Strategi Menurunkan Stress Bagi Penderita Tinnitus
Tinnitus

Strategi Menurunkan Stress Bagi Penderita Tinnitus

No ratings yet.

Tinnitus (istilah medis untuk dering di telinga) adalah masalah kesehatan utama yang mempengaruhi hampir 10-15% dari populasi orang di dunia. Setiap hari, jutaan orang di seluruh dunia tersiksa oleh suara-suara yang tidak bisa didengar orang lain. Beberapa orang, mendengar suara dering bernada tinggi. Sementara yang lain mendengar sesuatu yang sama sekali berbeda, mulai suara berdesis hingga statis, celoteh, bip, menderu, atau salah satu dari banyak suara lainnya. Dari orang-orang yang memiliki gejala tinnitus tersebut, tidak sedikit yang kondisinya menjadi lebih buruk dan mengalami gangguan pendengaran secara permanen. 

Saat ini ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kenyamanan dan dapat menurunkan stress yang mampu mengurangi gejala tinnitus. Di bawah ini akan kita bahas beberapa strategi penurunan stress yang bermanfaat dan efektif untuk penderita tinnitus dan gangguan pendengaran.

Spesialis Perawatan Pendengaran Untuk Mengatasi Tinnitus

Salah satu spesialis perawatan kesehatan pertama yang akan dikunjungi oleh sebagian besar pasien tinnitus adalah audiolog. Ini adalah langkah awal yang kritis dalam proses perawatan tinnitus karena beberapa alasan penting.

Pertama, jika Anda mengalami kehilangan pendengaran sensorineural mendadak dan tinnitus pada saat yang sama. Audiolog mungkin dapat mengembalikan sebagian atau seluruh pendengaran Anda melalui salah satu dari beberapa intervensi yang mungkin. Ini sering dapat menyebabkan peningkatan langsung tinnitus.

Audiolog juga dapat melakukan tes audiogram untuk mengetahui tingkat dan sifat gangguan pendengaran Anda. Dan ketika gangguan pendengaran diidentifikasi, audiolog dapat menyesuaikan Anda dengan alat bantu dengar.

Alat Bantu Dengar Dapat Membantu Masalah Tinnitus

Alat bantu dengar dapat membantu mengembalikan rentang frekuensi yang hilang dari pendengaran Anda. Selain itu juga telah terbukti dapat membantu mengatasi tinnitus agar kondisinya menjadi lebih baik.

Memulihkan pendengaran dengan alat bantu dengar dapat meringankan tinnitus mereka. Tetapi bahkan jika ABD tidak menurunkan masalah tersebut, ABD dapat membantu memperkuat suara lain yang ingin didengar pasien. Dengan meningkatkan volume lingkungan Anda, Anda tidak lagi hanya dapat mendengar suara denging saja.

Kedua, banyak alat bantu dengar modern hadir dengan fitur masking yang dapat memutar nada yang diperkuat, white noise, musik, atau suara alam langsung ke telinga untuk membantu meredam tinnitus seseorang. Seorang audiolog dapat melakukan serangkaian tes untuk mengetahui nada dan intensitas, serta memprogram bantuan pendengaran Anda sesuai dengan itu.

Ini menawarkan pasien gangguan pendengaran kemampuan untuk menggunakan masking lagi, yang dapat menurunkan volume tinnitus yang dirasakan. 

Teknik Relaksasi Fisik

Ketika Anda mencoba mengatasi tinnitus dan gangguan pendengaran pada saat yang sama, teknik relaksasi merupakan usaha yang bisa Anda lakukan. Saat suara dering cukup mengganggu, Anda mungkin tidak akan dapat mengubah volumenya, tetapi Anda selalu dapat membuat diri Anda lebih santai dan nyaman.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah rileks secara fisik. Stress sering menemukan jalannya ke tubuh kita berupa rasa sakit, sesak, dan menyebabkan ketegangan otot. Anda dapat mengurangi kecemasan dan menenangkan diri secara mental dengan menenangkan diri secara fisik. Koneksi pikiran-tubuh sangat nyata. Relaksasi dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh Anda.

Semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk merilekskan diri secara fisik. Semakin tenang Anda akan merasa dan semakin baik Anda akan mampu mengatasi telinga berdenging. 

Apa Teknik Pengurangan Tinnitus Anda?

Kehilangan pendengaran membuat masalah kesehatan seperti telinga berdenging jauh lebih sulit untuk bertahan. Tapi itu bukan hukuman seumur hidup. Bahkan dalam kasus-kasus penderitaan terburuk, masih ada begitu banyak harapan dan kemungkinan untuk meredakan gejala dering di telinga Anda.

Ketika Anda mengalami telinga berdenging terutama dengan gangguan pendengaran, Anda harus menggunakan setiap alat, teknik, dan strategi yang dapat membantu. Ini untuk menemukan kelegaan yang pantas Anda dapatkan. Namun jika teknik ini belum sepenuhnya membantu Anda, ABDI bisa membantu dengan serangkaian perawatan yang akan membantu hidup Anda lebih baik tanpa banyak suara dering di telinga Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52968-How-to-cope-when-you-have-both-hearing-loss-and-tinnitus

Please rate this

and share :