demensia
Alat Bantu Dengar Gangguan Pendengaran

Fakta : Alat Bantu Dengar Dapat Membantu Mengurangi Demensia

No ratings yet.

Kehilangan pendengaran adalah kondisi kesehatan paling umum ketiga yang mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua, terjadi pada sepertiga orang di atas usia 65 tahun dan pada dua pertiga dari mereka yang berusia di atas 70 tahun  . Ini telah diidentifikasi sebagai salah satu faktor risiko potensial tertinggi yang dapat dimodifikasi untuk demensia oleh Komisi Lancet tentang Pencegahan, Intervensi, dan Perawatan Demensia .

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa mengembalikan input pendengaran dapat membantu melindungi fungsi kognitif dan meningkatkan kualitas hidup , alat bantu dengar mahal. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan cara mengatasi gangguan pendengaran.

Bukti yang telah berbicara

Gangguan pendengaran ringan dikaitkan dengan risiko demensia dua kali lipat lebih besar, sementara gangguan pendengaran yang parah dikaitkan dengan risiko 5 kali lebih besar selama 10 tahun. Beberapa studi longitudinal telah menemukan bahwa laju penurunan kognitif dipercepat pada pasien demensia dengan gangguan pendengaran. Peserta dengan gangguan pendengaran mengalami tingkat penurunan kognitif yang 30-50% lebih cepat daripada mereka dengan pendengaran normal.

Sebuah studi baru-baru ini telah dilakukan oleh Rancho Bernardo Study of Healthy Aging   meneliti lebih dari 1.000 peserta selama hampir 24 tahun menemukan bahwa gangguan pendengaran dikaitkan dengan penurunan terkait usia yang lebih cepat dalam fungsi kognitif global dan eksekutif. Penurunan kognitif yang terkait dengan gangguan pendengaran ringan berkurang pada individu yang mencapai pendidikan tinggi, tetapi pendidikan tidak dapat melindungi terhadap penurunan yang terkait dengan gangguan pendengaran sedang hingga berat.

Kehilangan pendengaran dapat menyebabkan penurunan kognitif karena ketika input input pendengaran lebih sedikit, pusat pendengaran di otak mulai mengalami degenerasi, dan otak berjuang untuk memberikan kompensasi. Ini berarti bahwa otak perlu menggunakan lebih banyak sumber daya untuk memproses informasi pendengaran, sehingga ada kurang tersedia untuk digunakan untuk fungsi-fungsi lain, seperti belajar dan memori. Pendidikan mungkin melindungi dari perubahan-perubahan awal ini karena itu dapat meningkatkan ketahanan, atau kapasitas otak untuk berfungsi secara normal meskipun tuntutan meningkat.

Sebuah studi pencitraan otak menemukan bahwa area otak yang biasanya tidak terlibat dalam pemrosesan bahasa menjadi diaktifkan sebagai respons terhadap bicara pada orang dengan gangguan pendengaran. Efek ini terlihat bahkan pada orang dewasa muda yang sehat dengan gangguan pendengaran ringan, menunjukkan bahwa perubahan otak yang dapat meningkatkan risiko demensia dimulai segera setelah timbulnya kerusakan pendengaran. Sebuah studi pencitraan terpisah di mana perubahan otak dilacak pada 126 orang hingga 10 tahun menemukan bahwa mereka dengan gangguan pendengaran telah mempercepat laju atrofi otak, termasuk di daerah yang terlibat dalam memori. Studi-studi ini menunjukkan bahwa mungkin perlu untuk mengobati gangguan pendengaran sebelum penyusutan otak yang signifikan terjadi untuk mengurangi risiko demensia.

Namun, belum juga ditetapkan apakah mengoreksi gangguan pendengaran secara signifikan dapat membalikkan atau memperlambat penurunan kognitif yang sedang berlangsung. Belum dapat dipastikan bahwa gangguan pendengaran merupakan pendorong risiko demensia, karena ada juga kemungkinan orang yang rentan terhadap demensia berisiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan pendengaran. 

 

PERTIMBANGAN PENTING 

Biaya:

Meskipun harga sebuah alat bantu dengar memang sedikit lebih mahal, namun membeli  alat bantu dengar mungkin merupakan investasi yang hemat biaya, karena biaya perawatan kesehatan untuk individu dengan gangguan pendengaran yang tidak diobati ditemukan 46% lebih tinggi selama 10 tahun belakangan ini.

Tempat Membeli Alat Bantu Dengar:

ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia merupakan salah satu pusat pelayanan perawatan kesehatan pendengaran secara terpadu yang siap untuk membantu Anda menemukan sebuah alat bantu dengar yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan gaya hidup Anda. Melalui ABDI Anda bisa mendapatkan berbagai macam perawatan dan pelayanan bahkan setelah pembelian alat bantu dengar tersebut.

APA YANG BISA ANDA LAKUKAN 

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menunjukkan tanda-tanda kehilangan pendengaran seperti meninggikan volume televisi atau mengalami kesulitan mengikuti percakapan, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa pendengaran Anda. Ingatlah bahwa gangguan pendengaran yang di atasi lebih awal dapat mencegah timbulnya demensia.

Please rate this

and share :