gangguan pendengaran
Alat Bantu Dengar

Gangguan Pendengaran dan Lingkungan Bising

No ratings yet.

Ketika Anda memiliki gangguan pendengaran, lingkungan yang bising dan situasi sosial yang sibuk dapat membuat pemahaman terasa mustahil. Salah satu tantangan terbesar gangguan pendengaran adalah berusaha mendengar suara-suara lain. Saat Anda berada di lingkungan yang bising seperti restoran, pesta, atau acara outdoor, ini bisa menjadi lebih sulit. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat lingkungan yang bising lebih mudah ditangani. Teruslah membaca artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Membuat Rencana

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika tahu Anda akan berada di suatu tempat yang bising adalah dengan membuat  perencanaan ke depan. Misalnya, jika Anda keluar untuk makan, hubungi terlebih dahulu restoran yang ingin Anda kunjungi untuk membuat reservasi dan mendapatkan  meja yang jauh dari dapur atau sumber kebisingan lainnya, dan jadwalkan makan Anda untuk periode yang lebih tenang (tidak pas jam makan siang atau akhir pekan). Sedikit perencanaan dan persiapan bisa sangat membantu untuk memperoleh pendengaran secara maksimal.

Baca juga : Gangguan Pendengaran dan Tips Berada di Restoran

 

Kurangi kebisingan latar belakang

Strategi lain yang efektif di banyak tempat bising adalah untuk mengurangi kebisingan latar belakang di mana Anda bisa. Misalnya, Anda dapat meminta pembawa acara di pesta atau acara sosial untuk sedikit mengecilkan musik mereka sehingga Anda dapat mendengar lebih jelas. Jika Anda mencoba berbicara dengan seseorang secara pribadi, menjauhlah dari orang lain sehingga percakapan mereka tidak mengganggu pembicaraan Anda.

 

Temukan tempat yang tenang

Sebagian besar lingkungan yang bising tidak berisik. Anda biasanya dapat menemukan tempat tinggal yang lebih tenang di mana Anda dapat mendengar dengan lebih baik. Carilah kamar dengan karpet dan furnitur lembut, yang membantu mengurangi suara sekitar, dan jauhi sumber kebisingan utama. Jika Anda berada di tempat yang baru dan Anda tidak yakin di mana area yang lebih tenang, lakukan tur singkat atau tanyakan kepada tuan rumah apakah ada tempat yang tenang di mana Anda bisa duduk.

 

Carilah tempat yang terang

Dalam lingkungan yang bising, cahaya adalah teman terbaik Anda. Jika Anda memposisikan diri di area yang cukup terang, Anda akan dapat menggunakan gerakan bibir, isyarat wajah, dan bahasa tubuh untuk membantu Anda memahami apa yang orang lain katakan. Pada siang hari, cari tempat di dekat jendela atau di bawah sinar matahari tidak langsung. Di malam hari, kamar atau restoran yang cukup terang akan jauh lebih baik daripada restoran dengan pencahayaan remang-remang.

 

Jujur

Seperti banyak hal lain dalam hidup, kejujuran adalah kebijakan terbaik dalam hal pendengaran Anda. Jika Anda mengalami kesulitan memahami orang ketika Anda berada di tempat yang bising, beri tahu mereka. Mereka sering melakukan penyesuaian sederhana tetapi efektif seperti menghadap Anda langsung ketika mereka berbicara atau mengetuk bahu Anda ketika mencoba untuk mendapatkan perhatian Anda. Hal ini merupakan sedikit bantuan yang dapat membuat perbedaan agar Anda terlibat dan tidak tertinggal dengan semua orang di sekitar Anda.

 

Dapatkan bantuan alat bantu dengar

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi lingkungan yang bising adalah dengan memanfaatkan teknologi pendengaran baru. Alat bantu dengar modern memiliki beberapa mode bantuan yang membantu menyaring kebisingan latar belakang dan menguatkan ucapan. Dengan alat bantu dengar baru, Anda dapat mendengar lebih baik di hampir setiap situasi, termasuk pesta dan restoran yang keras.

 

Pelajari lebih lanjut cara memulihkan pendengaran Anda

Di Alat bantu dengar Indonesia (ABDI), kami membantu orang dengan semua tingkat kesulitan pendengaran mengelola dan memulihkan pendengaran mereka. Anda bisa menghubungi no 0800-100-2234 hari ini untuk mempelajari lebih lanjut dan menjadwalkan janji temu Anda, atau kunjungi kami di website untuk membaca ulasan, program atau layanan dan tips mendengar lainnya.

 

Please rate this

and share :