Menjaga Alat Bantu Dengar Agar Tetap Berfungsi Optimal
Alat Bantu Dengar

Merawat Alat Bantu Dengar Agar Tetap Berfungsi Optimal

5/5 (1)

Untuk mempertahankan alat bantu dengar tetap dalam kondisi baik dan optimal maka dibutuhkan proses pembersihan dan perawatan setiap hari. Alat bantu dengar yang terletak di dalam telinga akan selalu berada dalam kondisi lembab. Kotoran telinga dapat menumpuk di telinga dan di alat bantu dengar. Tidak mengherankan, jika kondisi ini bisa berbahaya bagi instrumen elektronik yang ada di dalamnya.

Untuk menghindari kerusakan dari alat bantu dengar, maka perawatan yang tepat dapat membantu mempertahankan kondisi pendengaran yang optimal, memperpanjang umur alat Anda dan memastikan kebersihan telinga yang sehat.

Di bawah ini akan kita diskusikan, beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait perawatan alat bantu dengar. Agar Anda bisa menikmati kualitas performa secara maksimal dari alat tersebut.

Bersihkan Alat Bantu Dengar Anda dengan Menghapus Kotoran Telinga

Meskipun banyak alat bantu dengar yang canggih dan memiliki teknologi pelapis seperti nano coating untuk menangkal kotoran telinga. Namun kegiatan untuk menghilangkan kotoran telinga dari alat bantu dengar Anda tetaplah sangat penting untuk mencegah kerusakan sementara atau permanen. Saat Anda menerima alat bantu dengar, Anda juga menerima alat pembersih. Ikuti instruksi tata cara membersihkan alat bantu dengar seperti yang disarankan oleh pabrik pembuatnya. Jika Anda tidak dapat menghapus semua kotoran telinga, hubungi dokter Anda untuk membantu.

Bersihkan dengan Kain Lembut yang Kering

Jangan gunakan larutan  alkohol untuk membersihkan permukaan alat bantu dengar karena dapat merusak bahan yang ada pada alat tersebut.

Jangan Jatuhkan Alat Bantu Dengar

Menjatuhkan alat bantu dengar pada permukaan yang keras dapat merusak instrumen yang ada didalamnya. Saat Anda sedang belajar cara menempatkan dan melepaskan alat bantu dengar, berlatihlah dalam posisi duduk dengan handuk atau bantal di atas pangkuan atau meja. Sehingga ketika alat tersebut tanpa sengaja Anda jatuhkan, maka alat itu akan menyentuh permukaan handuk atau bantal yang lembut.

Penyimpanan yang Tepat

Saat tidak digunakan, jauhkan alat bantu dengar dari panas maupun lembab yang berlebihan dan simpanlah di tempat kering yang sejuk. Biarkan penutup baterai terbuka untuk menghemat daya baterai saat tidak digunakan.

Saat ini telah banyak alat bantu dengar yang diciptakan untuk kedap air. Namun untuk keamanan dan kenyamanan alat tersebut maka lebih baik Anda menghindari penggunaannya di tempat-tempat tertentu seperti :

  • Di kamar mandi atau sauna
  • Berenang
  • Saat menggunakan pengering rambut
  • Ketika Anda mengaplikasikan produk atau semprotan pada rambut

Karena pentingnya perawatan alat bantu dengar ini, maka ada baiknya jika Anda selalu berkonsultasi dengan dokter maupun profesional pendengaran Anda ketika mengalami kendala dalam penggunaannya. Untuk memastikan Anda selalu terhubung dan mendapat kemudahan dalam penggunaan alat tersebut, maka pastikan untuk melakukan pembelian pada pusat penyedia alat bantu dengar yang telah memiliki banyak cabang dan pengalaman seperti ABDI. Hubungi kami di no 0800-100-2234 atau kunjungi website kami di sini untuk membuat janji temu dengan para perawat profesional kami di daerah terdekat dari tempat Anda tinggal.

Sumber : https://drive.google.com/drive/u/0/folders/14LwpfY9HCqs0SaTfYutCxPzd5y-xlb0t?ogsrc=32

Please rate this

and share :