Mencegah Masalah Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Mencegah Masalah Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Hampir semua orang memiliki masalah gangguan pendengaran dengan seiring bertambahnya usia. Sebenarnya, masalah ini bisa datang lebih awal pada usia awal remaja maupun pada usia senja. Tergantung dari seberapa sering Anda terpapar pemicu gangguan tersebut dan bagaimana Anda merawat kesehatan pendengaran Anda.

Untuk mengetahui secara lebih lanjut tentang gangguan pendengaran, apa pemicunya dan bagaimana cara mengatasinya, mari kita diskusikan di bawah ini.

Apa Itu Gangguan Pendengaran

Kehilangan pendengaran adalah bagian bertahap dan normal dari proses penuaan. Namun, kebisingan yang berlebihan masih menjadi penyebab utama. Gangguan pendengaran permanen dapat terjadi hampir secara instan dengan paparan suara yang tidak terlindungi.

Cara Melindungi Diri dari Kebisingan

  • Jika tingkat kebisingan di tempat kerja melebihi 85dB, kurangi tingkat kebisingan atau pakai perlindungan pendengaran.
  • Turunkan volume televisi, stereo, dan iPod Anda. Berhati-hatilah jika Anda menggunakan headphone atau earbud.
  • Berhati-hatilah untuk tidak menaikkan volume stereo mobil Anda terlalu keras untuk mengimbangi kebisingan dari mesin atau angin.
  • Pakailah filter suara khusus atau penyumbat telinga padat jika Anda pergi ke konser rock atau klub malam, dan jangan berdiri di dekat pengeras suara.
  • Kenakan headphone peredam bising atau penyumbat telinga padat jika Anda menggunakan peralatan berisik seperti bor, mesin pemotong rumput, dll.

Cara Menghindari Kerusakan Pendengaran dari Benda Asing

Jangan gunakan kapas untuk membersihkan telinga Anda. Hal itu dapat mendorong kotoran semakin dalam ke gendang telinga Anda dan dapat meningkatkan produksi kotoran telinga dan / atau merusak gendang telinga.

Hindari membersihkan telinga dengan air yang tidak bersih untuk mencegah infeksi telinga.

Pengertian Desibel

Desibel (dB) mengukur intensitas suara: dari 0dB, yang merupakan suara paling samar yang dapat dideteksi telinga manusia, hingga suara roket saat peluncuran, yang dapat melebihi 180dB.

Para ahli biasanya menganggap paparan lebih dari 85dB berbahaya, yang berarti suara-suara seperti sepeda motor, headphone, dan mesin pemotong rumput berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah Gangguan Pendengaran

  • Lakukan tes pendengaran secara berkala untuk mengetahui tingkat kesehatan pendengaran Anda.
  • Hindari tingkat kebisingan tinggi atau gunakan pelindung telinga jika paparan kebisingan tersebut tidak bisa kita hindari.
  • Biasakan untuk mendengar suara apapun dalam volume normal
  • Jika gangguan pendengaran mulai terjadi, maka segeralah untuk meminta bantuan ahli perawatan pendengaran untuk mencarikan alat bantu dengar yang sesuai untuk Anda agar gangguan pendengaran tidak menjadi semakin parah.

ABDI sebagai penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, dapat membantu Anda untuk menemukan solusi untuk gangguan pendengaran yang Anda alami. Hubungi kami di 0800-100-2234 atau kunjungi website kami di sini, agar Anda bisa memperoleh jadwal konsultasi sesuai dengan ketersediaan waktu dan lokasi terdekat dari tempat Anda tinggal.

ABDI juga menyediakan kemudahan bagi siapapun yang memiliki kartu jaminan kesehatan dari pemerintah dan membutuhkan alat bantu dengar. Dengan kartu jaminan kesehatan dari pemerintah, Anda akan lebih mudah mendapatkan alat bantu dengar dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi tunggu apalagi, jika Anda bisa mencegah gangguan pendengaran lebih cepat dengan menggunakan alat bantu dengar yang tepat, mengapa harus menunggu nanti.

Sumber : https://www.starkey.com/improve-your-hearing/prevent-hearing-damage

Please rate this

and share :