GejalaIniAdalahTandaAndaMengalamiGangguanPendengaran
Gangguan Pendengaran

12 Gejala Ini Adalah Tanda Anda Mengalami Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Hampir 48 juta orang di Amerika dilaporkan memiliki beberapa jenis gangguan pendengaran. Biasanya tanda – tanda gangguan pendengaran tersebut tidak terlihat dan akan muncul secara perlahan. Bahkan mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk menyadari bahwa mereka memiliki gangguan pendengaran. The American Speech-Language-Hearing Association (ASHA) merekomendasikan orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun untuk melakukan pemeriksaan pendengaran setiap tiga tahun sekali. Sayangnya, kebanyakan orang hanya memeriksakan  pendengaran mereka setelah gangguan pendengaran yang sudah lama mereka alami mulai menimbulkan masalah di kehidupan mereka. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda bisa tahu jika Anda mengalami gangguan pendengaran tanpa diperiksa oleh seorang profesional dalam kesehatan pendengaran? Berikut adalah tanda-tanda atau gejala yang dapat menjadi indikator apakah Anda mengalami gangguan pendengaran atau tidak.

Anda Sering Bertanya “Apa?”

Meminta lawan bicara untuk sesekali mengulangi perkataannya sebenarnya merupakan hal yang wajar, terutama jika Anda sedang tidak memperhatikan atau karena ia berbicara dari kejauhan. Tetapi jika Anda terlalu sering meminta pengulangan berulang kali, hal ini bisa jadi merupakan gejala gangguan pendengaran.

Semua Orang di Sekitar Anda Tampak Seperti Sedang Bergumam

Keluhan umum dari orang-orang yang memiliki gangguan pendengaran adalah mereka menganggap orang-orang tidak berbicara dengan jelas. Jika Anda mendapati diri Anda berpikir bahwa orang disekitar Anda hanya terlihat bergumam dan sulit untuk memahami perkataannya, hal tersebut juga dapat menjadi salah satu  gejala gangguan pendengaran.

Anda Mengalami Kesulitan Mendengar di Lingkungan yang Ramai/ Bising

Jika Anda mengalami masalah mendengar ketika berada di restoran, situasi yang ramai atau pada pesta pernikahan teman Anda, ini mungkin merupakan tanda gangguan pendengaran.

Anda Mengalami Kesulitan Mendengar di Telepon

Berbicara di telepon dan mungkin sesekali lawan bicara kita terdengar tidak cukup jelas karena sinyal yang jelak mungkin adalah kondisi yang umum terjadi.  Namun jika Anda terus-menerus merasa tidak bisa mendengar percakapan dengan jelas setiap Anda melakukan panggilan telepon, bisa jadi Anda mengalami gejala gangguan pendengaran.

Teman atau Keluarga Anda Mungkin Pernah Mengatakan Sesuatu Tentang Pendengaran Anda

Jika keluarga atau teman Anda pernah atau bahkan sering mengatakan bahwa Anda tidak mendengar dengan baik, Anda mungkin perlu menanggapinya dnegan serius karena bisa jadi ini merupakan gejala gangguan pendengaran.

Anda Menderita Diabetes, Penyakit Jantung atau Tiroid

Penelitian telah menunjukkan adanya korelasi antara beberapa penyakit di atas dengan gangguan pendengaran. Penderita diabetes, penyakit jantung, dan/atau tiroid memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan pendengaran.

Telinga Anda Berdengung Terus-menerus

Dengung di telinga Anda sering dianggap sebagai gejala gangguan pendengaran atau kerusakan pada sistem pendengaran. Suara dengung tersebut biasa disebuty dengan tinnitus, di mana Anda mendengar suara dengung yang berasal dari dalam telinga Anda sendiri. Gangguan pendengaran dan tinitus sangat sering terjadi secara bersamaan meskipun diketahui bahwa penyebab tinnitus bukanlah gangguan pendengaran dan sebaliknya.

Keluarga Anda Mengatakan bahwa Anda Menonton TV dengan Volume yang Terlalu Keras

Jika Anda menonton TV Anda dengan volume suara yang tidak nyaman jika didengar oleh orang lain maka bisa jadi itu merupakan tanda gangguan pendengaran.

Anda Merasa Mudah Lelah Setelah Percakapan Setelah Mendengarkan Sesuatu Cukup Lama

Orang-orang dengan gangguan pendengaran harus mengeluarkan energi ekstra untuk fokus dan mengikuti percakapan yang dapat menyebabkan kelelahan baik dari segi fisik maupun mental. Jika Anda merasa diri Anda kesulitan setiap mengikuti percakapan atau kelelahan ketika harus mendengar dengan waktu yang  lama seperti ceramah dan rapat, ini mungkin merupakan gejala gangguan pendengaran.

Anda Takut atau Menghindari Situasi Dimana Akan Ada Lebih dari Dua Orang Disitu

Isolasi sosial adalah konsekuensi nyata dari gangguan pendengaran karena banyak orang yang kesulitan dalam mendengar memilih untuk menghindari aktivitas di mana Anda harus dapat mendengar dengan baik.

Anda Sering Salah Paham dengan Apa yang Orang Katakan

Mendengar atau menanggapi sesuatu secara tidak benar terkadang bisa lebih memalukan dari pada tidak mendengarnya sama sekali. Contohnya, seseorang menyebut kata “papan” tapi Anda mendengarnya sebagai “badan”. Pernahkah hal seperti itu terjadi pada Anda?

Ada Riwayat Gangguan Pendengaran Pada Keluarga

Jika keluarga Anda memiliki riwayat gangguan pendengaran yang disebabkan oleh usia, maka Anda memiliki kemungkinan untuk mengalaminya juga pada akhirnya.

Jika Anda merasa mengalami atau memiliki tanda-tanda gangguan pendengaran seperti di atas, maka segeralah melakukan pemeriksaan pada penyedia layanan kesehatan pendengaran untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan segera. Sebab, gangguan pendengaran yang dibiarkan saja akan membawa dampak yang sangat merugikan bagi penderitanya bahkan sampai penurunan kualitas hidup.

Please rate this

and share :