

Please rate this

and share :