mendengar
Gangguan Pendengaran

Mendengar Tapi Sulit Memahami? Hati-Hati Gangguan Pendengaran

5/5 (1)

Salah satu hal pertama yang diamati orang dengan gangguan pendengaran adalah “Saya dapat mendengar orang  dengan baik-baik saja, tetapi saya tidak mengerti apa yang mereka katakan.”

 Ini adalah keluhan yang paling konsisten dari individu yang mengalami efek “kemunduran pendengaran frekuensi tinggi yang miring.”

Apa yang terjadi dan mengapa begitu banyak yang memiliki keluhan ini?

Kehilangan pendengaran tidak hanya melibatkan telinga tetapi juga otak, di mana gelombang suara dikodekan oleh telinga dan kemudian diterjemahkan ke dalam kata-kata yang bermakna. Sementara gangguan pendengaran dapat muncul dengan berbagai tingkat keparahan dalam frekuensi yang berbeda, perkembangan yang sangat umum dari gangguan pendengaran telinga bagian dalam adalah gangguan pendengaran frekuensi tinggi yang miring.

Kami biasanya mengukur pendengaran dari 250 hingga 8000 Hz. Individu dengan gangguan pendengaran “frekuensi tinggi” tidak memiliki kehilangan pada frekuensi di bawah 1000 Hz (frekuensi nada rendah), tetapi memiliki hasil abnormal dalam kisaran 1000 hingga 8000 Hz (frekuensi nada tinggi). Gangguan pendengaran frekuensi tinggi adalah salah satu dari varian gangguan pendengaran yang paling umum

Sinyal bicara yang berbeda menghasilkan frekuensi yang berbeda pula

Ketika memeriksa sinyal ucapan manusia, kita melihat bahwa ada bunyi atau vokal bernada rendah (A, E, I, O dan U) dan bunyi atau konsonan nada tinggi (S, F, Th, Sh, Ch, K, P, dan H).

Mampu mendengar vokal dalam frekuensi nada rendah memberi kita sensasi mendengar, tetapi tidak bisa mendengar suara nada tinggi atau “konsonan”  mengganggu kemampuan kita untuk memahami kata-kata penuh. (Jadi kami dengar, tapi kami tidak mengerti.)

Frekuensi bernada tinggi di mana konsonan terjadi adalah di mana diskriminasi kata yang berbeda terjadi. Ketika kita memiliki kehilangan pendengaran frekuensi tinggi, kita kehilangan kemampuan untuk mendengar “konsonan”.

Mungkin terdengar efisien dan dengan demikian kemampuan kita untuk membedakan antara kata-kata seperti ‘Kamu’ atau “Tamu”.

Suara dan huruf utama tidak terdengar jelas

Bayangkan memiliki sebuah buku dengan setiap S, F, Th, Sh, Ch, K, P dan H terhapus. Anda bisa membaca bagian dari buku ini dan memahami beberapa hal , tetapi Anda tidak akan dapat memahami banyak kata-kata kunci dan frase dan, sebagai hasilnya, ditantang untuk memahaminya. Inilah yang terjadi dengan gangguan pendengaran frekuensi tinggi. Anda dapat mendengar bagian dari pesan, namun kehilangan frekuensi tinggi Anda telah “menghapus” bunyi atau huruf utama yang diperlukan untuk diskriminasi dan pemahaman. 

Untungnya, gangguan pendengaran frekuensi tinggi biasanya dapat dibantu dengan diagnosis yang tepat dan amplifikasi yang sesuai. Plus, sekarang dengan fitur transkripsi pada alat bantu dengar Livio AI baru kami , Anda dapat menyalin percakapan ke dalam teks, untuk membantu memastikan Anda tidak akan melewatkan satu kata atau frasa lagi.

Ingin merasakan pengalaman mendengar lebih baik dan konsultasi lebih banyak tentang alat bantu dengar, hubungi 0800-100-2234 atau klik di sini dan kami akan menghubungkan Anda dengan profesional pendengaran di dekat Anda untuk membantu memperoleh kemudahan tersebut.

Please rate this

and share :