Tips Traveling Bagi Anda yang Mengalami Masalah Pendengaran
Gangguan Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Tips Traveling Bagi Anda yang Mengalami Masalah Pendengaran

No ratings yet.

Melakukan perjalanan ketika Anda mengalami masalah pendengaran dapat menjadi tantangan. Hal ini cukup meresahkan bagi sebagian orang, namun tidak ada alasan untuk melewatkan kesempatan mendatangi tempat-tempat baru. Dibawah ini, akan kami bagikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan. Tips ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mendatangi tempat-tempat baru meskipun memiliki masalah pendengaran.

Persiapkan Semuanya Sejak Jauh Hari

Sebelum memesan hotel, tanyakan tentang akomodasi yang tersedia untuk orang-orang dengan masalah pendengaran. Banyak hotel, terutama di negara-negara maju, memiliki kamar dengan fasilitas khusus. Seperti lampu yang berkedip sebagai tanda untuk telepon dan bel pintu. Jika Anda bepergian dengan grup tour, beritahu mereka tentang kebutuhan Anda agar mereka dapat membantu. Banyak museum di kota-kota besar menyediakan loop system atau teknologi bantu lainnya. Hal yang sama berlaku untuk teater dan ruang pertunjukan. Pelajari juga tentang tujuan Anda sebelum bepergian.

Gunakan Teknologi Sebagai Pendukung Masalah Pendengaran

Sebelum melakukan perjalanan, unduh semua aplikasi yang relevan dengan situasi perjalanan Anda ke dalam smartphone. Sebagian besar aplikasi perusahaan penerbangan dan kereta api menyertakan jadwal dan memberikan peringatan jika ada perubahan atau penundaan keberangkatan. Berlatihlah menggunakan aplikasi sebelum pergi, sehingga Anda siap jika kelak mengalami kesulitan dalam perjalanan.

Lakukan Advokasi Untuk Diri Sendiri

Beritahu pemandu tur dan wisatawan lainnya tentang gangguan pendengaran Anda. Informasikan mereka seputar saran yang spesifik tentang bagaimana mereka dapat membantu Anda mendengar dengan lebih baik. Beritahu pemandu agar mereka tetap dekat dengan Anda. Sehingga Anda dapat mendengar dan melihat wajah mereka dengan lebih baik untuk membaca gerak bibirnya.

Miliki perangkat tambahan (seperti sistem FM) yang akan berguna jika Anda perlu mengirimkan suara panduan langsung ke alat bantu dengar dan memblokir suara latar belakang.

Saat makan di luar, mintalah meja sudut yang tenang di restoran atau duduk di luar saat cuaca bagus. Mintalah petugas hotel untuk menyarankan restoran yang lebih tenang sehingga Anda dapat memesan meja dan mendengar pembicaraan orang disekitar dengan lebih baik.

Beritahukan Orang lain Tentang Masalah Pendengaran Anda

Orang sering tidak mengetahui masalah pendengaran karena tidak terlihat. Jadi jangan malu mengingatkan orang lain tentang kebutuhan Anda. Teguran lembut seperti memegang tangan di belakang telinga Anda sering berhasil dengan baik dan tidak mengganggu suasana dialog. Bawalah buku catatan dan pena di tas Anda agar prosesnya mudah.

Membawa Alat Pelindung Telinga

Bepergian bisa menjadi sangat sulit bagi orang-orang dengan masalah pendengaran. Di kota-kota, kebisingan lalu lintas dan konstruksi ada dimana-mana. Menghadiri pertunjukan musik adalah cara yang bagus untuk mengunjungi tempat baru. Tetapi kebisingan di sekitar dapat mebuat Anda merasa tidak nyaman. Jangan takut untuk menolak atau melepas alat bantu dengar Anda dan memakai pelindung telinga saat dibutuhkan. Bawa penutup telinga ekstra untuk dibagikan dengan teman seperjalanan Anda.

Bawalah Persediaan Ekstra Untuk Baterai Dan Charger

Perangkat Anda tidak akan berfungsi tanpa daya. Pastikan untuk membawa persediaan baterai cadangan yang cukup. Penggantian baterai mungkin lebih sulit ditemukan di lokasi yang tidak dikenal. Simpan baterai dalam tas perjalanan yang berbeda untuk memudahkan Anda.

Miliki Rencana Cadangan

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, tetapkan rencana cadangan sebelum Anda pergi dan uji coba sehingga Anda dapat dengan mudah menerapkannya jika diperlukan. Semakin banyak rencana cadangan yang Anda pelajari terkait kebutuhan pendengaran dan alat bantu dengar Anda, maka makin banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika terjadi beberapa hal di luar rencana.

Tentunya, untuk mengetahui beberapa  kemudahan yang bisa Anda dapatkan terkait kebutuhan pendengaran dan alat bantu dengar, Anda bisa berkonsultasi dan menanyakan pada beberapa tenaga perawat profesional pendengaran ABDI dengan klik di sini.

Please rate this

and share :