Kapan Saat yang Tepat Untuk Melakukan Tes Pendengaran?
Pendengaran

Kapan Saat yang Tepat Untuk Melakukan Tes Pendengaran?

5/5 (2)

Pernahkah Anda merasa orang-orang di sekitar bergumam atau berbicara terlalu cepat? Apakah Anda sering meminta orang lain untuk mengulangi apa yang baru saja mereka katakan? Atau Anda kesulitan mengikuti percakapan ketika berada di lingkungan sekitar yang berisik? Jika iya, ini bisa menjadi indikator bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran.

Seringkali, teman dan anggota keluarga mungkin merupakan orang pertama yang menyadari bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran. Umumnya mereka menyadari ini karena Anda terlalu sering bertanya dan meminta untuk mengulangi sebuah percakapan yang telah terjadi. Atau mungkin mereka menyadari Anda mengalami kesulitan saat harus melakukan panggilan telepon atau Anda menonton TV dengan volume yang terus naik. Jika salah satu dari ini terjadi didalam hidup Anda, maka inilah saatnya untuk memeriksakan pendengaran.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda mengalami gangguan pendengaran adalah dengan melakukan pemeriksaan pendengaran langsung oleh ahli kesehatan pendengaran. Mereka akan dapat menentukan, tidak hanya apakah Anda mengalami gangguan pendengaran, namun juga jenis dan seberapa parah masalah pendengaran yang Anda alami. Jika ternyata tidak ada masalah pendengaran yang terdeteksi, Anda harus tetap melakukan pemeriksaan audiogram dasar yang rutin agar dapat dibandingkan hasilnya dari waktu ke waktu. Sehingga jika Anda mengalami gangguan pendengaran, akan terdeteksi sejak dini.

Sebelum memutuskan untuk melakukan tes pendengaran, cobalah tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan sederhana berikut ini :

  • Apakah Anda sering mengalami kesulitan dalam mengikuti sebuah percakapan berkelompok?
  • Pernahkah Anda mengalami kesulitan berkomunikasi melalui panggilan telepon?
  • Saat sedang berkomunikasi, apakah Anda sering merasa lawan bicara Anda berbicara seperti bergumam atau tidak jelas?
  • Apakah Anda sering merasa bahwa Anda mendengar namun tidak mengerti apa yang dikatakan?
  • Anda menghindari acara-acara atau restoran yang berisik?
  • Apakah Anda selalu menyetel radio dan televisi dengan volume yang tinggi?

Jika Anda menjawab ya untuk salah satu pertanyaan diatas, maka ini saatnya untuk segera mendapatkan tes pendengaran.

Ada juga tes pendengaran gratis yang dapat Anda lakukan secara online yang akan memberitahu Anda apakah mungkin Anda mengalami gangguan pendengaran atau tidak dalam hitungan menit. Hasil ini juga mencakup tindakan yang dapat Anda lakukan segera berdasarkan hasil yang didapat.

Ingatlah bahwa kesehatan pendengaran itu penting dan Anda hanya perlu melakukan hal sederhana untuk menjaganya. Lakukan pemeriksaan pendengaran secara teratur, meskipun Anda merasa bahwa pendengaran Anda bak-baik saja.

Kunjungi outlet ABDI terdekat untuk bertemu dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan pendengaran. Atau Anda dapat membuat janji temu disini. Jangan menunggu! Deteksi dini adalah kunci kesuksesan Anda.

Sumber : https://www.starkey.co.uk/blog/articles/2019/09/when-should-i-have-a-hearing-test

Please rate this

and share :