Seputar Alat Bantu Dengar Tidak Terlihat
Alat Bantu Dengar

Seputar Alat Bantu Dengar Tidak Terlihat

No ratings yet.

Seringkali, orang yang baru mengenal alat bantu dengar berharap mendapatkan alat bantu dengar yang tidak terlihat, jenis yang dimasukkan ke liang telinga, yang pada dasarnya tidak terlihat.

Gangguan pendengaran masih sangat dipandang di masyarakat kita, sesuatu yang cenderung kita anggap “tua”. Saat Anda memakai alat bantu dengar, justru sebaliknya Anda tidak akan terus menerus bertanya “apa?” atau tersenyum dan mengangguk ketika seseorang mengajukan pertanyaan kepada Anda.

Anda mungkin memiliki alasan/ keinginan untuk memakai alat bantu dengar yang hanya diketahui Anda. Jika demikian, Anda disarankan untuk menggunakan alat bantu dengar tak terlihat, yang dikenal secara medis sebagai alat bantu dengar Invisible In the Canal (IIC). Adapun model yang hampir serupa, yang dikenal sebagai Completely In Canal (CIC), juga berada di liang telinga, tetapi tidak terlalu dalam.

Apa yang ada di dalam alat bantu dengar yang tidak terlihat?

Mempertimbangkan ukurannya yang kecil, alat bantu dengar tak terlihat dikemas dengan banyak teknologi ke dalam perangkat yang seukuran permen jagung. Sebagian besar model berisi:

• mikrofon untuk mengambil suara
• mikroprosesor untuk memproses suara
• amplifier dan speaker untuk mengirimkan suara
• baterai yang dapat dilepas, biasanya tidak dapat diisi ulang (menggunakan baterai sekali pakai).

Sebagian besar merek menawarkan alat bantu dengar IIC dengan cangkang (bagian luar) dengan warna kulit yang berbeda, untuk menyempurnakan perangkat yang tidak terlihat. Beberapa mungkin memiliki tombol tekan untuk memungkinkan Anda mengubah volume, mengubah pengaturan, atau mematikan perangkat. Ada juga sakelar “hidup / mati” dan ventilasi untuk membiarkan udara masuk dan juga terkadang terdapat tali tarik.

Meskipun Anda tidak mengalami gangguan pendengaran asimetris yang parah, penting untuk mengetahui alat bantu dengar mana yang cocok untuk telinga kiri atau kanan Anda.

Keuntungan dari alat bantu dengar tak terlihat

• Biasanya hampir tidak terlihat
• Kualitas suara yang bagus karena letaknya yang dekat dengan gendang telinga
• Lebih kecil kemungkinannya untuk menangkap suara angin
• Cocok untuk beberapa profesi atau orang yang perlu meletakkan sesuatu di telinga atau kepala mereka,

seperti petugas kesehatan yang menggunakan stetoskop atau orang yang memakai headset ponsel atau helm / alat pelindung

Kekurangan

• Tidak disarankan untuk orang dengan gangguan pendengaran berat sampai sangat berat
• Tidak dapat digunakan pada anak-anak karena ukuran telinga anak-anak akan berubah saat mereka tumbuh
• Baterai perlu sering diganti
• Lebih sedikit fitur yang dapat disesuaikan dan pengaturan konektivitas, seperti telecoil
• Lebih sulit untuk dimasukkan dan dilepas, terutama jika Anda memiliki masalah ketangkasan atau penglihatan
• Dapat rusak oleh kotoran telinga atau kelembapan

Model serupa: In the canal dan full shell

Dalam beberapa kasus, penyedia layanan pendengaran mungkin merekomendasikan model In The Ear (ITE) yang tidak sekecil alat bantu dengar IIC. Ini termasuk alat bantu dengar In The Canal (ITC), half shell dan full shell.

Tanya jawab seputar alat bantu dengar yang tak terlihat

Apa alat bantu dengar yang paling tidak terlihat?

Hampir semua model yang disebutkan di atas tidak akan terlihat oleh orang-orang di sekitar Anda. Tidak ada perbedaan besar di antara model-model tersebut dalam hal gaya atau penampilan.

Apakah alat bantu dengar yang tidak terlihat efektif?

Ya, kualitas suaranya cenderung prima dan mirip dengan model di belakang telinga (BTE).

Bagaimana saya tahu jika alat bantu dengar tidak terlihat cocok di telinga saya?

Penyedia perawatan pendengaran Anda akan mengukur saluran telinga Anda dan memilih ukuran yang tepat, memastikan kesesuaiannya. Jika Anda ragu, penyedia Anda kemungkinan menawarkan masa percobaan sehingga Anda dapat melihat apakah alat bantu dengar tersebut bekerja dengan baik untuk Anda. Tips: Pastikan mencobanya untuk telepon.

Bagaimana cara melepas alat bantu dengar yang tidak terlihat?

Desain setiap merek sedikit berbeda, tetapi sebagian besar berisi tali kecil untuk menarik agar lebih mudah dilepas.

Bisakah alat bantu dengar dibiarkan di telinga semalaman?

Bisa, tetapi ini tidak disarankan, karena akan menghabiskan daya baterai untuk hal yang tidak perlu. Alat bantu dengar harus dilepas saat mandi dan berenang.

Seberapa jauh alat bantu dengar harus dimasukkan ke dalam kanal?

Alat bantu dengar dipasang jauh di dalam kanal, untuk membuat alat bantu dengar “tidak terlihat”.

Apakah memerlukan pemeliharaan?

Ya, Anda perlu mempelajari cara mengganti baterai dan membersihkan perangkat, seperti membuang kotoran telinga dan mengganti filter. Alat bantu dengar dilengkapi dengan multi-alat untuk mempermudah tugas ini. Anda akan tahu kapan masa pakai baterai hampir habis saat Anda mendengar bunyi bip.

Pastikan untuk membuat janji tindak lanjut dengan penyedia layanan pendengaran Anda sehingga mereka dapat menyesuaikan pengaturan suara, jika diperlukan. Terkadang diperlukan trial and error untuk mendapatkan amplifikasi dengan benar, bergantung pada lingkungan dan gaya hidup Anda (misalnya, jika Anda seorang musisi).

Bagaimana cara memasukkannya?

Letakkan ujung perangkat di liang telinga Anda dan tarik perlahan telinga Anda ke belakang saat Anda mendorong perangkat masuk. Perangkat harus terpasang dengan nyaman di dalam telinga. Untuk melepasnya, tarik perlahan tali atau perangkat tarik keluar.

Berapa harganya?

Sepasang alat bantu dengar yang sesuai dengan rekomendasi (model apa pun) biasanya berharga antara Rp 15.000.000 sampai Rp 35.000.000. Beberapa produsen akan menawarkan promo atau diskon/ potongan harga tertentu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu sebelum Anda membelinya.

Di mana saya bisa mendapatkan alat bantu dengar yang tidak terlihat?

Alat bantu dengar tak terlihat tersedia di pusat alat bantu dengar terdekat. Berhati-hatilah jika membeli secara online, karena kecocokan dan kualitasnya mungkin tidak sebagus merek yang dijual di pusat alat  bantu dengar.

Sumber:
https://www.healthyhearing.com/report/53394-Invisible-hearing-aids

Please rate this

and share :