Gangguan Pendengaran

4 Alasan Mengapa Anda Perlu Memilih Alat Bantu Dengar yang Berkualitas

No ratings yet.

Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa hingga tahun 2015, penderita gangguan pendengaran di Indonesia berjumlah 45 juta orang dan diperkirakan akan terus meningkat. Setiap 1 dari 3 orang usia 60 – 70 tahun mengalami gangguan pendengaran dan bahkan jumlahnya lebih banyak lagi dialami oleh mereka yang berusia 75 tahun ke atas. Bukti yang ada menunjukkan bahwa gangguan pendengaran yang tidak ditangani adalah masalah kesehatan nasional yang cukup signifikan. Penelitian-penelitian  yang telah dilakukan menunjukkan bahwa gangguan pendengaran sangat berkaitan dengan masalah kesehatan serius lainnya, seperti depresi, penurunan ingatan dan konsentrasi, bahkan demensia. Maka solusi yang dinilai cukup efektif untuk gangguan pendengaran tersebut adalah alat bantu dengar. Alat bantu dengar dapat meningkatkan kemampuan mendengar dengan cukup signifikan sehingga kita bisa mendengar lebih jelas dan memahami pesan yang ditangkap oleh telinga dengan mudah. Karena manfaatnya yang dirasa sangat luar biasa, tidak heran jika harga alat bantu dengar pun cenderung mahal. Pada umumnya, harga alat bantu dengar berkisar antara $1500 – $3500 atau sekitar 20-50 juta rupiah per unitnya. Bayangkan jika Anda membutuhkan dua buah untuk kedua telinga Anda. Bagi sejumlah penduduk Indonesia, harga tersebut bisa dikatakan sama dengan gaji selama kurang lebih satu tahun.

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda tidak ingin salah dalam memilih alat bantu dengar yang cocok untu Anda. Alat bantu dengar zaman sekarang tersedia dalam berbagai tingkat kecanggihan. Jika Anda menemui dokter THT, maka sudah sepantasnya ia memberikan konseling tentang alat bantu dengar kaitannya dengan keterjangkauan harga, kecanggihan teknologi, fitur-fitur yang dimiliki, kualitas, keuntungan, dan kepuasan untuk Anda. Sebelum Anda menentukan pilihan alat bantu dengar yang mana, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menomorsatukan kualitas.

  1. Sensasi suara yang diterima telinga akan terdengar lebih natural
    Alat bantu dengar yang berkualitas akan membuat suara di sekitar Anda terdengar alami seolah-olah Anda tidak sedang menggunakan perangkat tersebut. Hingga saat ini masih ada beberapa alat bantu dengar yang menghasilkan noise pada background suara ataupun feedback ketika digunakan dan tentu saja hal tersebut sangat mengganggu. Feedback adalah suara gema yang terdengar ketika Anda berbicara atau mendengarkan sesuatu. Maka, saat Anda menginginkan alat bantu dengar yang berkualitas, jangalan lupa untuk mempertimbangkan poin ini. Pastikan alatr bantu dengar yang Anda pilih dapat menghasilkan suara atau bunyi sealami mungkin.
  2. Kemudahan dalam melakukan pengaturan
    Zaman sekarang, sudah banyak alat bantu dengar berkualitas yang menyediakan fitur wireless atau bluetooth untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan pengaturan yang paling seuai untuk kondisi tertentu. Dengan fitur tersebut, penggunanya tidak perlu melepas dan memasang alat bantu dengarnya setiap kali ingin mengatur program atau menyesuaikan volumenya. Bahkan sudah ada alat bantu dengar yang terintegrasi langsung dengan iPhone melalui aplikasI TruLink App. Poin nomor dua ini adalah pertimbangan untuk Anda dalam memilih alat bantu dengar yang nyaman khususnya dalah hal kepraktisan.
  3. Memiliki Garansi
    Mengingat harga alat bantu dengar yang tidak murah sama sekali, maka sudah semestinya Anda membeli alat bantu dengar yang bergaransi. Hal ini dikarenakan  jika terjadi kerusakan atau hal yang tidak diinginkan lainnya di masa mendatang, Anda tidak terlalu kuatir karena harus membeli yang baru. Alat bantu dengar yang berkualitas biasanya sudah dilengkapi dengan garansi yang disediakan oleh Pusat Alat Bantu dengar dimana Anda membelinya.
  4. Tahan lama
    “Ada harga ada barang” setidaknya mungkin itulah istilah yang tepat untuk alat bantu dengar berkualitas. Alat bantu dengar berkualitas tentu memiliki jangka waktu ketahanan yang lebih dibandingkan dengan alat bantu dengar biasa. sebagai barang yang dapat dikatakan paling krusial bagi Anda yang memiliki gangguan pendnegaran, tentunya Anda ingin alat bantu dengar  Anda dapat bertahan selama mungkin. Selain tahan lama, Anda juga pasti ingin perangkat tersebut tidak mudah rusak. Untuk itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan alat bantu dengar yang berkualitas.Tertarik membeli alat bantu dengar berkualitas dengan harga terjangkau? Dapatkan informasinya di sini

Please rate this

and share :