AlasanMengapaHarusSegeraMengatasiGangguanPendengaran
Gangguan Pendengaran

7 Alasan Mengapa Harus Segera Mengatasi Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Gangguan pendengaran sering disebut juga sebagai penyakit hening. Orang yang mengalami masalah ini seringkali tidak merasakan sakit. Selain itu hal ini juga sering terjadi secara bertahap seiring waktu sehingga Anda hampir tidak melihat dampak berbahaya yang akan terjadi. Akibatnya, orang yang mengalaminya sering menunda mengatasinya.

Alasan Untuk Segera Mengatasi Gangguan Pendengaran

Dibawah ini adalah tujuh alasan mengapa Anda tidak boleh menunda untuk mengatasi gangguan pendengaran.

Mungkin Anda Mengalami Penyakit yang Lebih Serius

Sementara dalam kebanyakan kasus, terjadinya masalah pendengaran adalah akibat dari faktor penuaan dan paparan kebisingan yang berlebihan. Di sisi lain juga bisa menjadi gejala awal dari kondisi medis serius yang mendasarinya. Adapun beberapa penyakit yang memiliki gejala gangguan pendengaran pada awalnya adalah tumor, kelainan kardiovaskular, dan diabetes. Karena itu, gangguan pendengaran tidak boleh diabaikan.

Dapat Mengganggu Karier dan Potensi Penghasilan

Berpikir untuk menyembunyikan gangguan pendengaran Anda di tempat kerja justru akan membuat Anda terlihat tidak kompeten. Kesalahpahaman instruksi dan meminta orang untuk mengulangi sendiri sepanjang waktu membuat orang lain mempertanyakan kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut. Meminimalkan gangguan komunikasi di tempat kerja dengan memakai alat bantu dengar akan memastikan bahwa masalah pendengaran tidak menjadi penghalang bagi karier Anda.

Berpotensi Merusak Hubungan Anda dengan Orang yang Dicintai

Komunikasi yang baik sangat penting dalam semua hubungan. Tanpa adanya pendengaran yang baik maka akan ada banyak cerita yang tidak dapat dimengerti, memunculkan kebencian dan frustasi. Sehingga pada akhirnya menimbulkan ketegangan pada hubungan dengan orang-orang yang Anda cintai.

Meningkatkan Risiko Jatuh dan Cedera

Tahukah Anda bahwa (bersama dengan penglihatan) pendengaran yang baik juga membantu Anda mempertahankan orientasi dan keseimbangan spasial tubuh. Inilah sebabnya mengapa penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang bahkan memiliki gangguan pendengaran yang ringan sekalipun hampir tiga kali lebih mungkin untuk memiliki riwayat jatuh atau cedera daripada orang-orang dengan pendengaran yang baik.

Baca juga : Gangguan pendengaran meningkatkan resiko cedera karena jatuh

Menyebabkan Risiko Penurunan Kognitif dan Demensia

Ada semakin banyak bukti yang menghubungkan gangguan pendengaran yang tidak diatasi dengan perubahan fisik di otak, percepatan penurunan kognitif, dan gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer. Di sisi lain, setidaknya satu studi jangka panjang menunjukkan bahwa memakai alat bantu dengar mengurangi penurunan kognitif. Jadi, mengapa Anda mengambil risiko untuk tidak memeriksakan dan mengatasi gangguan tersebut sejak dini?

Baca juga : Mencegah demensia dengan mengobati gangguan pendengaran

Dapat Menyebabkan Isolasi Sosial dan Depresi

Ketika Anda mengalami kesulitan mendengar, kegiatan sosial dengan teman dan keluarga mulai menjadi lebih melelahkan dan memalukan. Karena adanya gangguan tersebut, secara alami Anda mungkin perlahan-lahan menarik diri dari kegiatan yang pernah Anda nikmati. Tidak heran, kemudian, bahwa gangguan pendengaran yang tidak diatasi sering menyebabkan isolasi sosial dan bahkan depresi.

Mengatasi Gangguan Pendengaran Itu Mudah dan Tidak Menyakitkan

Mendapatkan perawatan karena kehilangan pendengaran itu mudah! Tidak seperti kondisi medis serius lainnya yang mungkin memerlukan operasi atau perawatan yang menyakitkan, gangguan pendengaran Anda dievaluasi dan diatasi dengan alat bantu dengar. Faktanya, kebanyakan orang yang akhirnya mulai memakai alat bantu dengar menyesal bahwa mereka tidak mencari pengobatan lebih awal.

ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, akan membantu Anda untuk mendapatkan pendengaran Anda kembali dan hidup lebih bahagia bersama orang-orang tercinta di sekeliling Anda. Anda dapat mengunjungi website ABDI di sini, untuk memperoleh segala informasi dan konsultasi masalah pendengaran, atau secara langsung Anda dapat menghubungi no 0800-100-2234 untuk terhubung dengan para staf yang akan membantu Anda dan membuat jadwal temu dengan para tenaga profesional perawatan pendengaran kami.

Sumber : https://www.brandpointcontent.com/article/31775/7-reasons-not-to-wait-to-treat-your-hearing-loss

Please rate this

and share :