gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

5 Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Tanpa disadari, kita sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang memberi dampak buruk bagi kesehatan khususnya kesehatan pendengaran. Kebiasaan ini terkadang merupakan hal sepele yang sering kita temui sehari hari namun sangat sulit dihindari bagi sebagian orang. Di bawah ini akan kita bahas 5 kebiasan buruk yang terkait dengan gangguan pendengaran.

Merokok

Nikotin membatasi aliran darah ke telinga, berpotensi merusak sel-sel telinga yang halus. Semakin Anda merokok, semakin besar risiko kerusakan — tidak hanya pendengaran Anda, tetapi juga pendengaran orang yang paling Anda cintai. Studi menunjukkan bahwa remaja yang terpapar asap rokok pasif hampir dua kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran frekuensi rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki paparan.

Vaping

Hal yang sama berlaku untuk vaping. E-rokok yang mengandung nikotin memiliki dampak yang sama pada sel-sel rambut telinga seperti halnya merokok. Dan cairan beraroma, atau “jus e,” mengandung ratusan bahan kimia dengan dampak kesehatan yang tidak diketahui. Paling tidak satu, propilen glikol, terkait dengan gangguan pendengaran mendadak. 

Minum berlebihan

Memanjakan diri seumur hidup dengan minum minuman beralkohol dapat merusak hati atau liver Anda. Para ahli kesehatan percaya bahwa alkohol dapat mengganggu kemampuan otak untuk menafsirkan suara , terutama suara dalam frekuensi yang lebih rendah, dan menciptakan lingkungan beracun di telinga bagian dalam itu sendiri yang merusak sel-sel rambut koklea. Korteks pendengaran pusat otak sebenarnya dapat menyusut pada orang yang minum berlebihan, yang berarti bahwa saraf yang bertanggung jawab untuk memproses suara terkena dampak negatif.

Tidak merawat gigi

Rasanya aneh untuk berpikir bahwa merawat gigi Anda benar-benar dapat bermanfaat bagi pendengaran Anda , tetapi itu benar. Ketika gigi dan gusi Anda sehat, mulut Anda bebas dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan pembengkakan. Kemudian bakteri mulut memasuki aliran darah, dapat menyebabkan peradangan dan penyempitan pembuluh darah dan sirkulasi yang buruk merusak kesehatan pendengaran.

Ketika Anda lalai untuk membersihkan dan menyikat gigi, bakteri berbahaya berkembang di mulut Anda dan dapat memasuki aliran darah Anda, menyebabkan peradangan dan penyempitan pembuluh darah dan pembuluh darah – termasuk bagian yang penting untuk pendengaran.

Pendengaran yang baik tergantung pada sel-sel rambut (stereocilia) yang menerjemahkan impuls listrik dan mengirimkannya ke otak untuk interpretasi melalui saraf pendengaran.

Salah satu cara sel-sel rambut ini dapat rusak adalah dengan peradangan dan penyempitan pembuluh darah di telinga bagian dalam. Kerusakan ini tidak dapat dipulihkan, artinya gangguan pendengaran bersifat permanen. Beberapa gangguan pendengaran ini adalah wajar seiring bertambahnya usia, tetapi kebiasaan kesehatan gigi yang buruk dapat mempercepat prosesnya.

Bakteri dari infeksi gigi dan penyakit periodontal juga dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan diabetes. Pastikan Anda memiliki kebiasaan flossing setiap hari dan menyikat dengan benar setidaknya dua kali sehari. Membersihkan gigi secara profesional adalah bagian penting dari kebersihan mulut yang baik juga.

Mengabaikan gangguan pendengaran

Terakhir tetapi tentu tidak kalah penting: Banyak orang mengabaikan gangguan pendengarannya selama bertahun-tahun sebelum mencari bantuan. Hal ini biasanya sebagian dikarenakan adanya  stigma memakai alat bantu dengar. Tetapi ini memiliki dampak kesehatan jangka panjang — ketika otak Anda tidak mendengar semua kebisingan yang dulu, Anda berisiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif, termasuk demensia

Itulah sebabnya, di atas segalanya, jika Anda curiga mulai mengalami gangguan pendengaran, segera jadwalkan janji temu dengan praktisi perawatan pendengaran. Temukan ahli perawatan pendengaran profesional di tempat terdekat dari kota Anda dengan mengunjungi website kami di sini atau buatlah jadwal temu dengan para profesional pendengaran kami dengan menghubungi no 0800-100-2234.

Please rate this

and share :