pusatalatbantudengar AlatBantuDengarDigitalModelBelakangTelinga(BTE)
Uncategorized

Alat Bantu Dengar Digital Model Belakang Telinga (BTE)

No ratings yet.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, teknologi pada alat bantu dengar juga semakin canggih dan berkembang. Di masa lalu, kakek dan nenek kita menggunakan alat bantu dengar analog. Bentuk alat bantu dengar analog cenderung lebih besar dari pada alat bantu dengar digital. Selain itu, baterai yang digunakan juga lebih berat. Perangkat analog tersebut hanya sekadar membantu meningkatkan volume suara agar penggunanya dapat mendengar dengan lebih baik. Saat ini, alat bantu dengar digital yang dapat diprogram menjadi trend yang tidak dapat dilewatkan oleh mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Seperti yang Anda kira, alat bantu dengar digital memberikan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan alat bantu dengar analog karena fiturnya yang dapat diprogram. Alat bantu dengar digital menggunakan Digitized Sound Processing (DSP) yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal digital. Chip komputer yang ada pada perangkat menganalisis sinyal untuk menentukan apakah suara yang masuk berupa noise atau ucapan. Lalu suara tersebut dimodifikasi menjadi lebih jernih, lebih jelas, dan bebas distorsi.

Apa maksudnya dapat diprogram?

Semua alat bantu dengar diciptakan dengan fitur yang dapat diprogram. Artinya, penyedia layanan kesehatan pendengaran Anda dapat memodifikasi pengaturan pada alat bantu dengar Anda untuk gangguan pendengaran yang Anda alami. Dengan demikian, mereka bisa mengatur perangkat tersebut sehingga Anda bisa mendengar suara-suara yang memang Anda inginkan di berbagai kondisi. Akan ada opsi dasar untuk situasi lingkungan yang umum seperti: rumah, pesta, bisokop, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Anda dapat meminta penyedia layanan kesehatan pendengaran Anda untuk memodifikasi pengaturan-pengaturan yang paling tepat dan sesuai untuk Anda.

Apa itu program?

Alat bantu dengar dipakai di berbagai lingkungan yang berbeda. Beberapa diantaranya adalah lingkungan yang tenang, beberapa lainnya adalah lingkungan yang ramai, dan ada lingkungan di mana banyak orang yang bicara pada  Anda dengan bersamaan, dan lain sebagainya. Anda tentu ingin alat bantu dengar yang membantu Anda mendengar dengan baik ketika berada dalam situasi-situasi seperti di atas, bahkan ketika berada di lingkungan yang membuat Anda kesulitan mendengar karena begitu ramai dan berisik. Maka untuk membuat Anda mendapatkan pengalaman terbaik dalam mendengar di berbagai situasi, alat bantu dengar digital memiliki sejumlah program (biasa disebut dengan settings atau defaults) yang dapat Anda pilih ketika Anda menggunakan alat bantu dengar Anda. Jadi, Anda dapat meminta penyedia layanan kesehatan pendengaran Anda untuk menginstal program musik, program pesta, dan program telepon pada perangkat Anda. Semuanya terserah Anda untuk menentukan program apa yang paling cocok dan sesuai dengan gaya hidup Anda. Seperti yang disebutkan di atas, alat bantu dengar digital memungkinkan fleksibilitas dalam mengatur program-program  yang dimiliki. Dengan demikian, suara yang ditransmisikan pun sesuai dengan gangguan pendengaran Anda.

Manfaat alat bantu dengar digital

Teknologi digital yang ada pada alat bantu dengar memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat utamanya antara lain :

  • Fitur yang dapat diprogram atau diatur sesuai kebutuhan dan keinginan
  • Posisinya yang pas dan nyaman di dalam telinga
  • Terdapat fitur pengaturan kenyaringan yang berlebihan
  • Pengaturan pada feedback atau gema suara yang terjadi pada alat bantu dengar seperti suara ulangan atau siulan
  • Fitur untuk meminimalkan kebisingan yang menjadi latar suara utama

BTE menjadi alat bantu dengar digital yang paling diminati

Tipe Behind-the-Ear atau alat bantu dengar yang dipakai di belakang telinga menjadi alat bantu dengar digital yang paing diminati sejak lebih dari satu dekade terakhir. Inovasi terbaru telah menciptakan alat bantu dengar BTE dengan ukuran yang paling kecil, menjadikannya terlebih lebih estetis dan nyaman ketika digunakan. Meskipun demikian BTE mini ini menyimpan berbagai macam fitur dan program untuk berbagai jenis gangguan pendengaran, memiliki daya tahan baterai yang lama, dan mudah dipegang. Beberapa alasan inilah yang membuat tipe BTE menjadi alat bantu dengar yang paling banyak dicari.

Tertarik dengan alat bantu dengar digital tipe BTE? Dapatkan perangkatnya dengan harga terbaik hanya di Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 di kota Anda.

Please rate this

and share :