Ketahui Seputar Mitos Alat Bantu Dengar dan Gangguan Pendengaran
Alat Bantu Dengar Gangguan Pendengaran

Ketahui Seputar Mitos Alat Bantu Dengar dan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Saat ini masih banyak orang yang malas menggunakan alat bantu dengar. Hal ini memang tidak bisa dihindari karena banyaknya mitos alat bantu dengar dan gangguan pendengaran di masyarakat. Di bawah ini akan kita bahas beberapa fakta mengejutkan seputar gangguan pendengaran dan mengapa alat bantu dengar ternyata sangat penting untuk digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari persepsi yang salah mengenai penggunaan alat bantu dengar dan gangguan pendengaran.

Mitos Alat Bantu Dengar dan Gangguan Pendengaran

Alat bantu dengar adalah untuk orang tua

Fakta : 2/3 dari sekitar 46 juta orang Amerika dengan gangguan pendengaran yang dapat diatasi berusia di bawah 60 tahun.

Alat bantu dengar terlalu mahal

Fakta :  Alat bantu dengar merupakan salah satu investasi yang paling terjangkau. Hasilnya akan terlihat pada kualitas hidup, kesehatan, dan kepuasan jangka panjang dalam hidup Anda. Hanya dengan sebuah alat bantu dengar, Anda dapat meningkatkan hubungan, kesehatan otak, interaksi sosial, dan efektivitas kerja.

Alat bantu dengar akan membuat saya terlihat tua

Fakta : Tidak mendengar apa yang orang lain katakan akan membuat Anda terlihat jauh lebih tua. Saat ini telah tersedia alat bantu dengar yang tidak terlihat sama sekali saat digunakan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gangguan pendengaran ringan dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Saya mampu mendengar dengan baik

Fakta : Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan pendengaran. Otak akan beradaptasi dengan suara yang tidak mampu lagi Anda dengar. Sehingga, ingatan di otak mengenai suara tersebut akan hilang. Kelihatannya tidak terlalu buruk, tetapi hal ini dapat memberikan dampak yang cukup parah. Ilmu medis memberitahu kita bahwa bahkan gangguan pendengaran yang ringan meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit Alzheimer sebesar 89%. 

Orang akan memperlakukan saya berbeda jika saya memakai Alat Bantu Dengar

Fakta : Gangguan pendengaran yang tidak diatasi jauh lebih terlihat bagi orang lain daripada yang kita sadari. Terlepas dari apa yang Anda yakini, orang secara tidak sadar berinteraksi secara berbeda dengan orang dengan gangguan pendengaran. Pada tingkat yang sederhana, gangguan pendengaran yang tidak diatasi berarti menghilangkan beberapa suara yang biasa Anda nikmati dan kemudian mengurangi kualitas hidup Anda.

Alat bantu dengar membuat semuanya terlalu keras

Fakta : Alat bantu dengar saat ini telah memiliki sistem digital terkomputerisasi yang secara otomatis menyesuaikan suara keras dan lembut, suara latar belakang, musik, dan suara lainnya. Sehingga Anda akan mendengar apa yang ingin Anda dengar dengan nyaman dan jelas. 

Memang benar bahwa perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar. Menambahkan suara yang baru dan terkadang lebih keras ke otak membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Pada awalnya, ini akan cukup mengganggu, namun kebanyakan orang mampu sepenuhnya menyesuaikan diri dalam satu atau dua bulan penggunaan. Itulah mengapa sangat penting untuk menemukan penyedia yang menyertakan program rehabilitasi pendengaran yang efektif sebagai bagian dari layanan mereka untuk Anda.

ABDI sebagai penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, memahami akan kebutuhan tersebut. Di ABDI Anda tidak hanya akan memperoleh pengetahuan tentang alat bantu dengar yang harus gunakan, tetapi juga pemeriksaan pendengaran secara berkala, tes awal pendengaran, tes visual, program rehabilitasi pendengaran dan pendampingan selama menggunakan alat bantu tersebut.

Anda harus ingat, bahwa sebuah alat bantu dengar adalah sebuah investasi besar. Untuk menghindari kerugian dari investasi tersebut, maka pastikan Anda membeli alat yang sesuai dari rekomendasi para ahli dengan pelayanan purna jual yang baik dan tempat terpercaya seperti kami.

Sumber : https://www.yourhearinghealth.com/hearing-myths/

Please rate this

and share :