Hindari Alzheimer Dengan Mengatasi Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Hindari Alzheimer Dengan Mengatasi Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Penelitian baru-baru ini menemukan hubungan yang antara Alzheimer dan gangguan pendengaran. Setiap keluarga yang pernah tersentuh oleh penyakit Alzheimer tahu berapa banyak penyakit tersebut dapat mengambil alih kehidupan orang-orang yang memilikinya. Oleh karena itu, dengan mengetahui betapa banyak orang yang terpengaruh dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan orang. Banyak peneliti telah mencurahkan waktu bertahun-tahun untuk mencoba lebih memahami penyakit ini. Sementara proses penyembuhan masih di luar jangkauan para peneliti. Setidaknya, setiap studi baru dapat membawa kita lebih dekat untuk menyatukan apa yang menyebabkan gejala terburuk penyakit alzheimer. Sert apa yang mungkin dapat dilakukan orang untuk mengurangi risiko terkena penyakit tersebut. 

Tautan Penelitian Baru Alzheimer dan Gangguan Pendengaran

Selama beberapa tahun terakhir, para peneliti di Johns Hopkins telah melakukan penelitian yang melihat bagaimana gangguan pendengaran dapat mempengaruhi penurunan kognitif. Dalam setiap kasus, mereka bertemu dengan sejumlah senior selama beberapa tahun. Kemudian melacak kondisi penyakit mana yang mengembangkan Alzheimer. Serta seberapa cepat penyakit berkembang. Dalam setiap penelitian, orang-orang dengan gangguan pendengaran memiliki tingkat demensia yang lebih tinggi.

Dalam sebuah penelitian, orang dengan gangguan pendengaran 24% lebih mungkin menderita Alzheimer. Di tempat lain, mereka menemukan bahwa semakin buruk gangguan pendengaran, semakin besar kemungkinan seseorang terkena demensia. Yang akhirnya mengarah pada Alzheimer.

Studi ini tidak menunjukkan bahwa gangguan pendengaran itu sendiri menyebabkan demensia. Tetapi penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara keduanya. Para peneliti memiliki beberapa teori tentang mengapa hal tersebut mungkin terhubung:

Perubahan fungsi otak

Bagian tertentu dari otak Anda yang bertugas mendengar dan memproses informasi pendengaran mungkin mulai bekerja secara berbeda ketika bagian pendengaran dari persamaan itu hilang (atau menjadi tegang), menyebabkan perubahan pada bagaimana otak Anda disusun, yang bisa terkait dengan efek Alzheimer.

Beban kognitif

Ketika Anda tidak dapat mendengar dengan baik, Anda harus bekerja lebih keras untuk memahami apa yang orang katakan. Setiap percakapan yang Anda ikuti membutuhkan lebih banyak energi dan kerja mental. Jika percakapan sehari-hari Anda menggunakan sebagian besar energi mental yang Anda miliki, maka ada sedikit yang tersisa bagi Anda untuk mengingat atau fungsi kognitif lainnya.

Isolasi sosial

Kita tahu bahwa isolasi sosial dapat memiliki beberapa efek yang sangat serius pada kesehatan fisik dan mental. Ketika sulit didengar, akan menjadi lebih sulit untuk mempertahankan koneksi sosial, yang dapat menyebabkan perasaan teralienasi dan mengalami semua efek negatif dari isolasi sosial dan kesepian.

Mereka berbagi penyebab

Para peneliti di balik penelitian ini yakin mereka berhasil mengendalikan ini, tetapi mengakui ada beberapa kemungkinan Alzheimer dan gangguan pendengaran keduanya disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan ketiga yang dialami oleh orang-orang yang mengalami keduanya dalam penelitian ini.

Meskipun kita tidak tahu apakah hubungan antara Alzheimer dan gangguan pendengaran disebabkan oleh salah satu dari hal-hal ini atau kombinasi keduanya, tetapi hanya dengan mengetahui hubungan yang ada adalah langkah untuk dapat melakukan sesuatu tentang hal itu.

Apa Artinya Untuk Penderita Alzheimer?

Pertama-tama, penting untuk dicatat bahwa kehilangan pendengaran tidak berarti orang yang Anda cintai akan menderita Alzheimer . Banyak orang mulai mengalami kesulitan mendengar di tahun-tahun senior mereka dan berhasil menjalani tahun-tahun itu tanpa mengalami demensia maupun Alzheimer. Tetapi tautan itu menunjukkan kepada kita bahwa jika kita dapat melakukan sesuatu untuk meminimalkan gangguan pendengaran, ada peluang yang layak bahwa kita juga dapat meminimalkan kemungkinan terkena Alzheimer atau tingkat keparahannya jika seseorang memang mendapatkannya.

Faktanya, ada studi tambahan yang mendukung teori ini. Para peneliti di sebuah rumah sakit di Paris memberikan sejumlah orang tuli di setidaknya satu telinga dengan implan koklea dan melacak kinerja kognitif mereka sebelum dan setelah menerima implan bersama dengan rehabilitasi pendengaran. 80% dari orang yang diteliti menunjukkan peningkatan kognitif dalam setahun. Sebagai perbandingan, itu adalah hasil yang lebih baik dengan hampir dua kali lipat dibandingkan obat yang disetujui FDA untuk mengobati demensia.

Setiap lansia yang mengalami gangguan pendengaran harus memastikan untuk mencari perawatan untuk mengatasi gangguannya. 

Perawatan maupun pengobatan dari gangguan pendengaran akan membuat seseorang lebih mudah untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan orang-orang terkasih dan terus berpartisipasi dalam banyak kegiatan sehari-hari yang membutuhkan pendengaran sekaligus dapat membantu mereka menghindari atau mencegah Alzheimer lebih lama.

Sumber : https://www.alzheimers.net/the-connection-between-alzheimers-and-hearing-loss/

Please rate this

and share :