Gangguan Pendengaran

7 Tanda Seseorang Mengalami Gangguan Pendengaran

5/5 (1)

Indera pendengaran adalah salah satu anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia untuk dapat mendengar dan berkomunikasi. Bayangkan saja jika kita tidak bisa mendengar dan menanggapi suara di sekitar, tidak mampu memahami percakapan yang sedang berlangsung, tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan berinteraksi karena kita cenderung menutup diri dan kurang termotivasi sebab hilangnya kemampuan mendengar. Hal-hal seperti ini tentu akan sangat tidak menyenangkan jika terjadi pada diri kita. Gangguan pendengaran yang dibiarkan terlalu lama dan tidak ditangani dengan segera memiliki berbagai dampak negatif diantaranya seperti perasaan malu, depresi, dan merasa terisolasi. Berikut ini merupakan beberapa tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui:

  1.   Selalu meminta lawan bicara untuk mengulang perkataannya

Ketika seseorang mengalami gangguan pendengaran, maka dia akan lebih sering meminta lawan bicaranya untuk mengulangi apa yang telah dikatakan. Hal ini terjadi karena penderita merasa orang yang berbicara padanya mengeluarkan suara yang sangat pelan dan tidak jelas seperti sedang berbisik atau bergumam.

  1.   Tidak mampu mendengar percakapan di tempat yang ramai

Ketika berada di tempat yang sepi, penderita masih memiliki kemampuan untuk menyadari seseorang yang sedang berbicara padanya meskipun perlu mendengarkannya berulang-ulang agar dapat memahami pesan yang disampaikan. Namun ketika percakapan tersebut berlangsung pada kondisi sekitar yang ramai, maka penderita akan sangat kesulitan untuk mengerti karena ia tidak bisa mendengarnya sama sekali.

  1.   Kesulitan mendeteksi sumber suara

Karena kemampuan mendengar yang terbatas, penderita akan sering kesulitan untuk mendeteksi arah atau sumber suara yang kemudian berujung pada kesulitan untuk merespon suara tersebut.

  1.   Bermasalah ketika harus berkomunikasi melalui telepon

Saat seseorang berkomunikasi dengan orang lain, maka proses komunikasi yang terjadi akan lebih mudah jika dilakukan langsung dengan saling bertatap muka. Apalagi bagi Saat ingin berkomunikasi langsung dengan orang yang mengalami gangguan pendengaran, sangat disarankan agar percakapan dilakukan dengan bertatap muka. Karena dengan membaca gerakan bibir lawan bicaranya akan mempermudah dalam berkomunikasi. orang yang menderita gangguan pendengaran, akan sangat membantu jika percakapan berlangsung dengan tatap muka karena bagi penderita dengan derajat gangguan pendengaranyang berat harus mampu membaca bibir lawan bicaranya untuk mempermudah dalam berkomunikasi. Maka ketika proses percakapan yang terjadi berlangsung melalui telepon, penderita akan merasa lebih kesulitan untuk mendengar dan memahami pesan yang disampaikan lawan bicaranya.

  1.   Selalu mengeraskan volume suara ketika menonton televisi atau mendengarkan musik

Merasa tidak bisa mendengar suara musik atau televisi ketika menonton sehingga perlu menaikkan volume suara menjadi salah satu tanda bahwa seseorang mengalami gangguan pendengaran. Volume suara yang dikeraskan ini bahkan sampai mengganggu orang-orang dengan pendengaran normal yang ada di sekitarnya.

  1.   Telinga terasa berdengung

Suara dengung dalam telinga atau yang biasa disebut dengan Tinnitus bisa menjadi tanda gangguan pendengaran. Dari sebuah studi di Brazil pada tahun 2013 menyebutkan bahwa dari 500 orang yang menderita gangguan pendengaran, 43% diantaranya mengalami tinnitus.

  1.   Selalu merasa lelah saat mendengarkan sesuatu karena harus berkonsentrasi

Penderita merasa harus sangat berusaha berkonsentrasi untuk mendengarkan sesuatu seperti ketika sedang menonton berita di televisi, saat berada dalam sebuah pecakapan, atau saat berada dalam sebuah acara public speaking.

Hal-hal tersebut di atas merupakan beberapa contoh jika seseorang mengalami gangguan pendengaran. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita lebih waspada terhadap organ pendengaran kita. Salah satu caranya adalah dengan rutin merawat telinga, melakukan tindakan pencegahan seperti tidak terlalu sering mendengarkan musik dengan tingkat volume tinggi, dan rutin memeriksakan kesehatan pendengarannya ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan pendengaran sensorineural yang sifatnya tidak bisa disembuhkan.

Untuk meredakan telinga berdengung atau gejala Tinnitus pada gangguan pendengaran klik di sini

https://www.pusatalatbantudengar.com/produk/perangkat-perangkat-tinnitus

 

Please rate this

and share :