Jalan Kaki Untuk Kesehatan
Uncategorized

Jalan Kaki Untuk Kesehatan

No ratings yet.

Berjalan kaki selama 2,5 jam per minggu atau sekitar 21 menit per hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 30%. Aktivitas yang dapat Anda lakukan dimanapun dan tanpa membutuhkan peralatan khusus ini telah terbukti mengurangi risiko timbulnya kanker, diabetes, tekanan darah rendah, kolesterol, dan menjaga kesehatan mental Anda.

Bahkan, menurut beberapa penelitian, berjalan secara teratur dapat membuat seseorang menghemat biaya perawatan kesehatan hingga lebih dari $100 miliar per tahun. Sselain itu, sebuah penelitian dari  Universitas Utah pada tahun 2014 menemukan bahwa setiap menit jalan cepat yang dilakukan dalam sehari dapat menurunkan risiko obesitas hingga 5%. 

Aktivitas sederhana yang telah Anda lakukan sejak berusia satu tahun ini (dan aktivitas-aktivitas biasa lainnya) sekarang disebut-sebut sebagai “obat yang paling mujarab”, kata Dr. Thomas Frieden, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakait (CDC). Tentu ini adalah kabar baik untuk kita semua.

Jalan kaki berdampak sangat besar dalam mengurangi risiko penyakit dan berbagai kondisi kesehatan lainnya dibandingkan obat-obatan yang tersedia di luar sana. Terlebih lagi, ini gratis dan praktis serta tidak memiliki efek samping apapun.

Mulailah berjalan, dan Andapun berkontribusi dalam menciptakan komunitas yang kuat dan sehat. Ilmuwan sosial menemukan bahwa semakin banyak orang yang berjalan kaki, maka tingkat kejahatan lingkungan pun menurun dan ekonomi lokal meningkat. Selain itu, ini juga ide bagus untuk bertemu dengan orang-orang baru dan berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan Anda. Berjalan-jalanlah dengan anak-anak Anda setelah makan malam. Hal ini dapat menciptakan komunikasi yang baik, mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk, dan dapat meningkatkan kemampuan akademik.

Bahkan, berjalan kaki dapat memperbaiki mood atau suasana hati Anda. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa jalan kaki  sama efektifnya dengan obat yang dikonsumsi untuk mengurangi depresi. Tidak heran jika jalan kaki dapat membantu menghilangkan stres atau tekanan sehari-hari. Ketegangan yang Anda alami  perlahan mereda ketika jalan membentang di depan Anda. Kadar endorphin yang meningkatan suasana hati pun meningkat. Berjalan kaki juga membantu menjernihkan pikiran, bahkan mungkin meberikan inspirasi solusi untuk masalah yang sedang mengganggu Anda.

Jadi tak perlu menunggu hingga pertemuan selanjutnya dengan dokter Anda. Kenakan sepatu Anda, langkahkan kaki Anda keluar rumah, dan temukan kebahagiaan dari berjalan kaki.

Please rate this

and share :