demensia
Gangguan Pendengaran

Demensia, Kenali Beberapa Faktor Penyebabnya

No ratings yet.

Demensia adalah istilah umum untuk penurunan kemampuan mental yang mempengaruhi fungsi sehari-hari Anda. Adapun gejala umumnya meliputi:

Beberapa faktor dapat mempengaruhi risiko Anda terkena demensia. Anda dapat mengubah beberapa faktor penyebabnya, seperti merokok, tetapi ada juga beberapa faktor lain yang tidak bisa dirubah, seperti genetika.

Faktor Risiko Medis 

Faktor risiko medis yang terkait dan dapat menyebabkannya  secara tidak langsung meliputi :

Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penebalan dan pengerasan dinding arteri akibat penumpukan plak. Plak terbuat dari kolesterol, lemak, kalsium, dan zat lain dalam darah. Penumpukan ini dapat mempersempit pembuluh darah Anda dan mengganggu aliran darah ke otak Anda. Ini merusak kemampuan sel-sel otak Anda untuk berfungsi dengan baik. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel-sel otak ini dan hubungannya dengan sel-sel otak lainnya.

Kolesterol

Tingkat kolesterol LDL yang tinggi meningkatkan risiko Anda terkena demensia vaskular. Ini mungkin karena hubungan antara aterosklerosis dan kolesterol tinggi.

Homocysteine

Asam amino ini secara alami bersirkulasi dalam darah Anda dan merupakan bahan penyusun protein. Tingkat homocysteine ​​yang tinggi adalah faktor risiko untuk sejumlah penyakit, termasuk:

  • Penyakit Alzheimer
  • demensia vaskular
  • gangguan kognitif

Diabetes

Diabetes dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena DA dan demensia vaskular, juga merupakan faktor risiko aterosklerosis dan stroke. 

Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran bisa jadi merupakan rangkuman penyebab yang memberi paling banyak kontribusi terhadap timbulnya demensia. Dengan timbulnya gangguan pendengaran yang tidak segera tertangani, secara tidak langsung, orang akan mudah mengalami perasaan terisolasi, stress yang pada akhirnya dapat berujung pada kepikunan dan demensia.

Faktor psikologis dan pengalaman

Faktor psikologis dan pengalaman mungkin menjadi faktor risiko demensia juga. Misalnya, jika Anda cenderung mengisolasi diri sendiri secara sosial atau tidak secara teratur terlibat dalam aktivitas yang merangsang secara kognitif, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena DA.

Gangguan kognitif ringan (MCI)

MCI dapat dianggap sebagai tahap antara kelupaan normal dan demensia. Namun, jika Anda menderita MCI, itu tidak berarti Anda akan menderita Alzheimer. Tetapi kebanyakan kasus Alzheimer dimulai dengan MCI. Gejala untuk MCI meliputi:

  • kehilangan memori lebih besar dari yang diperkirakan untuk usia Anda
  • kekurangan memori cukup besar untuk diperhatikan dan diukur
  • melanjutkan kemandirian karena kekurangan itu tidak cukup untuk mengkompromikan kemampuan Anda untuk merawat diri sendiri dan melakukan kegiatan normal

Sindrom Down

Pada usia paruh baya, kebanyakan orang dengan sindrom Down memiliki dapat terkena penyakit Alzheimer dan banyak juga yang mengalaminya

Faktor risiko genetik dan gaya hidup untuk Demensia

Usia

Risiko terkena penyakit Alzheimer, demensia vaskular, dan beberapa demensia lainnya meningkat seiring bertambahnya usia Anda. Di Amerika Serikat, satu dari sembilan orang di atas usia 65 memiliki Alzheimer, sekitar lima juta orang, menurut Asosiasi Alzheimer . Satu dari tiga manula meninggal karena Alzheimer 

Genetika

Banyak bentuk demensia memiliki komponen genetik dan sering terjadi dalam keluarga. Selain itu, mutasi tertentu pada gen tertentu telah diidentifikasi sebagai peningkatan risiko untuk mengembangkan risikonya.

Merokok

Sebuah studi dalam jurnal Neurology JAMA menemukan bahwa merokok dapat secara signifikan meningkatkan risiko penurunan mental dan demensia. Jika Anda merokok, Anda memiliki risiko lebih tinggi mengalami aterosklerosis dan jenis penyakit pembuluh darah lainnya. Penyakit-penyakit ini dapat berkontribusi pada peningkatan risikonya

Penggunaan alkohol

Minum alkohol dalam jumlah besar juga meningkatkan risiko terkena jenis demensia yang dikenal sebagai sindrom Korsakoff. Gejala sindrom Korsakoff meliputi:

  • kesulitan mempelajari informasi baru
  • kehilangan ingatan jangka pendek
  • celah memori jangka panjang

Cara menghindarinya

Banyak faktor risiko yang terlibat dalam pengembangan demensia, termasuk kondisi medis seperti gangguan pendengaran, pilihan gaya hidup, genetika, dan usia tua. Jika Anda memiliki risiko tinggi terkena demensia, terutama karena masalah pendengaran, Anda bisa menemui kami di sini untuk melakukan konsultasi dan perawatan. Dengan melakukan perawatan pendengaran lebih awal, maka kemungkinan resiko terkena juga lebih kecil . 

Please rate this

and share :
connect with us facebook-ABDI facebook-ABDI facebook-ABDI