Tips Untuk Penderita Telinga Berdenging
Tinnitus

Tips Untuk Penderita Telinga Berdenging

5/5 (1)

Bagi penderita telinga berdenging, mendengarkan suara nyaring setiap hari sangatlah mengganggu dan merepotkan. Suara yang terdengar ini sangat bervariasi dari satu individu ke individu lain. Tetapi ada sejumlah hal yang dapat diantisipasi oleh ahli pendengaran (audiolog) ketika bekerja dengan penderita telinga berdenging.

Tips Merawat Penderita Telinga Berdenging

Berikut ini tips khusus untuk membantu audiolog merawat pasien yang mengalami tinnitus dengan lebih baik :

Meringankan rasa takut pasien

Tinnitus biasanya bukan tanda kondisi medis yang serius. Meskipun dianjurkan bahwa pasien mendiskusikan tinnitus mereka dengan dokter perawatan primer mereka, biasanya tidak ada alasan medis utama untuk pasien penderita penyakit ini. Namun, jika ada tanda berbahaya yang mengarah pada penyakit yang lebih serius lainnya  (mis. Kelumpuhan wajah, gangguan pendengaran, mendadak on-set), maka diperlukan rujukan medis.

Dengarkan saja

Pasien ingin berbicara tentang pengalaman mereka; mereka ingin menceritakan kisah mereka. Seringkali, profesional perawatan kesehatan pendengaran adalah orang pertama yang ditemui pasien yang bersedia meluangkan waktu untuk mendengarkan dan bahkan bertanya tentang pengalaman tinnitus mereka. Jadi, biarkan pasien berbicara sebelum Anda terburu-buru untuk mendiagnosis dan meresepkan rencana perawatan. Mendengarkan adalah bagian penting dari evaluasi dan seringkali terapetik untuk pasien Anda.

Tunjukkan pada pasien bahwa Anda peduli

Tidak jarang pasien melaporkan bahwa penyedia layanan kesehatan utama mereka telah mengatakan kepada mereka “tidak ada yang bisa kita lakukan tentang tinnitus, hanya menghadapinya.” Informasi seperti ini tidak hanya membuat pasien merasa seperti profesional perawatan kesehatan tidak peduli, tetapi itu juga bisa membuat mereka merasa putus asa. Memberikan informasi dan pilihan pengobatan yang diketahui memberikan bantuan bagi sebagian besar penderitanya, tidak hanya meyakinkan pasien, tetapi juga memposisikan profesional perawatan kesehatan pendengaran sebagai orang yang dapat — dan ingin – membantu.

Personalisasi rencana perawatan

Dampak tinnitus bervariasi dari satu pasien ke pasien lain. Tinnitus bersifat pribadi, dan sebagai hasilnya tidak ada pasien yang sama. Sangat penting bahwa profesional mempersonalisasi pengobatan untuk setiap pasien untuk memastikan mereka mencapai bantuan terbesar dari tinnitus.

Bersiaplah untuk pasien yang akan mengajukan banyak pertanyaan

Sangat mungkin bahwa kebanyakan pasien telah melakukan penelitian pada saat mereka datang ke klinik Anda. Ada banyak sekali informasi di Internet, jadi jangan kaget jika pasien dilengkapi dengan pertanyaan tentang obat atau pengobatan terbaru yang mengklaim “menyembuhkan tinnitus” atau dengan pertanyaan tentang keefektifan terapi suara.

Jadwalkan lebih banyak waktu untuk pasien tinnitus

Untuk mengakomodasi semua aspek dari proses evaluasi, dan karena beberapa pasien tinitus memerlukan lebih banyak konseling, pertimbangkan penjadwalan lebih banyak waktu untuk evaluasi pasien awal dibandingkan dengan pasien dengan gangguan pendengaran.

Ingat, semua pasien dengan tinnitus berbeda, tetapi mereka semua menginginkan hal yang sama yaitu – BANTUAN. Sangat penting bahwa sebagai profesional perawatan kesehatan pendengaran, Anda siap untuk bekerja dengan pasien Anda dengan tinnitus untuk memastikan mereka menerima kualitas perawatan yang layak mereka dapatkan.

ABDI sebagai salah satu platform penyedia layanan tes pendengaran, perawatan dan penanganan masalah gangguan pendengaran atau tinnitus memberi Anda banyak kemudahan dengan program tes kesehatan pendengaran secara berkala, komunikasi informasi secara online, maupun menyediakan bantuan profesional perawatan pendengaran yang paling dekat dari kota Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami di sini, dan para staff  kami akan membantu Anda untuk membuat janji konsultasi sesuai waktu dan tempat yang Anda miliki.

Please rate this

and share :