Alat Bantu Dengar VS Implan Koklea, Apa Perbedaannya?
Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar VS Implan Koklea, Apa Perbedaannya?

5/5 (1)

Alat bantu dengar adalah instrumen pilihan bagi sebagian besar orang dengan gangguan pendengaran. Tetapi bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran sangat parah atau sangat sulit mendengar, implan koklea mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Baik alat bantu dengar dan implan koklea bekerja lebih baik untuk orang yang didiagnosis dengan gangguan pendengaran sensorineural. Hali ini berarti mereka memiliki kerusakan pada sel-sel rambut di telinga bagian dalam dan/ atau jalur saraf dari telinga bagian dalam ke otak. Gangguan pendengaran sensorineural adalah jenis gangguan pendengaran yang paling umum di dunia.

Implan Koklea vs Alat Bantu Dengar

Apa perbedaan antara Implan koklea dan alat bantu dengar? Implan koklea diimplantasikan dengan pembedahan oleh spesialis bedah. Mereka merangsang saraf pendengaran untuk memberikan sensasi suara bagi mereka yang tuli atau sangat sulit mendengar. Alat bantu dengar dapat dilepas dan digunakan untuk memperkuat suara bagi orang-orang dengan pendengaran residual. Mereka dibawa masuk dan keluar dari saluran telinga oleh pengguna.

Apa Itu Alat Bantu Dengar?

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk memperkuat suara yang masuk ke telinga. Baik alat bantu dengar untuk dewasa maupun anak-anak. Idealnya, perangkat ini diresepkan oleh profesional kesehatan pendengaran setelah evaluasi pendengaran. Alat ini bekerja paling baik untuk anak-anak dan orang yang memiliki gangguan pendengaran sensorineural ringan hingga sedang. 

Saat ini, semua alat bantu dengar digital memiliki setidaknya satu mikrofon serta sebuah chip komputer untuk memperkuat dan memproses suara. Sebuah speaker dan sebuah baterai. Suara yang diperkuat dikirim langsung ke telinga bagian dalam untuk diterjemahkan kedalam impuls listrik yang ditransmisikan oleh saraf pendengaran ke otak.

Alat bantu dengar dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis utama: model in-the-ear (ITE) dan belakang-the-ear (BTE). Masing-masing tersedia dalam berbagai model pemakaian, bentuk, ukuran dan warna. Karena teknologi yang canggih, harga alat bantu dengar dapat berkisar dari 5 juta hingga sebesar 50 jutaan per perangkat. Tergantung pada teknologi, fitur, ukuran dan penyesuaian. Dengan garansi yang beragam.

Apa Itu Implan Koklea?

Implan koklea adalah alat pendengaran yang harus dipasangkan melalui pembedahan oleh seorang profesional medis. Perangkat ini menggantikan bagian telinga dalam yang rusak untuk secara langsung merangsang saraf pendengaran.  

Ada dua bagian utama untuk implan koklea, eksternal dan internal:

  • Komponen eksternal menampung mikrofon, prosesor suara, dan transmitter. Kabel kecil menghubungkan mikrofon dan prosesor suara ke transmitter, yang diposisikan di luar telinga penerima.
  • Komponen internal terdiri dari receiver yang ditanamkan di bawah kulit tepat di belakang telinga, bersama dengan satu atau lebih elektroda yang jauh ditanamkan pada telinga bagian dalam. 

Sebuah magnet menghubungkan dua bagian utama

Kedua komponen tersebut digabungkan menggunakan magnet yang kuat. Suara yang dikumpulkan dari mikrofon dan prosesor suara ditransmisikan ke penerima. Kemudian mengubahnya menjadi impuls listrik dan mengirimkannya ke elektroda. Ketika elektroda ini merangsang saraf pendengaran, otak menerima sinyal untuk memproses suara.

Sebelum operasi implan koklea, kandidat harus menjalani evaluasi audiologis dan psikologis, pemeriksaan medis, dan studi pencitraan. Karena komitmen besar setelah operasi, pasien (atau orang tua mereka) dapat menerima konseling tentang kinerja dan keterbatasan perangkat Implan.

Yang Mana yang Tepat Untuk Anda?

Hanya ahli kesehatan pendengaran yang dapat mengevaluasi pendengaran Anda dan menentukan alat pendengaran mana yang tepat untuk Anda. Ketika tidak dapat mendengar dengan baik, jadwalkan janji temu agar pemeriksaan pendengaran Anda dievaluasi. Jika Anda didiagnosis menderita gangguan pendengaran, bekerjasamalah dengan ahli kesehatan pendengaran Anda untuk menemukan perangkat pendengaran yang tepat untuk gangguan pendengaran, gaya hidup, dan anggaran Anda. Jika Anda memerlukan penyedia layanan pendengaran, Anda bisa mengunjungi website kami dan dapatkan jadwal pemeriksaan di tempat terdekat dari area Anda tinggal.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/50652-What-is-the-difference-between-hearing-aids-and-cochlear-implants

Please rate this

and share :