Cara Mencegah Gangguan Pendengaran dan Meningkatkan Pendengaran
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Cara Mencegah Gangguan Pendengaran dan Meningkatkan Pendengaran

No ratings yet.

Khawatir gangguan pendengaran Anda memburuk? Tidak yakin apakah Anda mengalami gangguan pendengaran? Berikut adalah lima jenis latihan yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan pendengaran Anda!

Pecahkan Teka-Teki Untuk Melawan Gangguan Pendengaran Anda

Otak memainkan peran utama dalam memproses informasi suara yang diterima telinga kita sehingga kita tidak bisa mengabaikannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara gangguan pendengaran dan kondisi mental seperti kecemasan dan depresi.

Baca juga : Gangguan Pendengaran Dapat Menyebabkan Depresi

Ini bisa jadi akibat atrofi otak, yaitu ketika sel dan koneksi otak menyusut atau rusak. Seperti otot, otak Anda membutuhkan latihan yang baik untuk tetap kuat dan terus bekerja dengan baik.

Memecahkan berbagai teka-teki seperti teka-teki silang, pencarian kata, dan permainan Sudoku adalah latihan yang menyenangkan. Hali ini dapat membuat cairan otak Anda mengalir dan mencegah atrofi otak. Bermain bingo dan permainan kartu juga merupakan cara yang bagus untuk melatih otak dengan teman-teman dalam lingkungan sosial.

Lakukan Yoga Untuk Meningkatkan Pendengaran Anda

Yoga dikenal dan banyak dipraktikkan untuk berbagai manfaat kesehatannya. Ternyata, ada latihan yoga yang membantu pendengaran Anda juga! Tujuan utama latihan ini adalah untuk meningkatkan sirkulasi di telinga dan otak. Karena peningkatan sirkulasi membantu meningkatkan fungsi saraf dan menghilangkan limbah dan racun.

Gerakan yoga yang membantu peredaran darah termasuk pose pohon, lotus, kobra, dan segitiga. Yoga juga dapat membantu dengan tinitus. Dan tersedia banyak video gratis di situs-situs seperti  YouTube .

Berolahraga Setiap Hari untuk Kesehatan Pendengaran Anda

Menjaga tubuh dalam kondisi prima sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga dan otak. Berolahraga setiap hari dengan jalan-jalan atau bekerja, melakukan yoga, atau bahkan hanya berkebun serta melakukan pekerjaan rumah sangat bagus untuk membuat darah Anda memompa dan sirkulasi menjadi kuat.

Kami merekomendasikan untuk tidak berolahraga dengan headphone, earphone, atau sumber musik keras apapun. Karena paparan berulang terhadap suara keras dapat merusak sel rambut telinga, yang tidak dapat diganti. Jika Anda memutuskan untuk berolahraga dengan musik, jaga agar volume relatif tenang dan nyaman.

Meditasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pendengaran

Meditasi di taman atau area publik lainnya dimana Anda akan dikelilingi oleh berbagai suara. Saat bermeditasi, ambil napas dalam-dalam untuk membantu sirkulasi darah dan meningkatkan oksigen di tubuh Anda. Fokus masuk dan keluar pada setiap suara di sekitar dan cobalah untuk menemukan dariimana setiap suara berasal.

Latihan ini akan membantu Anda berkonsentrasi dengan menguraikan suara di lingkungan yang bising dan menentukan lokasi masing-masing suara.

Berlatihlah Dengan Fokus

Latihan mendengar dapat membantu Anda mengasah darimana suara berasal dan siapa atau apa yang menghasilkan suara tersebut. Tempatkan radio atau speaker di satu area ruangan, dan putar musik atau suara dengan volume yang nyaman. Tempatkan sumber suara lain di area ruangan yang berbeda, dan naikkan volume sampai kombinasi kedua suara menciptakan lingkungan yang bising.

Mintalah seseorang bergerak di sekitar ruangan saat membaca kalimat dari buku atau koran. Tutup mata Anda, ulangi kalimat itu kembali ke mereka, dan cobalah mencari dari mana dia membaca kalimat itu.

Sementara kegiatan ini meningkatkan kesehatan pendengaran, mereka yang mengalami gangguan pendengaran harus mendapatkan tes pendengaran . Gangguan pendengaran yang tidak diobati telah terbukti berdampak pada kognisi, kesehatan, dan kesehatan mental. Segera hubungi tenaga perawatan pendengaran profesional di sekitar Anda atau hubungi no 0800-100-2234 untuk memperoleh informasi dan jadwal pemeriksaan pendengaran Anda.

Sumber : https://www.audicus.com/5-activities-to-improve-your-hearing/

Please rate this

and share :