Demensia DampakGangguanPendengaranPadaLansia
Gangguan Pendengaran

Demensia – Dampak Gangguan Pendengaran Pada Lansia

No ratings yet.

Dampak gangguan pendengaran pada usia paruh baya ditemukan terkait dengan kemungkinan penurunan kognitif dan demensia yang lebih tinggi di kemudian hari. Menurut sebuah penelitian besar yang dilakukan di Taiwan yang diterbitkan di  JAMA Network Open. Menggunakan data dari lebih dari 16.000 pria dan wanita. Peneliti menemukan bahwa penderita gangguan pendengaran antara usia 45 dan 65 tahun memiliki kemungkinan sebanyak  lebih dari dua kali lipat untuk terkena demensia dalam jangka waktu belasan tahun ke depan.

Menurut penulis penelitian, bahkan tingkat gangguan pendengaran yang ringan dapat menjadi faktor risiko munculnya demensia di kemudian hari. Sehingga perlindungan pendengaran, penyaringan dan alat bantu dengar semuanya dapat memainkan peran penting dalam mengurangi risiko kognitif.

Dampak Gangguan Pendengaran Dapat Menyebabkan Demensia? 

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sekitar dua pertiga risiko demensia berasal dari faktor keturunan atau genetik. Ini berarti sekitar sepertiga risiko berasal dari hal-hal yang dapat dimodifikasi. Diantara faktor-faktor risiko yang dapat dimodifikasi, gangguan pendengaran menyumbang sekitar 9% risiko demensia. Proporsi yang lebih besar daripada faktor-faktor seperti hipertensi, obesitas, depresi, diabetes dan merokok. 

Diantara orang dengan gangguan pendengaran, kasus demensia baru diidentifikasi pada tingkat 19 per 10.000 orang. Dibandingkan dengan 14 per 10.000 tanpa gangguan pendengaran.

Para peneliti telah menghitung bahwa secara keseluruhan, gangguan pendengaran dikaitkan dengan peningkatan risiko 17% untuk demensia. Tetapi ketika mereka melihat himpunan bagian dari orang, hampir semua peningkatan risiko terkonsentrasi pada kelompok usia termuda. Di antara mereka yang berusia 45-65 tahun,  risiko demensia adalah 2,21 kali lebih tinggi jika memiliki gangguan pendengaran. Menurut Lee, hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa skrining untuk gangguan pendengaran harus dilakukan ketika orang berusia paruh baya.

Hubungan Masalah Pendengaran dan Demensia 

David Loughrey dari Trinity College Institute of Neuroscience, dalam Komentar untuk Reuters – “Dalam populasi yang menua, demensia akan menghadirkan salah satu tantangan terbesar bagi masyarakat di abad ini.  Perawatan farmakologis untuk penyebab paling umum dari demensia, penyakit Alzheimer, hanya menawarkan efek pengubah gejala. Ini mengarah pada saran bahwa perubahan pendekatan pencegahan daripada pengobatan setelah diagnosis mungkin lebih bermanfaat. “

Hasil penelitian tentang adanya hubungan antara gangguan pendengaran dengan demensia diperoleh dari hasil perhitungan dalam variabel seperti jenis kelamin, usia dan jenis asuransi, serta risiko lain yang diketahui untuk penurunan kognitif dan demensia. Di antara ini,  gangguan pendengaran menempati posisi terbanyak sebagai penyebab demensia selain enam kondisi lain dikaitkan dengan peningkatan risiko seperti penyakit serebrovaskular, diabetes, kecemasan, depresi, penyakit terkait alkohol, dan cedera kepala. 

Sumber : https://findhearing.com/new-study-hearing-loss-middle-age-may-double-risk-dementia/

Please rate this

and share :