Tips Merawat Alat Bantu Dengar di Musim Hujan
Alat Bantu Dengar

Tips Merawat Alat Bantu Dengar di Musim Hujan

No ratings yet.

Merawat alat bantu dengar saat musim hujan bukanlah hal yang sulit. Terdapat beberapa tips yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan terhadap perangkat ini.

Musim hujan — terutama di tempat-tempat yang sangat dingin — dapat menjadi cukup berat dalam banyak hal: kondisi mobil, jari tangan dan kaki, kesehatan mental kita. Namun tidak terlalu sulit untuk perawatan alat bantu dengar. Asalkan Anda memperhatikan beberapa hal yang boleh dilakukan— dan tidak boleh — saat menggunakan alat bantu dengar di musim hujan.

Tips Merawat Alat Bantu Dengar

Boleh Dilakukan

  1. Berhati-hatilah saat melepas topi, jaket atau syal agar alat bantu dengar yang Anda gunakan tidak lepas atau hilang.
  2. Siapkan baterai alat bantu dengar cadangan (atau pengisi daya untuk perangkat yang dapat diisi ulang) karena musim hujan dapat menguras baterai lebih cepat dari biasanya.
  3. Pertimbangkan untuk melepas alat bantu dengar Anda saat akan berpartisipasi dalam aktivitas musim hujan seperti saat naik motor atau saat berjalan menggunakan payung. Untuk menghindari kehilangan alat bantu dengar Anda serta agar alat bantu dengar tidak terpapar pada kelembapan berlebih.
  4. Setelah sampai dirumah saat musim hujan, biarkan alat bantu dengar beristirahat sejenak dengan melepasnya, dan membuka pintu tempat baterai untuk mengeluarkan uap air/kondensasi. (Alat bantu dengar isi ulang cukup dilap dengan kain kering setelah dilepas.)
  5. Gunakan pengering alat bantu dengar untuk membantu memperpanjang umur alat bantu dengar Anda.

Tidak Boleh Dilakukan

  1. Jangan khawatir cuaca dingin akan merusak alat bantu dengar Anda — alat ini terbuat dari bahan yang keras.
  2. Hindari menyimpan baterai atau pengisi daya di dalam mobil.
  3. Jangan simpan alat bantu dengar isi ulang Anda di dalam sistem pengering yang bertenaga panas.
  4. Tidak boleh membersihkan alat bantu dengar sesuka hati. Pastikan Anda mengikuti aturan pembersihan harian dari alat bantu dengar Anda.
  5. Jangan ragu untuk menghubungi ahli pendengaran jika Anda merasakan distorsi, suara terputus-putus, atau statis dari alat bantu dengar Anda.

Untuk tips perawatan pendengaran lainnya, hubungi profesional kesehatan pendengaran yang berpengalaman di sekitar Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2021/11/winter-hearing-aid-care-tips

 

Please rate this

and share :