Apakah Pendengaran yang Hilang Dapat Kembali Normal?
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Apakah Pendengaran yang Hilang Dapat Kembali Normal?

3/5 (2)

Dapatkah Anda mengembalikan pendengaran yang telah hilang?. Pertanyaan ini memiliki jawaban berupa “kabar baik dan kabar buruk”. Kabar buruknya adalah begitu pendengaran hilang, tidak mungkin mengembalikannya seperti semula. Namun kabar baiknya, meskipun tidak mungkin memulihkan pendengaran seperti semula, ada kemungkinan untuk mengobati dan meningkatkan pendengaran dengan alat bantu dengar.

Jenis Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Konduktif

Gangguan pendengaran konduktif atau yang biasa disebut dengan tuli konduktif adalah gangguan pendengaran yang disebabkan oleh adanya masalah pada telinga luar atau telinga bagian dalam. Masalah ini menghalangi masuknya suara ke bagian dalam telinga. Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab. Diantaranya seperti adanya cairan di dalam telinga, alergi, infeksi telinga, adanya benda asing yang masuk ke dalam telinga, pembengkakan dinding pada saluran tuba eustachius, dan rusaknya tulang akibat trauma akustik saat mendengar suara yang sangat keras secara tiba-tiba. Masalah-masalah seperti inilah yang dapat menghambat suara untuk masuk ke telinga bagian dalam sehingga membuat organ pendengaran tidak dapat menghantarkan suara sampai ke otak.

Gangguan pendengaran konduktif dapat disembuhkan melalui pembedahan atau pengobatan khusus, tergantung dari penyebab gangguan pendengarannya. Selain pembedahan dan pengobatan, gangguan pendengaran konduktif juga bisa diatasi dengan menggunakan alat bantu dengar.

Gangguan Pendengaran Sensorineural

Gangguan pendengaran sensorineural terjadi ketika sel-sel pada telinga bagian dalam mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut terjadi secara alami akibat proses penuaan, cedera, terlalu sering terpapar suara bising, infeksi virus atau penyakit seperti tumor, faktor keturunan dalam keluarga, dan trauma yang terjadi dalam kepala. Namun, penyebab utama yang biasa terjadi pada penderita gangguan pendengaran sensorineural adalah karena faktor genetik dan faktor usia. Faktor-faktor ini menyebabkan sel-sel rambut pada telinga bagian dalam rusak atau mati sehingga menyebabkan penderita kehilangan kemampuan mendengar selamanya.

Penderita yang mengalami gangguan pendengaran sensorineural ringan masih dapat ditangani dengan menggunakan alat bantu dengar. Sedangkan gangguan pendengaran sensorineural dengan kategori berat dapat dibantu dengan implan koklea.

Gangguan Pendengaran Kombinasi atau Campuran

Gangguan pendengaran ini merupakan gabungan dari gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif yang terjadi dalam waktu bersamaan. Hal ini cukup sulit untuk disembuhkan karena adanya masalah pada telinga bagian dalam. Kemudian diperburuk dengan adanya kerusakan atau masalah pada telinga bagian luar atau telinga bagian tengah. Meskipun demikian, gangguan pendengaran campuran ini tetap bisa diatasi melalui pengobatan, pembedahan, penggunaan alat bantu dengar, dan implan koklea.

Adapun diluar ketiga tipe gangguan pendengaran diatas, masih ada gangguan pendengaran yang disebabkan oleh terjadinya proses penuaan. Pada kenyataannya, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia begitu lazim, gangguan ini memiliki nama medis Presbycusis.

Alat Bantu Dengar dapat Meningkatkan Pendengaran

Dengan alat bantu dengar yang banyak tersedia di pasaran, saat ini, mengatasi sebagian besar jenis gangguan pendengaran – tidak lagi menjadi tantangan. Teknologi digital memungkinkan profesional pendengaran yang terlatih untuk memprogram jumlah amplifikasi spesifik secara akurat untuk mengimbangi kehilangan pendengaran.

Teknologi digital saat ini juga memungkinkan pemrosesan suara sedemikian rupa. Sehingga kita tidak hanya dapat mengimbangi gangguan pendengaran dengan memperkuat suara spesifik seperti ucapan. Kebisingan latar belakang sebenarnya juga dapat dikurangi pada saat yang sama. Jadi, meskipun pendengaran tidak pernah dapat dikembalikan seperti semula, gangguan pendengaran dapat diobati, dibantu, dan ditingkatkan dengan amplifikasi.

Ingin mencari tahu manfaat penggunaan alat bantu dengar untuk pendengaran yang lebih baik? Anda dapat mengunjungi website kami di sini atau menghubungi no 0800-100-2234 dan memperoleh jadwal pemeriksaan perawat profesional pendengaran kami di area terdekat dari tempat Anda tinggal. Miliki pendengaran sehat sekarang juga dengan pemeriksaan kesehatan pendengaran secara teratur bersama ABDI.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2017/12/Can-you-restore-lost-hearing

Please rate this

and share :