Uncategorized

5 Alasan Kenapa Orang Merasa Tidak Puas denga Alat Bantu Dengarnya

No ratings yet.

Setelah beberapa tahun mengalami miskomunikasi dan frustasi karena kemampuan mendengar yang menurun, akhirnya mereka yang memiliki gangguan pendengaran pun memutuskan untuk menemui dokter THT. Solusi terbaik yang mereka dapatkan adalah dengan memanfaatkan alat bantu dengar. Namun setelah beberapa waktu, perangkat alat bantu dengar tersebut hanya berakhir di dalam laci. Mungkin Anda penasaran mengapa hal tersebut terjadi. Berikut ini adalah lima alasan paling umum mengapa orang-orang yang menggunakan alat bantu dengar tidak merasa puas sehingga meninggalkan alat bantu dengarnya begitu saja.

  1. Alat bantu dengar tidak nyaman
    Kenyamanan menjadi masalah utama seseorang mengabaikan alat bantu dengarnya, terutama jika itu menyangkut alat bantu dengar yang sudah lama atau yang terasa tidak pas di telinga. Hal ini dapat dikarenakan pengguna kurang bisa beradaptasi dengan alat bantu dengar yang ia pilih. Pengguna merasa perangkat tersebut tidak cukup praktis dan cenderung merepotkan karena harus lepas-pasang pada waktu-waktu tertentu. Padahal, jika ia tetap menggunakannya dalam situasi apapun, lama-kelamaan ia akan semakin terbiasa bahkan saking terbiasanya ia bisa saja lupa atau tidak merasa jika sedang menggunakan alat bantu dengarnya. Di zaman sekarang sudah ada teknologi alat bantu dengar modern yang lebih ramping dan lebih pas ketika digunakan di liang telinga sehingga nyaman dipakai sepanjang hari. Jika Anda mempunyai masalah dengan alat bantu dengar yang tidak nyaman, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan alat bantu dengar yang lebih modern, ramping, dan pas di telinga.
  2. Alat bantu dengar tidak sesuai ekspektasi
    Alat bantu dengar adalah sebuah investasi, jadi penting bagi penggunanya untuk merasa bahwa teknologi tersebut memberi manfaat bagi mereka. Jika mereka merasa bahwa tidak banyak perbedaan yang dirasakan setelah menggunakan teknologi alat bantu dengarnya, mereka bisa saja frustasi dan menganggap bahwa biaya yang dikeluarkan sama sekali tidak layak dialkukan. Jika Anda mengalami hal seperti di atas, cobalah untuk mengunjungi kembali dokter THT Anda dan mintalah mereka untuk melakukan pengaturan ulang program yang paling pas dan sesuai dengan masalah pendengaran Anda.
  3. Perawatan alat bantu dengar cukup sulit
    Bentuk alat bantu dengar yang kecil dan teknologi rumit yang dimiliki membuat ia memerlukan perlakukan dan perawatan yang khusus untuk memastika ia dapat bertahan lama. Dikarenakan alat bantu dengar sangat mudah untuk terkena keringat, uap air, kotoran telinga, dan debu, maka penting untuk rutin membersihkannya dan mengeringkannya agar performanya tetap prima. Selain itu, rutin mengganti baterai baru juga menjadi salah satuindikator alat bantu dengar dapat bekerja dengan baik. Beberapa orang menganggap bahwa pekerjaan di atas sangat merepotkan karena harus dilakukan setiap malam menjelang tidur. Solusi dari masalah tersebut adalah Anda dapat mengganti alat bantu dengar Anda dengan alat bantu dengar yang dapat diisi ulang sehingga Anda tidk perlu mengganti baterai setiap satu minggu sekali.
  4. Menggunakan alat bantu dengar terasa memalukan
    Meskipun bantuk dan tampilan alat bantu dengar sudah semakin menarik dan modern, tetap saja beberapa orang menganggap menggunakan alat bantu dengar cukup memalukan. Jika Anda termasuk salah satu dari mereka yang merasa malu, Anda mungkin perlu seseorang yang memberikan pengertian betapa alat bantu dengar sangat membantu Anda untuk menjaga komunikasi Anda dengan keluarga dan teman-teman. Selain itu, alat bantu dengar akan membantu Anda untuk lebih menikmati hidup dan bahkan meningkatkan kualitas hidup yang Anda miliki ketika Anda bercakap-cakap dengan sahabat dan mendengarkan musik yang menenangkan hati.
  5. Alat bantu dengar tidak lagi memberikan manfaat dalam mendengar
    Ketika Anda mencapai usia tertentu, biasanya Anda akan mulai rutin melakukan pemeriksaan kesehatan seperti cek tekanan darah, kolestrol, mata, begitu juga dengan pendengaran. Jika Anda memiliki gangguan pendengaran, maka tidak cukup hanya memeriksakan pendengaran Anda sekali ketika Anda memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar. Jika Anda merasa bahwa alat bantu dengar Anda sudah tidak lagi memberikan manfaat, maka Anda mungkin perlu untuk memeriksakan pendengaran lagi. Hal ini dikarenakan gangguan pendengaran dapat meningkat keparahannya dalam jangka waktu tertentu sehingga alat bantu dengar yang digunakan pun harus diperbarui untuk menyesuaikan dengan tingkat keparahan gangguan pendengaran yang dialami tersebut.

 

Anda perlu alat bantu dengar baru? Temukan Alat Bantu Dengar terbaik dengan harga terjangkau di sini.

Please rate this

and share :