diet
Gangguan Pendengaran

Fakta : Diet Dapat Mengurangi Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Selama ini, banyak pertanyaan seputar gaya hidup yang berkaitan dengan gangguan pendengaran. Salah satu pertanyaan tersebut adalah,“apakah diet dapat mempengaruhi pendengaran Anda”?. Secara singkat,berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan bisa dikatakan bahwa diet Anda dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan,karena jika kita tidak melakukan diet,  tubuh memiliki asupan berlebih dari nutrisi ataupun zat yang tidak bermanfaat, maka pada akhirnya zat tidak bermanfaat tersebut dapat mengganggu pendengaran Anda.

Banyaknya penyakit berbahaya semacam tekanan darah tinggi,jantung kolesterol dan diabetes adalah bentuk dari zat berbahaya yang tidak terkontrol.Untuk lebih jelasnya, mari kita baca artikel di bawah ini.

 

Tekanan darah

Hubungan antara tekanan darah tinggi telah dikaitkan dengan kehilangan pendengaran serta meningkatkan risiko banyak kondisi kardiovaskular. Yang mengkhawatirkan, tekanan darah tinggi hampir tidak memiliki gejala yang berarti sekitar satu dari empat orang di Inggris memiliki kondisi tanpa sadar. Untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi, beberapa perubahan gaya hidup sederhana akan sangat bermanfaat. Cobalah untuk tidak menambahkan garam ke makanan Anda, dan periksa label minuman kemasan Anda untuk menjaga agar zat tidak bermanfaat yang ada dalam tubuh Anda tetap terkontrol. Stres juga terbukti meningkatkan tekanan darah, jadi gunakan waktu santai Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai – berjalan-jalan adalah cara yang bagus untuk bersantai, dan olahraga teratur juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah Anda.

 

Kolesterol

Baru-baru ini ada lebih banyak penelitian dalam kaitan antara kolesterol tinggi dan gangguan pendengaran, membuktikan bahwa mereka dengan kolesterol tinggi lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran dalam hidup mereka. Kolesterol tinggi dapat mengurangi sirkulasi darah ke telinga bagian dalam, yang dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang. Namun, juga telah terbukti bahwa efeknya dapat dibalik jika Anda berhasil menurunkan kadar kolesterol Anda dengan beberapa perubahan sederhana pada diet Anda. Lebih sedikit produk susu berlemak tinggi dan daging merah adalah dua kelompok makanan yang perlu dikurangi jika Anda ingin mengurangi kadar kolesterol Anda, menukarnya dengan makanan vegetarian atau daging putih seperti ayam dan ikan dengan produk susu rendah lemak. Berhenti merokok juga sangat berharga untuk membantu Anda hidup lebih lama – baik tekanan darah dan kolesterol Anda akan berterima kasih untuk itu. Ikuti tautan untuk mendapatkan dukungan mengalahkan kecanduan nikotin.

 

Diabetes

Gangguan pendengaran dua kali lebih umum pada penderita diabetes dibandingkan pada orang tanpa diabetes. Kadar glukosa darah yang terus-menerus tinggi menurunkan aliran oksigen ke telinga Anda, yang akan menyebabkan kerusakan saraf. Di Inggris saja, lebih dari tiga juta orang didiagnosis menderita diabetes – yang berarti banyak orang berisiko mengalami gangguan pendengaran. Diabetes dapat dikontrol dengan obat-obatan dan diet, tetapi hal terbaik untuk menyelamatkan kesehatan Anda dan mendengarnya untuk mencegahnya sepenuhnya. Diabetes bisa diturunkan, jadi periksalah secara rutin dari dokter jika Anda merasa berisiko lebih tinggi. Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta, serta makanan yang dimaniskan secara artifisial seperti gula-gula.

 

Makanan yang baik untuk telinga Anda

Sudah cukup tentang apa yang harus dihindari – kini saatnya Anda mengetahui  apa yang harus Anda makan untuk membantu menjaga pendengaran Anda.

Omega 3

Ditemukan dalam kacang-kacangan dan ikan berminyak, diet yang kaya omega 3 telah diketahui dapat mencegah gangguan pendengaran. Memasukkan dua porsi ikan atau kacang-kacangan ke dalam diet Anda dua kali seminggu akan sangat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga pendengaran Anda.

Vitamin B

Kekurangan vitamin B telah terbukti membantu gangguan pendengaran frekuensi tinggi. Untuk membantu Anda mendengar setiap peluit dan kicau burung di tahun-tahun selanjutnya, simpan buah jeruk, sayuran berdaun gelap, dan berbagai produk susu sebagai bagian dari diet Anda.

Antioksidan

Antioksidan akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam berbagai cara, dan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melindungi Anda dari banyak kondisi yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran sebagai hasilnya. Menjaga sel-sel telinga Anda terlindungi dari ‘radikal bebas’, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti blueberry sesekali.

 

Manfaat menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan melalui diet yang bervariasi dan olahraga teratur sudah dikenal luas. Selain terhindar dari gangguan pendengaran, dan memiliki prosentase hidup lebih lama, dengan melakukan diet, Anda juga memiliki peluang hidup sehat lebih besar.

 

Melakukan pemeriksaan kesehatan telinga secara teratur

Selain diet dan menjaga pola makan, melakukan pemeriksaan kesehatan telinga sesegera mungkin juga perlu, terutama jika Anda mulai merasakan gangguan pendengaran pada telinga Anda. Anda bisa mengunjungi website kami di sini, untuk mendapatkan banyak informasi seperti cara melakukan tes pendengaran secara online dan memperoleh jadwal konsultasi oleh para audiolog dan tenaga perawat profesional pendengaran kami di dekat Anda.

Please rate this

and share :