Solusi Masalah Pendengaran

Rasakan 5 Kelebihan Alat Bantu Dengar Custom

5/5 (1)

Jika Anda berpikir tentang alat bantu dengar, maka mungkin akan gambar seperti inilah yang muncul di benak Anda, bukan?

Itu tidak mengherankan. Gambar di atas memang merupakan alat bantu dengar yang paling banyak digunakan oleh orang-orang dengan gangguan pendengaran di seluruh dunia. Bahkan jika Anda mencari “alat bantu dengar” di Google, maka alat bantu dengar seperti di ataslah yang akan muncul dikarenakan tipe tersebut adalah bentuk standard dari sebuah alat bantu dengar. Tipe seperti gambar di atas ini disebut dengan alat bantu dengar Behind-the-Ear atau yang lebih dikenal dengan BTE. Sesuai dengan namanya, cara pemakaian alat ini adalah dengan dipasangkan di belakang telinga. Survei menyebutkan bahwa 8 dari 10 orang yang menderita gangguan pendengaran merasa cocok dengan alat bantu dengar yang satu ini.

Sedangkan alat bantu dengar yang jarang Anda lihat adalah alat bantu dengar custom. Hal ini dikarenakan alat bantu dengar custom tidak terlalu fotogenik. Alat bantu dengar custom dibuat dengan dicetak dan disesuaikan dengan bentuk liang telinga penggunanya yang umumnya berbeda dengan yang lain. Maka dari itu, biasanya alat bantu dengar custom cenderung hanya terlihat berbentuk seperti gumpalan kulit karena warnanya yang hampir sama dengan warna kulit.

Kelebihan alat bantu dengar custom

  1. Ada alasan mengapa disebut custom
    Sama seperti fakta bahwa tidak ada dua orang yang sama di dunia ini, tidak ada dua telinga yang memiliki bentuk dan gangguan pendengaran yang sama. Alat bantu dengar custom dibuat untuk menjawab kebutuhan di atas. Setiap alat bantu dengar custom  dibuat dan dicetak sesuai dengan anatomi unik telinga penggunanya. Dengan demikian, alat bantu dengar custom akan terasa lebih nyaman dan pasa ketika digunakan di telinga dari pada  alat bantu dengar dengan bentuk standard.
  2. Alat bantu dengar custom terdengar lebih alami
    Dua fitur alat bantu dengar custom membantu mereka menghadirkan suara yang lebih alami bagi penggunanya. Salah satunya adalah letak alat bantu dengar yang dekat dengan gendang telinga. Karena alat bantu dengar custom  seperti Completely-in-Canal (CIC) dan Invisible-in-Canal (IIC) terpasang secara lebih dalam  daripada alat bantu dengar lainnya, maka receiver-nya pun juga lebih dekat ke gendang telinga atau membran timpani – bagian dari telinga bertanggung jawab untuk menyalurkan gelombang suara ke telinga bagian dalam. Kedekatan ini membantu memberikan kualitas suara yang super dengan volume yang pas.Selain itu, tidak seperti alat bantu dengar standard dimana mikrofonnya terletak dan “mengumpulkan” suara dari belakang telinga, mikrofon alat bantu dengar custom terletak di telinga sendiri. Ini memungkinkan mereka memanfaatkan pinna telinga Anda (bagian luar telinga) untuk menyalurkan  suara ke mikrofon -menirukan cara kerja alami telinga. Hasilnya pun Anda dapat dengan mudah mengetahui dari mana sumber suara berasal daan suara dengan frekuensi tinggi juga terdengar lebih natural.
  3. Berfungsi lebih baik ketika ada angin
    Selain pinna yang bertugas sebagai perisai telinga Anda ketika ada angin yang muncul, posisi alat bantu dengar custom yang ada di telinga juga ikut merasakan manfaat tersebut. Karena mikrofonnya terletak di telinga dan bukan di belakangnya, maka ia akan lebih terjaga dari kebisingan yang disebabkan oleh angin.
  4. Sangat mudah dipasang dan dilepas!
    Ketika alat bantu dengar standard memiliki dua bagian -satu yang dipasang di belakang telinga dan satu lagi dipasang du dalam telinga- alat bantu dengar custom hadir hanya dalam satu bagian yang mampu keluar masuk telinga Anda dengan sangat mudah. Dan karena bentuknya yang dicetak sesuai bentuk liang telinga Anda, maka ia pun terpasang dengan pas dan sangat nyaman.
  5. Alat bantu dengar custom –dimana sains dan seni bertemu
    Alat bantu dengar custom menunjukkan alat bantu dengar canggih yang dibuat berdasarkan sains dan dikombinasikan dengan personal care yang hanya diberikan oleh seorang profesional pendengaran yang berpengalaman. Jika Anda ingin solusi pendengaran yang dipersonalisasikan secara sempurna dan dirancang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, maka alat bantu dengar custom adalah jawabannya.

Cari tahu informasi seputar alat bantu dengar custom di sini.

Please rate this

and share :