gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran , Isolasi Sosial dan Keterkaitannya

No ratings yet.

Apa hubungannya isolasi sosial dengan gangguan pendengaran?. Begini caranya: gangguan pendengaran yang tidak diobati secara luas diketahui sebagai penyebab isolasi sosial. Studi seperti ini telah menghubungkan keduanya untuk waktu yang lama.

Seharusnya tidak mengejutkan ketika Anda memikirkannya –  bahwa kenyataannya jika Anda tidak dapat mendengar atau berkomunikasi semudah dulu, maka Anda cenderung akan menghindari situasi sosial, bisnis atau transaksional dimana interaksi adalah kunci dan, sebaliknya, Anda akan cenderung menarik atau mengisolasi diri sendiri.

Peneliti dan profesional medis baru baru ini telah menyimpulkan  bahwa isolasi sosial yang tidak sehat dan berbahaya akan tumbuh sebagai “epidemi dan ini menjadi satu lagi alasan untuk mengobati gangguan pendengaran yang Anda miliki, dan tidak menganggap itu bukan masalah besar jika Anda mengabaikannya.

Pada tahun 1802, Beethoven menulis kepada saudara-saudaranya Carl dan Johann. Tentang kehilangan pendengarannya : “Anda para pria yang berpikir atau mengatakan bahwa saya jahat, keras kepala, atau misantropis, betapa Anda salah besar terhadap saya. Anda tidak tahu penyebab rahasia yang membuat saya tampak seperti itu. “

“Meskipun terlahir dengan temperamen aktif yang berapi-api, rentan terhadap pengalihan masyarakat, saya segera dipaksa untuk mengisolasi diri, untuk menjalani hidup sendirian.”

Ini adalah sebuah fakta, bahwa seorang musisi seterkenal Beethoven juga mengalami sebuah isolasi sosial akibat adanya gangguan pendengaran yang dialaminya.

Ada penelitian meyakinkan yang menunjukkan bahwa gangguan pendengaran membatasi interaksi sosial pada beberapa orang. Badan literatur lain juga menunjukkan hubungan antara isolasi sosial dan perkembangan demensia. 

Hubungan antara gangguan pendengaran dan lingkungan sosial

Gangguan pendengaran, atau proses menyesuaikan diri dengan gangguan pendengaran, dapat mengganggu lingkungan sosial seseorang. Kebanyakan orang yang mengalami disabilitas mengalami perubahan hubungan sebagai respons terhadap perubahan citra diri dan peran yang diharapkan, dan sebagai konsekuensi akan berdampak pada penyesuaian. Gangguan komunikasi lebih lanjut mempengaruhi interaksi sehari-hari. Ketulian pada dasarnya bersifat interaktif; itu adalah pengalaman yang perlu dibagikan kepada orang lain.

Sejumlah penelitian kualitatif telah meneliti dampak gangguan pendengaran pada hubungan dengan orang-orang terdekat. Untungnya, sejauh ini, gangguan pendengaran belum dikaitkan dengan perpisahan atau perceraian. Namun, gangguan komunikasi sering terjadi, dan dapat bermanifestasi sebagai berkurangnya pemahaman, frekuensi atau kedalaman percakapan. Individu yang sulit mendengar dan pasangannya dapat melaporkan peningkatan upaya, kelelahan, stres, kecemasan, depresi, isolasi, citra diri negatif dan kesulitan dalam hubungan keluarga sebagai akibat dari adanya kesulitan komunikasi.

Strategi koping, baik disadari atau tidak, dapat lebih mengisolasi individu dengan masalah pendengaran. Orang yang sulit mendengar mungkin menghindari situasi yang menuntut atau mengancam karena takut malu, frustrasi, terasing, stres atau usaha. Penghindaran sering digunakan dalam situasi di mana mereka memiliki sedikit kontrol terhadap lingkungan, misalnya di tempat kerja, publik, atau di sekitar kenalan santai atau orang asing. Di rumah atau di tempat-tempat lain di mana mereka memiliki kendali lebih, seseorang yang sulit mendengar mungkin malah memaksakan ketidakmampuan mereka pada orang lain. Sebagai contoh, mereka dapat meningkatkan volume TV, membuat orang lain di rumah baik untuk menahan kebisingan dengan frustrasi atau mundur ke ruang terpisah.

Ingin berkonsultasi dengan ahli kesehatan pendengaran dan menjaga agar pendengaran Anda tidak mengalir ke masalah yang lebih besar? Kami dapat membantu. Hubungi 0800-100-2234 atau klik di sini dan kami dapat menjadwalkan konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan pendengaran di dekat Anda.

Please rate this

and share :