Uncategorized

Waktu yang Tepat untuk Memprogram Ulang Alat Bantu Dengar Anda

No ratings yet.

Setiap tahun Anda pasti menyerviskan motor atau mobil Anda agar performanya tetap prima. Selain itu, minimal enam bulan sekali Anda juga pergi ke dokter gigi untuk membersihkan gigi dari karang yang sudah tertimbun cukup lama. Anda bahkan rutin membawa binatang peliharaan Anda ke dokter hewan untuk check-up. Maka jika Anda pengguna alat bantu dengar, maka sudah seharusnya Anda perangkat tersebut mendapatkan tune-up tahunan untuk memastikan kondisinya selalu stabil karena alat bantu dengar yang lemah sama saja dengan tidak berguna. Untuk itulah, pastikan alat bantu dengar Anda selalu berfungsi maksimal dengan rutin melakukan tune-up.

Setelah membeli alat bantu dengar yang paling tepat, audiologis Anda akan mengatur perangkat tersebut dengan pengaturan yang paling pas untuk kebutuhan mendengar Anda. Selain itu, ia juga akan mengajari Anda bagaimana merawat alat bantu dengar tersebut dengan benar. Meskipun demikian, setelah beberapa bulan Anda akan mulai merasa bahwa alat bantu dengar Anda memerlukan pengaturan lagi seperti pengaturan volume suara, kontrol untuk suara bernada tinggi, dsb yang mengindikasikan adanya ketidaknyamanan ketika Anda mendengar. Maka untuk merasakan kegunaan yang maksimal dari alat bantu dengar Anda, Anda perlu mengatur ulangnya secara rutin.

Kapan alat bantu dengar harus diatur ulang?

Buat janji untuk bertemu dengan audiologis atau dokter THT Anda setidaknya 2 kali dalam setahun. Anda juga harus menjadwalkan check-up jika Anda merasakan ketidaknyamanan atau masalah dalam mendengar dengan alat bantu dengar tersebut. Tanda-tanda yang dapat menjadi acuan Anda bahwa alat bantu dengar Anda perlu pengaturan ulang antara lain:

  • Sering terdengar suara siul dari dalam telinga
  • Fluktuasi volume yang tidak menentu
  • Meningkatnya level gangguan pendengaran Anda
  • Nyeri atau ketidaknyamanan di sekitar telinga

Pengaturan alat bantu dengar

Adalah normal jika kemampuan mendengar Anda mengalami naik turun sehingga Anda pun perlu mengatur ulang alat bantu dengar Anda. Pemrograman ulang diperlukan karena berbagai alasan, seperti:

  • Kesalahan yang tidak disengaja atau penanganan alat bantu dengar yang tidak semestinya
  • Usaha untuk mengatur alat bantu dengar Anda sendiri dan ternyata gagal
  • Berpergian dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa ada konsultasi dengan audiologis terkait alat bantu dengar yang digunakan

Audiolog Anda  akan menyesuaikan pengaturan seperti penyandian frekuensi, volume, dan latar belakang kebisingan. Jika audiolog Anda mencurigai adanya perubahan dalam pendengaran Anda, dia mungkin akan merekomendasikan tes pendengaran tambahan. Hasil tes membantu audiolog Anda menyetel alat bantu dengar Anda ke setting yang paling pas untuk Anda. Selain itu, terkadang earmods alat bantu dengar Anda bisa memburuk yang menyebabkan ketidaknyamanan. Maka audiolog Anda dapat memberi Anda cetakan baru atau melakukan penyesuaian terhadap earmolds Anda yang lama sehingga Anda dapat tetap merasa nyaman ketika menggunakannya.

Selain melakukan pemrogaman ulang, hal rutin lain yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan alat bantu dengar Anda. Anda bisa melakukannya setiap hari di saat Anda tidak akan menggunakan perangkat tersebut untuk beberapa waktu. Umumnya, pengguna alat ganggu dengar akan membersihkannya di malah hari ketika akan tidur. Hal ini untuk menjaga agar alat bantu dengar Anda tetap berfungsi maksimal keesokan harinya dan seterusnya. Tak lupa, gantilah baterai alat bantu dengar Anda sebelum dayanya benar-benar habis agar ia  tidak mudah rusak.

Dapatkan alat bantu dengar berkualitas dengan harga terjangkau di sini

Please rate this

and share :