menemukan alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

Cara Menemukan Alat Bantu Dengar Yang Sesuai (part 1)

No ratings yet.

Dengan semua model alat bantu dengar yang berbeda di pasaran, memilih dan menemukan alat bantu dengar yang tepat dengan harga yang tepat bisa jadi sulit. Alat bantu dengar juga bisa menjadi investasi yang mahal, terutama jika Anda memerlukan dua alat bantu dengar, untuk setiap telinga.  Namun, Anda dapat berkonsultasi dengan profesional medis dan melakukan riset online Anda sendiri untuk menemukan alat bantu dengar yang tepat untuk telinga dan anggaran Anda.

Berkonsultasi dengan profesional alat bantu dengar

 

Dapatkan referensi untuk profesional alat bantu dengar. 

Profesional yang merekomendasikan dan menjual alat bantu dengar dikenal sebagai profesional alat bantu dengar atau dispenser alat bantu dengar. Profesional dapat disertifikasi sebagai audiolog atau memiliki pelatihan khusus tentang alat bantu dengar. Anda bisa mendapatkan referensi untuk profesional alat bantu dengar dari dokter keluarga Anda. Sangat bermanfaat untuk berkonsultasi dengan profesional alat bantu dengar secara langsung karena mereka dapat menawarkan rekomendasi tentang alat bantu dan membantu Anda membandingkan harga. 

  • Anda juga bisa mendapatkan referensi untuk profesional alat bantu dengar melalui teman atau keluarga yang menggunakan alat bantu dengar dan memiliki pengalaman positif dengan alat bantu dengar mereka.
  • Pilihan lain adalah mencari profesional alat bantu dengar dengan nilai tinggi di daerah Anda melalui database online. 

Atur konsultasi dengan profesional untuk menemukan alat bantu dengar yang tepat

Anda harus mengatur konsultasi tatap muka dengan profesional alat bantu dengar dan mengajukan beberapa pertanyaan kepadanya tentang kredensinya. Dia mungkin seorang audiolog bersertifikat atau memiliki bukti pelatihan dalam pemasangan dan penjualan alat bantu dengar. audiolog akan menggunakan peralatan untuk menguji pendengaran Anda dan menentukan kebutuhan Anda akan bantuan. Seorang audiolog kemudian dapat merekomendasikan bantuan terbaik sesuai kebutuhan dan anggaran Anda. 

  • Profesional pendengaran harus menawarkan bantuan kepada Anda dari berbagai model alat bantu dengar dan bersedia memandu Anda melalui proses seleksi.
  • Sebagian besar profesional alat bantu dengar akan membebankan biaya tetap untuk pengujian, pemasangan, dan merekomendasikan alat bantu dengar, meskipun beberapa mungkin menagih Anda secara terpisah untuk pengujian dan pemasangan.
  • Audiolog juga harus menunjukkan kepada Anda cara menggunakan bantuan Anda dan menyediakan layanan untuk perawatan lanjutan dan penyesuaian apa pun yang diperlukan. Anda juga harus menerima instruksi lisan dan tertulis tentang cara memasukkan bantuan dan merawatnya.

 

Periksa kebutuhan alat bantu dengar Anda dengan ahlinya. 

Profesional perawatan pendengaran harus terlebih dahulu mengajukan serangkaian pertanyaan terbuka tentang masalah gangguan pendengaran Anda dan kebutuhan alat bantu dengar Anda. Cobalah untuk menjawabnya sejujur ​​mungkin, karena ini akan membantunya menentukan jenis dan menemukan alat bantu dengar terbaik untuk Anda. 

  • Dia mungkin bertanya kepada Anda bagaimana gangguan pendengaran Anda memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, dan di mana atau kapan Anda merasakan kesulitan pendengaran yang paling parah. Dia mungkin juga bertanya kepada Anda apakah Anda merasa nyaman menangani alat bantu dan berurusan dengan baterai. Akhirnya, dia mungkin bertanya kepada Anda pertanyaan lain tentang riwayat medis Anda, seperti riwayat keluarga dengan masalah pendengaran, obat apa pun yang Anda pakai, dan pengalaman sebelumnya yang mungkin Anda miliki dengan alat bantu dengar.

 

Tes pendengaran Anda. 

Jika pendengaran Anda belum diuji oleh audiolog atau spesialis pendengaran, Anda harus mengizinkan ahli perawatan pendengaran untuk menguji pendengaran Anda. Para profesional perawat pendengaran kemudian akan menggunakan hasil tes untuk membantu Anda memilih alat bantu dengar. 

  • Selama tes, Anda akan duduk di bilik yang dikendalikan suara dan memakai earphone. Anda kemudian perlu menekan tombol atau mengangkat tangan ketika Anda mendengar nada atau kata. Dispenser dapat menguji kemampuan Anda untuk mendengar nada dan suara tertentu, kemampuan Anda untuk mendengar pola bicara tertentu, dan kemampuan Anda untuk mengenali kata-kata pada tingkat suara yang berbeda.
  • Hasil tes kemudian akan direkam pada audiogram. Jika Anda memiliki pendengaran yang sempurna, audiogram Anda akan menunjukkan garis yang cukup lurus di bagian atas grafik. Jika Anda memiliki gangguan pendengaran atau masalah pendengaran, saluran mungkin miring ke bawah.

 

Diskusikan opsi alat bantu dengar Anda dalam hal harga dan jenis. 

Setelah Anda menguraikan kebutuhan alat bantu dengar Anda dengan dispenser, para ahli perawatan pendengaran  tersebut harus membahas opsi Anda. Perlu diingat bahwa produsen alat bantu dengar tidak menetapkan harga eceran, para profesional perawatan pendengaran yang menetapkannya. 

Please rate this

and share :