alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

Ketahui Bagaimana Alat Bantu Dengar Membantu Keamanan Anda

No ratings yet.

Anda sudah tahu bahwa alat bantu dengar dapat meningkatkan pendengaran dan komunikasi. Tapi tahukah Anda bahwa mereka juga dapat meningkatkan keamanan? Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi apa yang sudah diketahui oleh banyak ahli kesehatan pendengaran dan pasien mereka – bahwa menggunakannya meningkatkan kualitas hidup, dan dapat memberikan rasa aman dan kemandirian yang lebih tinggi kepada pemakai. Berikut adalah beberapa alasan mengapa:

 

  1.   Peningkatan Keseimbangan

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington menemukan bahwa orang dewasa memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes keseimbangan ketika memakai alat bantu dengar. Studi ini mendukung gagasan bahwa mengobati gangguan pendengaran (dengan amplifikasi yang pas) dapat membantu mengurangi risiko jatuh. Meningkatkan pendengaran tampaknya meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran, menurut penelitian baru dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis. Pasien dengan alat bantu dengar di kedua telinga memiliki kinerja yang lebih baik pada tes keseimbangan standar ketika dihidupkan dibandingkan dengan ketika mati.

Studi kecil, yang muncul dalam jurnal The Laryngoscope, hanya melibatkan 14 orang yang berusia 65 hingga 91 tahun. Studi ini mendukung gagasan bahwa meningkatkan pendengaran melalui alat bantu dengar atau implan koklea dapat membantu mengurangi risiko jatuh. Hal ini juga dapat dibuktikan  melalui tes keseimbangan dimana para peserta melakukan tes keseimbangan dengan dan tanpa alat bantu dengar mereka dihidupkan. Para peneliti tertarik untuk meneliti efek pendengaran, semua tes dilakukan di hadapan sumber suara yang menghasilkan white noise, mirip dengan suara radio statis.

Dalam satu tes, mata subjek tertutup saat mereka berdiri dengan kaki di atas bantalan busa yang tebal. Dalam tugas kedua yang lebih sulit, pasien berdiri di lantai dengan satu kaki di depan yang lain, tumit ke kaki, juga tanpa isyarat visual untuk keseimbangan. Pasien diberi waktu untuk melihat berapa lama mereka dapat berdiri dalam posisi ini tanpa menggerakkan tangan atau kaki mereka, atau membutuhkan bantuan orang lain untuk menjaga keseimbangan.

Beberapa peserta dapat menjaga kestabilan pada bantalan busa selama setidaknya 30 detik (yang dianggap normal), apakah alat bantu dengar mereka aktif atau tidak. Tetapi mereka yang memiliki lebih banyak kesulitan dengan keseimbangan dalam tes ini berkinerja lebih baik ketika  aktif. Dan peningkatan kinerja bahkan lebih jelas dalam tes keseimbangan yang lebih menantang.

  1.   Meningkatkan kesadaran. 

Mendengar adalah arti penting untuk kesadaran lingkungan dan mencegah kecelakaan. Alat bantu dengar dapat membantu seseorang mendeteksi bahaya di sekitarnya, seperti mobil, sirene, dan hewan peliharaan. Mendengar dengan baik juga dapat membantu Anda mengenali dari mana potensi bahaya berasal. Mengatasi perubahan dalam pendengaran akan membantu Anda waspada dan mudah-mudahan tetap aman selama aktivitas harian Anda.

  1.   Meningkatkan Keamanan

Sejumlah penelitian telah menghubungkan gangguan pendengaran yang tidak diobati dengan peningkatan risiko masalah keamanan termasuk cedera disengaja , cedera di tempat kerja dan cedera lebih sering dan rawat inap. Menggunakan alat bantu dengar dapat memberikan ketenangan pikiran bagi Anda dan orang yang Anda cintai dengan mengurangi risiko keselamatan dan memberikan rasa aman yang lebih baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang pendengaran Anda, hubungi profesional kesehatan pendengaran di dekat Anda dengan menelepon 0800-100-2234 atau mengklik di sini .

Please rate this

and share :