Tips Menjaga Kesehatan Pendengaran
Pendengaran

Tips Menjaga Kesehatan Pendengaran

No ratings yet.

Masalah kesehatan pendengaran dan gangguan pendengaran ternyata dapat mempengaruhi pria dan wanita secara berbeda. Menurut beberapa penelitian, gangguan pendengaran lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Seperti yang kita ketahui bahwa kehilangan pendengaran dapat meningkatkan risiko depresi pada orang dewasa, terutama mereka yang berusia 18 hingga 69 tahun. Penggunaan penghilang rasa sakit, seperti aspirin, NSAID atau acetaminophen menurut sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2010, dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran bagi pria. Menurut  penelitian ini, terdapat hubungan independen antara gangguan pendengaran yang didiagnosis secara profesional dan penggunaan rutin aspirin, obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), dan acetaminophen pada 26.917 pria berusia 40-74 tahun pada awal tahun 1986. Peserta penelitian menyelesaikan kuesioner rinci pada awal dan setiap 2 tahun sesudahnya. Insiden kasus kehilangan pendengaran onset baru didefinisikan sebagai mereka yang didiagnosis setelah 1986.

Tips Menjaga Kesehatan Pendengaran

  1. Gunakanlah pelindung pendengaran, jika berada di lingkungan yang memiliki tingkat kebisingan tinggi gunakanlah pelindung pendengaran seperti penutup telinga. Alat ini juga bisa digunakan saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti memotong rumput. Waspadai kebisingan, kapanpun waktunya usahakan untuk mengecilkan volume radio, televisi atau speaker.
  2. Berhati-hatilah menggunakan earphone. Jika menggunakan earphone maka aturlah volume agar tidak terlalu keras, jika orang yang disebelah Anda bisa mendengar suara dari earphone maka volumenya sudah terlalu keras.
  3. Berikan waktu bagi telinga untuk beristirahat, semakin sering seseorang terpapar suara maka bisa mempengaruhi gangguan pendengaran, bahkan suara dengan volume rendah sekalipun jika terpapar dalam jangka waktu lama bisa jadi berbahaya. Untuk itu berilah waktu bagi telinga untuk beristirahat dengan berada di dalam ruangan yang tenang.
  4. Periksalah telinga secara teratur, tes pendengaran dan pemeriksaan telinga sebaiknya menjadi kegiatan kesehatan yang rutin, karena semakin cepat gangguan diketahui maka penanganannya akan menjadi lebih mudah dan mencegah kerusakan lebih lanjut.
  5. Hindari untuk mengkonsumsi obat-obatan yang tidak terlalu dibutuhkan, terutama beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi masalah pendengaran seperti yang telah dijelaskan di atas.
  6. Batasi tingkat konsumsi atau penggunaan gula sehari hari agar terhindar dari masalah diabetes yang dapat memicu gangguan pendengaran pada Anda.

Tips diatas adalah merupakan beberapa hal yang harus diketahui oleh pria di mana kesehatan pendengaran  sangat perlu untuk diperhatikan. Untuk mendapatkan tips-tips hebat lainnya klik di sini. Berlatih metode mendengarkan yang aman, dapatkan tes pendengaran tahunan dan pantau masalah kesehatan lainnya yang dapat mengakibatkan gangguan pendengaran bersama ABDI sebagai pusat penyedia layanan bantu dengar no1 di Indonesia.

Please rate this

and share :