Alat Bantu Dengar Solusi Masalah Pendengaran

Tips Menggunakan Masker Dengan Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Menggunakan masker di tempat umum saat ini telah menjadi hal yang biasa dilakukan. Bahkan diwajibkan di beberapa tempat selama pandemi COVID-19 ini. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan gangguan pendengaran merasa semakin sulit untuk berkomunikasi dengan lawan bicara yang menggunakan masker. Hal ini karena masker meredam suara dan menghalangi mereka dalam membaca gerakan bibir.

Sayangnya, bukan hanya hal itu saja yang menjadi tantangan bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran di tengah pandemi ini. Penggunaan masker jenis earloop, yang paling banyak tersedia saat ini, membuat pengguna alat bantu dengar berisiko menjatuhkan alat bantu dengarnya saat melepaskan masker. Jika alat bantu dengar yang digunakan adalah model belakang telinga (BTE).

Berikut adalah tips yang dapat membantu mengurangi risiko Anda kehilangan atau menjatuhkan alat bantu dengar saat melepaskan masker.

Tips Menggunakan Masker dan Alat Bantu Dengar

Jika Anda menggunakan alat bantu dengar, Anda mungkin akan kesulitan menggunakan masker dengan tali di telinga. Berikut tips yang dapat Anda lakukan :

  • Jika Anda memiliki masker dengan tali yang melingkar di kepala atau model ‘headloop’, gunakanlah masker jenis ini. Menggunakan masker jenis ini menjadi solusi yang mudah untuk Anda.
  • Bila hanya memiliki masker dengan tali di telinga atau model earloop, gunakan pengait masker untuk mengaitkan tali yang ada di telinga.
  • Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, Anda dapat mengikat rambut agak ke belakang dan agak ke atas. Kemudian gunakan pengait masker untuk menyatukan tali masker yang terletak di telinga Anda ke sekeliling rambut yang Anda ikat.
  • Gunakan headband yang sudah Anda tambahkan dua kancing di sisi kanan dan kiri. Kaitkan tali masker yang berada di telinga ke kancing yang terletak di headband.

Mengatasi Alat Bantu Dengar yang Terjatuh Saat Melepas Masker

Jika Anda secara tidak sengaja menjatuhkan atau menghilangkan alat bantu dengar saat sedang menggunakan atau melepas masker, ikuti instruksi berikut ini :

  1. Jangan panik.
  2. Jika Anda menggunakan perangkat alat bantu dengar Livio, Livio AI atau Livio Edge AI, Anda dapat menggunakan fitur “Find My Hearing Aid” langsung pada aplikasi Thrive di Smartphone Anda. Aplikasi akan menunjukkan apakah Anda semakin dekat atau jauh dari perangkat. Meskipun alat bantu dengar Anda hilang di luar ruangan dan kehabisan daya baterai, GPS ponsel Anda akan menunjukkan dimana lokasi alat bantu dengar itu saat terakhir dihubungkan.
  3. Jika Anda tidak memiliki salah satu dari perangkat ini, luangkan waktu Anda dan bersabarlah. Buat zona di luar area dimana kemungkinan besar Anda kehilangan alat bantu dengar.

Jika semuanya gagal, hubungi profesional perawatan kesehatan pendengaran Anda untuk mengetahui apakah perangkat Anda dilindungi oleh kebijakan kehilangan dan kerusakan.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/06/hearing-aids-and-face-masks

Please rate this

and share :