Kapan Pendengaran Terbaik Manusia Terjadi?
Pendengaran

Kapan Pendengaran Terbaik Manusia Terjadi?

No ratings yet.

Sebelumnya, tahukah Anda bahwa menurut penelitian, pendengaran kita akan semakin memburuk setelah memasuki usia 25 tahun. Pendengaran kita mencapai puncak pendengaran terbaik antara usia 18 – 25 tahun. Kemungkinannya, saat kita menginjak usia 50-an, kita akan dipaksa untuk berurusan dengan gangguan pendengaran terkait usia. 

Pada Usia Berapa Pendengaran Terbaik Kita Miliki?

Sejak dilahirkan, pendengaran kita dapat berkembang atau bahkan memburuk. Meskipun ini terdengar agak menakutkan, namun pendengaran kita tidak memburuk dalam sekejap mata, kecuali kita mengalami kecelakaan. Pendengaran akan menurun perlahan-lahan bahkan tanpa kita sadari. Jika dilindungi dan dirawat dengan benar, proses penurunan pendengaran ini bisa menjadi sangat lambat dan sepenuhnya dapat diabaikan. Namun, jika kita sering terpapar suara keras dan kebisingan yang berkepanjangan, maka hal ini dapat mempercepat terjadinya kerusakan pendengaran.

Perkembangan Pendengaran Manusia

Pendengaran mulai berkembang sejak kita masih berada didalam kandungan. Sejak masih berbentuk janin, kita bahkan sudah mampu mengenali suara ibu. Sebagai bayi baru lahir, telinga kita dipenuhi dengan cairan dan pendengaran belum berkembang sepenuhnya, tetapi kita mampu mendengar lagu pengantar tidur, suara keras, dan apa yang terjadi di sekitar. Pendengaran memiliki peran besar dalam perkembangan dan kesadaran bahasa.

Saat kita tumbuh menjadi balita dan anak-anak, pendengaran juga ikut tumbuh bersama. Ini memungkinkan kita untuk memahami suara dan kata-kata, memperkuat pemahaman tentang nada dan bahasa. Tak lama kemudian, kita akan dapat berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun, gangguan pendengaran bawaan sejak lahir dapat mempengaruhi perkembangan ini. 

Saat beranjak remaja, pendengaran kita hampir berkembang sepenuhnya. Kita mulai mengembangkan selera musik dan memiliki pemahaman yang kuat tentang bahasa. Saat menginjak remaja akhir, pendengaran akan beralih dari perkembangan ke kemunduran. Meskipun perubahan ini tidak terlihat sama sekali. Selama tidak ada gangguan pendengaran parah terkait kebisingan yang diperoleh (kecelakaan mobil, benturan keras, dll). Pendengaran akan berada pada puncaknya saat kita berusia 18 tahun.

Usia awal 20-an merupakan tahun-tahun terbaik dalam hal pendengaran. Seseorang dengan pendengaran yang sehat dapat mendengar bunyi jarum yang terjatuh dan hampir tidak akan mengalami masalah untuk melakukan percakapan di ruangan yang penuh sesak. Selama masalah lain tidak ada, seperti gangguan pemrosesan pendengaran atau autisme. Orang dengan pendengaran normal seharusnya hanya memiliki sedikit masalah dalam mendengar dan memahami orang-orang di sekitar. Pada saat mencapai usia 25, pendengaran akan mulai menurun, meskipun hal ini umumnya tidak kita sadari.

Kapan Saya Akan Mengalami Masalah Pendengaran?

Hal ini tergantung dari gaya hidup Anda. Meskipun pendengaran setiap orang berbeda, kebanyakan orang mulai kehilangan pemahaman akan pendengaran mereka setelah usia 50 tahun. Namun, orang dengan pendengaran yang sangat baik dan terlindungi dengan baik mungkin tidak menyadari adanya masalah pendengaran sampai mereka mencapai usia 60-an. Di sisi lain, mereka yang gaya hidupnya diisi dengan terpapar suara bervolume tinggi mungkin mulai merasakan masalah sejak usia pertengahan 30-an bahkan lebih awal. Contohnya adalah pekerja konstruksi, orang yang bertugas di militer, pekerja di sekitar pesawat, dan musisi.

Gangguan pendengaran terkait usia, atau gangguan pendengaran sensorineural, disebabkan oleh paparan kebisingan, yang berarti paparan suara keras dalam waktu yang lama. Ini dapat mencakup musik keras, suara mesin, bahkan tembakan. Meskipun Anda tidak bekerja dengan tingkat paparan kebisingan yang tinggi, tinggal di kota yang padat, sering naik kereta bawah tanah, dan sering menghadiri acara yang bising dapat mempercepat gangguan pendengaran. Beberapa orang dengan tingkat paparan kebisingan yang sangat tinggi dapat mulai kehilangan pendengaran di usia 20-an.

Tidak mungkin untuk menentukan secara akurat kapan Anda akan mulai kehilangan pendengaran. Karena hal ini tergantung pada banyak aspek kehidupan dan genetik. Inilah sebabnya mengapa tes pendengaran yang rutin sangat penting untuk mengetahui kesehatan pendengaran. Gangguan pendengaran sensorineural terjadi secara bertahap dan hampir tidak mungkin dideteksi pada tahap awal. Anda harus melakukan audiogram lengkap setiap kali mencurigai ada sesuatu yang salah dengan pendengaran.

Temukan Bantuan

Jika anggota keluarga Anda ada yang mengalami gangguan pendengaran, Anda mungkin berisiko lebih besar mengalami gangguan pendengaran terkait usia. Apakah beberapa kakek nenek atau kerabat yang lebih tua mengalami masalah pendengaran di usia muda?. Jika iya, itu tandanya Anda harus berhati-hati dengan pendengaran Anda sendiri. Ada banyak faktor yang berperan dalam gangguan pendengaran sensorineural. Namun, begitu Anda mengalami kehilangan pendengaran, itu akan terjadi secara permanen. 

Kunjungi outlet terdekat ABDI untuk mendapatkan solusi terbaik dari berbagai masalah pendengaran dan komunikasi Anda. Hubungi kami disini atau whatsapp ABDI di 0815-1111-2234.

Sumber :

https://www.signia-hearing.com/blog/at-what-age-is-your-hearing-best/

 

Please rate this

and share :