alat bantu dengar basah
Gangguan Pendengaran

Tips Mengatasi Alat Bantu Dengar Basah dan Berdenging

5/5 (2)

Alat bantu dengar, seperti kebanyakan perangkat elektronik, harus dijauhkan dari air. Tetapi jika Anda menjalani kehidupan yang aktif, alat bantu dengar Anda mungkin basah karena kecelakaan atau kejadian tak terduga tanpa sengaja. Anda juga mungkin lupa melepas alat bantu dengar sebelum mandi. Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada alat bantu dengar Anda maka beberapa saran berikut ini dapat Anda lakukan:

  •         Matikan alat bantu dengar Anda segera.
  •         Lepaskan baterai dari alat bantu dengar. Keringkan baterai dengan cermat dengan kain kering.
  •         Kocok alat bantu dengar untuk menghilangkan semua air yang mungkin masih mengendap didalam alat            bantu dengar tersebut, ingat lakukan gerakan perlahan saja. Sebelum mengguncangnya, pastikan                          kompartemen baterai terbuka.
  •         Tempatkan alat bantu dengar Anda di koran, letakkan di radiator yang cukup hangat selama beberapa                jam dengan kompartemen baterai terbuka.

Menggunakan dehumidifier

Dehumidifier adalah alat yang sangat berguna untuk pemeliharaan dan perawatan alat bantu dengar. Sistem dari alat dohumidifier adalah menghilangkan semua kelembaban dari alat bantu dengar, mengeringkan kotoran, dan menghilangkan bau busuk dan bakteri. Adapun cara penggunaan dehumidifier adalah:

  •         Buka kompartemen baterai dan keluarkan baterai, biarkan kompartemen baterai terbuka.
  •         Keringkan alat bantu dengar dan baterai dengan kain kering.
  •         Tempatkan alat bantu dengar dan baterai Anda dalam sistem penurun kelembapan yang tepat.
  •         Simpan perangkat Anda dalam sistem dehumidifying selama 24 jam, atau 3-4 siklus pengeringan.
  •         Setelah 24 jam atau 3-4 siklus, pasang baterai baru (atau yang diisi penuh) ke dalam alat bantu dengar                dan periksa apakah berfungsi.

Bagaimana jika  terkena Air asin atau kotor

Jika alat bantu dengar Anda basah dengan air asin atau kotor, prosedur yang sama masih benar, tetapi perangkat harus segera dibilas dengan air tawar sebelum dimasukkan ke dehumidifier.

 

Alat Bantu Dengar Berdenging

Alat bantu dengar bersiul bisa sangat menjengkelkan dan mengecewakan. Suara bernada tinggi adalah umpan balik dari alat bantu dengar tetapi Anda yang mungkin justru mengganggu Anda. Ada beberapa saran umum yang bisa Anda gunakan untuk menghindari  umpan balik atau suara berdenging dari alat bantu dengar Anda.

  • Kotoran di saluran telinga dapat mencegah suara dari perjalanan ke telinga. Suara yang dipaksa keluar dari telinga menghasilkan suara dengingan tinggi. Kotoran telinga perlu dihilangkan tetapi bisa berbahaya jika Anda melakukannya sendiri. Jadi, temui dokter keluarga Anda untuk membantu membersihkannya.
  • Mengenakan alat bantu dengar pada volume penuh dapat menciptakan suara yang mengganggu. Turunkan volume atau minta alat bantu dengar diperiksa jika Anda selalu membutuhkan volume yang sangat tinggi untuk mendengar dengan benar.
  • Topi yang menutupi alat bantu dengar dapat membuat alat bantu dengar berdenging. Turunkan volume atau lepas tutup alat bantu dengar Anda. Memberi seseorang pelukan juga bisa menghasilkan bunyi bip pendek.
  • Cetakan telinga yang tidak pas dapat menyebabkan alat bantu dengar mengeluarkan suara siulan atau dengingan dan Anda perlu menemui profesional kesehatan pendengaran Anda untuk mendapatkan cetakan telinga yang baru atau yang dimodifikasi. Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan juga dapat menyebabkan ketidak cocokan alat bantu dengar.
  • Tabung plastik yang bergabung dengan beberapa alat bantu dengar ke cetakan telinga dapat mengeras dan menyusut, menarik cetakan telinga sehingga tidak lagi duduk dengan benar di telinga. Ini dapat menyebabkan suara dengingan. Solusinya adalah dengan mengganti tabung.

 

Butuh lebih banyak bantuan?

Dengan mengetahui cara mengatasi alat bantu dengar yang basah ataupun berdenging diatas, kami berharap Anda dapat secepat mungkin melakukan tindakan jika tiba tiba alat bantu dengar Anda basah atau berdenging. Jika Anda telah mengikuti saran ini dan alat bantu dengar Anda masih tidak berfungsi, bawalah ke penyedia alat bantu dengar Anda untuk melihat apakah perlu diperbaiki. 

Please rate this

and share :