Cara Membiasakan Penggunaan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Cara Membiasakan Penggunaan Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Masih ingat kesan pertama ketika Anda memiliki sepatu baru? Pada awalnya, melihat sepatu baru tersebut pasti terasa menarik bukan? Kemudian Anda ingin mencobanya sepanjang hari, namun pada hari berikutnya Anda baru menyadari, bahwa sepatu baru tersebut masih terlalu kaku, sehingga meninggalkan sedikit bekas rasa tidak nyaman di kaki.

Ini sama halnya ketika Anda mencoba untuk memakai alat bantu dengar pertama kali. Ketika melihat alat tersebut untuk pertama kalinya, Anda pasti merasa bersemangat karena masalah pendengaran Anda akan segera teratasi. Tetapi, ketika mulai mencobanya, Anda akan segera tahu bahwa ada beberapa hal berbeda yang mungkin sedikit mengganggu seperti : mudah berkeringat, sedikit rasa gatal, atau merasa ada sesuatu yang aneh di belakang telinga.

Hal ini sebenarnya adalah reaksi yang cukup normal bagi pengguna alat bantu dengar yang baru. Namun untuk mengatasi hal tersebut dan membantu Anda agar lebih cepat beradaptasi, di bawah ini akan kita bahas beberapa cara untuk menyesuaikan kecocokan fisik alat bantu dengar, hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kenyamanan mereka, dan harapan yang realistis dari pemakaian alat tersebut.

Masalah Jenis Alat Bantu Dengar

Ada dua jenis dasar alat bantu dengar : yang pertama adalah jenis alat bantu dengar yang diletakkan tepat di atas daun telinga (disebut model standar) dan yang kedua adalah alat bantu dengar yang diletakkan di dalam telinga (disebut “custom”). Mari mulai dengan alat bantu dengar yang diletakkan dalam telinga.

Alat bantu dengar dengan jenis custom dibentuk agar sesuai dengan bentuk spesifik telinga Anda. Memiliki sesuatu di telinga untuk pertama kalinya dapat terasa aneh. Tetapi jika Anda mengalami ketidaknyamanan fisik yang berlanjut seperti rasa sakit atau gesekan, segera beritahukan perawat profesional pendengaran Anda. 

Berikutnya, untuk alat bantu dengar standar, Anda akan memiliki bagian yang ada di belakang telinga, yang kemudian dihubungkan ke ear bud yang ada di telinga Anda. Ear bud tersedia dalam berbagai ukuran. Jika bud nya tidak nyaman secara fisik, profesional kesehatan pendengaran Anda dapat mengubah ukuran ear bud yang tepat untuk memberikan rasa yang lebih nyaman. Profesional pendengaran dapat merekomendasikan cetakan khusus untuk perangkat alat bantu dengar Anda sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang  lebih baik.

Beri Diri Anda Waktu

Seperti sepatu baru, butuh waktu untuk terbiasa dengan alat bantu dengar. Cara terbaik untuk menyesuaikan adalah memakai alat tersebut sesering mungkin. Pakailah alat bantu dengar Anda enam hingga delapan jam per hari agar terbiasa. 

Jika alat bantu dengar terasa tidak nyaman begitu Anda memakainya, pastikan alat tersebut telah dipasang dengan benar. Coba lepas dan pasang kembali sampai menemukan posisi yang pas. Banyak orang mencoba menggunakan alat bantu dengar dengan bantuan cermin untuk memungkinkan mereka melihat apakah alat tersebut sudah terpasang dengan benar. Beberapa orang memberi sedikit baby oil di atas permukaan telinga untuk memungkinkan alat bantu dengar masuk lebih mudah.

Tetapkan Harapan yang Realistis

Kenyataannya ketika Anda memiliki sesuatu yang baru di telinga Anda, pasti akan terasa aneh pada awalnya. Tetapi jika Anda bersabar, maka Anda akan sangat terbiasa dalam waktu satu atau dua bulan.

Jika Anda menemui masalah, biarkan profesional kesehatan pendengaran Anda segera mengetahuinya. Mereka dapat menyesuaikannya, memberikan kiat tambahan, dan mencoba alternatif yang lain terhadap masalah penggunaan alat bantu dengar Anda. Dapatkan bantuan dan layanan konsultasi tentang alat bantu dengar Anda di sini.

Please rate this

and share :