Yuk simak apa yang membuat pemasangan alat bantu dengar berhasil dan bagaimana cara mendapatkan hasil yang maksimal dari pengalaman mendengar Anda.
Alat Bantu Dengar

Pemasangan Dan Penyesuaian Alat Bantu Dengar Baru

5/5 (1)

Alat bantu dengar akan berfungsi dengan baik jika dipasang dan disesuaikan dengan benar. Yuk simak apa yang membuat pemasangan alat bantu dengar berhasil dan bagaimana cara mendapatkan hasil yang maksimal dari pengalaman mendengar Anda.

Jika alat bantu dengar disarankan setelah proses pemeriksaan pendengaran, dokter THT/ Audiologis/ konsultan pendengaran akan merekomendasikan alat bantu dengar yang tepat dan sesuai untuk Anda.

Proses pemilihan itu yang disebut evaluasi alat bantu dengar. Dimulai dengan penilaian kebutuhan Anda dan membuat rekomendasi berdasarkan kebutuhan tersebut sampai dengan pemasangan alat bantu dengar. Itu diakhiri dengan kunjungan tindak lanjut untuk memungkinkan pemrograman lebih lanjut yang disesuaikan dari alat bantu dengar Anda.

Preferensi Dan Harapan

Konsultasi dengan dokter THT/ Audiologis/ konsultan pendengaran untuk mengetahui lebih lanjut tentang gaya hidup, harapan, preferensi pribadi, dan ngalaman Anda dengan alat bantu dengar sebelumnya. Hasil tes pendengaran dapat membantu dokter THT/ Audiologis/ konsultan pendengaran memberikan pilihan yang dapat anda pertimbangkan.

Hasil Tes Pendengaran

Untuk hasil tes pendengaran yang berupa audiogram akan diinterpretasikan oleh dokter THT. Hasil ini menunjukkan pada volume/ intensitas berapa Anda dapat mendengar nada/ suara. Itu juga mengungkapkan kemampuan Anda untuk memahami kata-kata. Baik nada/ suara maupun kata penting untuk memahami kebutuhan pendengaran Anda.

Tingkat gangguan pendengaran Anda akan menentukan alat bantu dengar yang paling cocok dan fitur apa yang paling Anda butuhkan. Dulu dengan gangguan pendengaran yang sangat berat Anda memerlukan perangkat yang lebih besar, tetapi sekarang tidak demikian lagi. Bahkan alat bantu dengar yang kecil pun dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki tingkat gangguan pendengaran yang berat.

Jika Anda belum pernah menggunakan alat bantu dengar sebelumnya, panduan tentang jenis dan model dan cara pemasangan alat bantu dengar ini mungkin akan berguna.

Apa Kebutuhan Gaya Hidup Anda?

Penting bagi penyedia alat bantu dengar untuk mendapatkan gambaran tentang gaya hidup yang Anda inginkan. Anda mungkin secara bertahap menghindari lingkungan dan situasi sosial tertentu saat gangguan pendengaran Anda memburuk. Sekarang saatnya memikirkan apa yang ingin Anda lakukan dengan bantuan alat bantu dengar baru Anda! Misalnya, jika Anda menghabiskan malam hari untuk berbincang dengan keluarga dan teman di telepon, Anda pasti menginginkan alat bantu dengar yang dapat terhubung dengan telepon Anda. Jika Anda seorang pendayung atau sering berada di air, Anda mungkin menginginkan alat bantu dengar yang tahan air. Jika Anda bekerja di kantor yang sibuk, alat bantu dengar yang dipasangkan dengan alat bantu seperti FM System mungkin disarankan untuk mempermudah percakapan kelompok.

Umumnya, alat bantu dengar digital yang canggih dirancang untuk orang yang menghadapi berbagai situasi mendengarkan dengan berbagai suara lingkungan sekitar. Untuk orang yang tidak banyak bergerak/ beraktivitas yang sebagian besar berada di rumah dengan suara lingkungan yang tidak beragam, model dasar mungkin direkomendasikan.

Apa Peferensi Anda?

Ada banyak jenis preferensi yang dapat memengaruhi pemilihan alat bantu dengar. Apakah Anda ingin alat bantu dengar yang hampir tidak terlihat, atau apakah Anda lebih suka memiliki sesuatu yang cukup besar yang memungkinkan Anda memilih warna cerah dan meperlihatkan gaya Anda? Apakah Anda lebih suka memiliki kendali atas volume alat bantu Anda atau apakah Anda lebih suka memiliki teknologi otomatis yang mengubahnya untuk Anda? Dan apakah Anda menginginkan alat bantu dengar yang yang dapat terkoneksi dengan gadget anda, seperti memiliki fitur remote control, atau kontrol smartphone melalui aplikasi alat bantu dengar dan konektivitas Bluetooth untuk alat bantu dengar Anda?

Preferensi Anda mungkin dipengaruhi oleh tingkat ketangkasan manual Anda, terutama saat memilih jenis baterai alat bantu dengar yang Anda sukai. Apakah Anda lebih suka baterai isi ulang yang Anda ganti setiap malam? Jika tidak, apakah Anda mau dan mampu mengganti baterai kecil setiap beberapa hari hingga minggu? Ini hanyalah beberapa preferensi yang akan dijelaskan oleh tenaga profesional pendengaran bersama Anda.

Apakah Anda Pernah Menggunakan Alat Bantu Dengar Sebelumnya?

Terakhir, penting untuk mempertimbangkan pengalaman alat bantu dengar sebelumnya pada saat memilih alat bantu dengar baru. Apakah Anda menyukai perangkat alat bantu dengar Anda yang baru? Mengapa? Apakah Anda menyukai gayanya, kualitas suaranya, atau yang lainnya? Apa yang membuat Anda kesulitan mendengar dengan alat bantu dengar lama Anda? Fitur baru apa saja yang ingin Anda coba? Ini akan membantu dokter THT/Audiologis/konsultan pendengaran menentukan apa yang Anda perlukan dalam alat bantu dengar baru Anda untuk mempertahankan atau meningkatkan tingkat kenyamanan Anda dengan alat bantu dengar.

Haruskah Saya Mendapatkan Satu Atau Dua Alat Bantu Dengar?

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran di kedua telinga, biasanya disarankan untuk menggunakan dua alat bantu dengar.

Pemilihan Alat Bantu Dengar

Setelah mendiskusikan kebutuhan Anda dengan dokter THT/ Audiologis/ konsultan pendengaran, biasanya Anda akan diberikan beberapa opsi yang direkomendasikan dengan harga yang berbeda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk memakai alat bantu dengar demonstrasi selama beberapa jam atau beberapa hari untuk mencoba. Setelah Anda membuat keputusan dokter THT/ Audiologis/ konsultan pendengaran akan memesan pilihan Anda dan menjadwalkan Anda untuk kembali di kemudian hari untuk pemrograman/ fitting alat bantu dengar dan pemasangan alat bantu dengar.

Jika Anda telah memutuskan model In The Ear (ITE) yang disesuaikan atau model belakang telinga/ Behind The Ear (BTE). Dokter THT/ Audiologis/ konsultan pendengaran Anda akan mencetak saluran telinga Anda untuk diproses sesuai bentuk saluran telinga. Jika Anda telah memilih perangkat model Receiver In Canal (RIC) atau Receiver In The Ear (RITE), pengukuran akan dilakukan pada panjang saluran telinga Anda untuk memastikan kesesuaiannya. Lubang suara akan dibuat, yang dapat disesuaikan saat janji temu.

Pemrograman Awal Alat Bantu Dengar

Di pusat perawatan pendengaran, Audiologis/ konsultan pendengaran akan menghubungkan alat bantu dengar anda ke komputer dan mengkalibrasi/ fitting sesuai dengan gangguan pendengaran dan hasil tes pendengaran Anda. Beberapa dokter THT/ Audiologis/ konsultan pendengaran memilih untuk melakukan pemrograman sebelum Anda tiba di pusat pendengaran namun ada beberapa yang lebih suka melakukannya saat Anda berada di sana.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran yang kompleks, seperti gangguan pendengaran asimetris, pemrogramanya mungkin memerlukan beberapa kali janji temu untuk mendapatkan kualitas suara yang tepat. Terutama untuk membantu Anda membuat program untuk pengaturan suara khusus untuk lingkungan yang berbeda.

Menyesuaikan Diri Dengan Alat Bantu Dengar Membutuhkan Waktu

Tidak Sesederhana Kacamata Baru

Setelah alat bantu dengar keluar dari kotak dan sudah terpasang pada telinga, Anda akan mulai mendengar banyak hal yang tidak Anda dengar selama bertahun-tahun. Pada kenyataannya, Anda mungkin merasa semuanya terlalu keras pada awalnya. Butuh waktu adaptasi bagi otak untuk mempelajari kembali suara mana yang harus diabaikan. Misalnya seperti suara langkah kaki atau gemerisik pakaian Anda. Tapi jangan khawatir, Audiologis/ konsultan pendengaran akan melakukan beberapa tes untuk memastikan bahwa alat bantu dengar dipasang dengan tepat sesuai dengan gangguan pendengaran Anda. Anda juga akan diberi penyuluhan tentang cara mengganti baterai, menggunakan fitur apa pun, membersihkan dan merawat alat bantu dengar Anda.

Menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar membutuhkan waktu. Beberapa orang hanya membutuhkan satu atau dua hari. Tetapi kebanyakan orang membutuhkan beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk menyesuaikan diri menggunakan alat bantu dengar. Banyak pasien menunggu bertahun-tahun dengan gangguan pendengaran sebelum mendapatkan alat bantu dengar. Selama ini, otak Anda sudah terbiasa dengan pendengaran yang kurang baik. Otak akan mengembangkan “new normal” saat Anda mendengarkan dunia di sekitar dengan alat bantu dengar baru.

Hal penting yang harus diingat adalah memakainya, meski hanya beberapa jam di hari pertama. Kemudian satu jam lebih lama di hari berikutnya dan seterusnya hingga Anda memakai alat bantu dengar sepanjang hari. Semakin lama Anda memakainya di awal, semakin baik Anda mendengar dalam jangka panjang.

Menambahkan Pengaturan Alat Bantu Dengar Khusus

Pengaturan “default” untuk sebagian besar alat bantu dengar difokuskan untuk menangkap ucapan di lingkungan yang sunyi. Namun di dunia nyata, suara jauh lebih kompleks, terutama jika Anda seorang musisi atau bekerja di lingkungan yang bising. Untungnya, penyedia layanan pendengaran Anda dapat menambahkan pengaturan alat bantu dengar khusus untuk Anda, termasuk pengaturan musik.

Sumber:
https://www.healthyhearing.com/help/hearing-aids/fitting

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.