Mengapa Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud Harus Dihindari
Pendengaran

Mengapa Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud Harus Dihindari

5/5 (1)

Apakah Anda membersihkan telinga setiap hari dengan cotton bud?. Dokter menyarankan agar Anda tidak membersihkan telinga dengan cotton bud atau benda apapun yang dimasukkan kedalam telinga. Membersihkan telinga dengan cotton bud bisa merusak telinga. Baik dengan menggaruk saluran telinga, atau bahkan menusuk gendang telinga. Ada juga kasus infeksi yang disebabkan oleh partikel kecil kapas dari ujung cotton bud yang dapat bersarang di telinga dan menyebabkan masalah besar.

Membersihkan telinga dengan cotton bud akan mendorong kotoran telinga lebih jauh ke saluran dalam telinga. Ketika kotoran menumpuk pada gendang telinga, dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, kehilangan pendengaran sementara, atau tinnitus (telinga berdenging).

Apa Yang Dilakukan Earwax (Kotoran Telinga)?

Anda mungkin sering berpikir bahwa kotoran telinga sangat tidak menyenangkan, dan berharap telinga Anda tidak menghasilkan terlalu banyak kotoran. Namun, kotoran telinga memainkan peran penting dalam kesehatan telinga kita. Kotoran telinga dapat menjebak kotoran dan debu di saluran telinga sebelum dapat mencapai gendang telinga, atau menyebabkan kerusakan pada telinga. Saat kotoran telinga mengumpulkan kotoran, kotorannya mengering, dan melalui gerakan mengunyah pada rahang, kotoran akan perlahan-lahan mengalir ke bagian depan saluran telinga, dan keluar dengan sendirinya.

Membersihkan telinga dengan kapas atau cotton bud sebenarnya hanya mendorong kotoran telinga ini lebih jauh ke saluran dalam telinga. Dan menyebabnya berbagai masalah pada pendengaran Anda.

Apakah Perlu Membersihkan Telinga?

Untuk 1 dari setiap 10 anak, dan 1 dari setiap 20 orang dewasa, telinga akan lebih banyak menghasilkan kotoran telinga. Dimana hal ini dapat menyebabkan kotoran telinga menumpuk. Lansia juga mengalami penumpukan kotoran telinga lebih sering daripada orang dewasa yang lebih muda. Jika Anda merasakan perubahan mendadak pada pendengaran, segera kunjungi dokter untuk memeriksa tanda-tanda cedera, infeksi, atau penumpukan kotoran telinga.

Banyak orang berpikir bahwa mereka dapat mencegah pembentukan kotoran telinga dengan membersihkan telinga menggunakan kapas, penjepit kertas, ear candling, atau sejumlah hal lain. Padahal, upaya untuk menghilangkan kotoran telinga ini hanya menciptakan masalah lebih lanjut. Karena kotoran telinga semakin terdorong dan masuk lebih jauh ke dalam saluran telinga.

Baca juga : Kotoran Telinga Sebagai Penyebab Gangguan Pendengaran

Lakukan Pemeriksaan Untuk Telinga Anda

Anda harus memeriksakan telinga setidaknya satu kali dalam setahun. Dokter akan memeriksa kondisi telinga Anda dan membersihkannya dengan peralatan khusus.

Jika Anda berusia di atas 60 tahun, Anda juga harus menjalani tes pendengaran satu kali dalam setahun sehingga kesehatan pendengaran Anda dapat terpantau. Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak mendengar sebaik sebelumnya, atau keluarga mengeluh bahwa Anda tidak mendengar dengan jelas, inilah saatnya untuk memeriksa pendengaran Anda.

Mendengar Lebih Baik Bersama ABDI

Pernahkah Anda berjuang untuk mendengar? Apakah Anda curiga bahwa telinga Anda bisa memiliki kotoran telinga? Atau masalah pendengaran lainnya? Hubungi kami hari ini di sini untuk menjadwalkan tes pendengaran, dan cari tahu tingkat gangguan pendengaran Anda. Kami juga akan melakukan uji visual untuk memeriksa penumpukan kotoran telinga yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendengar.

Apa pun gaya hidup dan kebutuhan pendengaran Anda, kami akan menemukan perangkat pendengaran yang sempurna yang akan membantu Anda mendengar di lingkungan pendengaran apapun dengan lebih baik.

Sumber : https://www.yourhearinghealth.com/blog/why-you-should-avoid-cleaning-your-ears-with-cotton-swabs/

Please rate this

and share :