Memilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai
Alat Bantu Dengar

Memilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai

4/5 (1)

Saat memilih alat bantu dengar untuk pertama kalinya, biasanya Anda akan bingung untuk menentukan model mana yang paling tepat. Anda tidak perlu khawatir karena pada umumnya setiap model alat bantu dengar memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bahkan, kesesuaian alat bantu dengar pada setiap individu juga berbeda karena kebutuhan pendengaran masing-masing individu yang unik. Jika gangguan pendengaran yang dialami A lebih cocok diatasi dengan alat bantu dengar tipe standard, gangguan pendengaran yang dialami B bisa jadi lebih cocok menggunakan alat bantu dengar custom.

Memilih Alat Bantu Dengar

Pertanyaanya, alat bantu dengar seperti apakah yang sebenarnya paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Untuk membantu Anda menentukan yang paling tepat, berikut ini adalah jenis-jenis alat bantu dengar yang paling umum tersedia. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Terdapat tiga model utama alat bantu dengar yang digunakan oleh konsumen antara lain:

Alat bantu dengar Behind-the-Ear (BTE)

Perangkat ini dipakai di belakang daun telinga. Alat bantu dengar tipe BTE sudah diproduksi sejak waktu yang lama dan tercatat sebagai alat bantu dengar yang paling diminati. Belakangan ini tipe BTE diproduksi dengan ukuran yang semakin kecil dan canggih.

Kelebihan

  • Solusi bagi hampir semua jenis gangguan pendengaran.
  • Alat bantu dengar yang benar-benar dapat diandalkan karena hampir sesuai dengan segala tingkat gangguan pendengaran.
  • Mudah untuk dilepas-pasang.

Kekurangan

Banyak yang berpikir mungkin kekurangan yang dimiliki BTE adalah bentuknya yang terlihat oleh orang lain ketika digunakan. Namun saat ini sudah ada BTE berukuran sangat kecil atau yang disebut dengan mini BTE. 

Alat bantu dengar Custom atau In-the-Ear (ITE)

Model ini digunakan tepat di dalam telinga Anda. Ukurannya juga berbeda-beda seperti model Completely-in-Canal (CIC) dan model Invisible-in-Canal (IIC).

Tipe ITE adalah alat bantu dengar yang dibuat secara custom untuk menyesuaikan bentuk liang telinga penggunanya. Bentuk dan ukurannya pun tentu berbeda-beda karena garis telinga tiap individu juga berbeda satu sama lain. Tipe ITE ini biasa disebut alat bantu dengar yang tersembunyi karena memang tidak terlihat ketika dipakai.

Kelebihan

  • Tersembunyi karena bentuknya yang kecil. Bahkan alat bantu dengar model IIC diletakkan jauh di dalam saluran telinga sehingga benar-benar invisible atau tidak terlihat.
  • Kualitas suara yang dihasilkan terjamin karena letaknya berada di dalam telinga

Kekurangan ITE

  • Bentuknya yang kecil membuatnya agak sulit dipegang ketika dilepas-pasang.
  • Rentan rusak akibat masalah kelembaban mengingat letaknya yang berada di dalam telinga.
  • Mudah terkena kotoran telinga yang dapat menyumbat mikrofon atau speaker.
  • Baterai cepat habis karena ukuran yang kecil hanya mampu memuat baterai dengan daya yang kecil pula. Semakin kecil baterai, maka semakin tidak bertahan lama.

Alat dengar Receiver-in-Canal (RIC) dan Receiver-in-the-Ear (RITE)

Dua perangkat ini memiliki konsep yang dengan model BTE. Akan tetapi, receiver atau speaker-nya tidak terletak di dalam kotak yang terpasang di belakang telinga melainkan terpasang di dalam saluran telinga.

Kelebihan RIC/RITE

  • Meskipun perangkat RIC terpasang di belakang telinga, namun tipe RIC berukuran lebih kecil dibandingkan BTE kerena letak speaker-nya yang terpisah. Ukurannya yang kecil ini membuat RIC tersembunyi dari pandangan orang-orang di sekitar Anda. Kabel yang menghubungkan perangkat ke speaker yang berada di saluran telinga juga sangat tipis dan transparan.
  • Ketika speaker RIC mengalami kerusakan, maka dapat mudah diganti dengan yang baru karena letak speaker-nya yang terpisah.

Kekurangan RIC/RITE

Letak speaker yang berada di dalam telinga rentan terhadap penyumbatan yang disebabkan oleh kelembaban atau kotoran telinga.

Namun ada yang harus Anda ingat bahwa manfaat  serta kunci pemasangan alat bantu dengar yang baik dan tepat bukan hanya semata dapat Anda rasakan secara maksimal  jika ada bantuan dari audiolog profesional yang Anda percaya dan dapat membantu Anda memilih alat bantu dengar yang tepat untuk kebutuhan unik Anda. Untuk menemukan audiolog profesional di kota Anda klik di sini.

Sumber : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hearing-loss/in-depth/hearing-aids/art-20044116

Please rate this

and share :