Gangguan Kesehatan, Penyebab Masalah Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Gangguan Kesehatan, Penyebab Masalah Pendengaran

No ratings yet.

Jika Anda baru-baru ini ingin mengetahui penyebab masalah pendengaran, Anda bisa mempertimbangkan untuk bertanya kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan lain. Sehingga Anda dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mengapa penting untuk menanyakan masalah kesehatan secara menyeluruh jika Anda di diagnosis dengan masalah gangguan pendengaran?. Jawabannya sangat sederhana, karena ada beberapa penyakit yang secara tidak langsung terkait atau menjadi penyebab masalah pendengaran.

Penyakit Penyebab Masalah Pendengaran

Berikut adalah beberapa penyakit yang banyak dikaitkan dengan munculnya gangguan pendengaran.  

Kesehatan jantung

Telah terbukti berulang kali dalam beberapa dekade terakhir bahwa kesehatan jantung memengaruhi kesehatan pendengaran . Tapi bagaimana caranya? Di telinga bagian dalam Anda terdapat sel-sel kecil yang disebut sel rambut. Sel-sel ini dapat mengubah suara menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak Anda untuk ditafsirkan. Ketika Anda memiliki masalah kardiovaskular, jantung tidak dapat memompa darah dengan cukup baik untuk sel-sel rambut Anda, sehingga akhirnya sel-sel rambut tersebut rusak atau hancur. Saat Anda kehilangan sel-sel rambut, Anda kehilangan kemampuan pendengaran.

Data Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa penyakit jantung koroner menempati posisi pertama sebesar 12,9 persen penyebab kematian di Indonesia. Tingginya angka kematian tersebut membuat kita sebaiknya mengantisipasi terhadap munculnya berbagai gejalanya agar dapat melakukan upaya preventif. Dengan adanya upaya preventif yang cukup baik, maka diharapkan  kita dapat hidup lebih baik dan terhindar dari adanya gangguan pendengaran di kemudian hari.

Diabetes

Kehilangan pendengaran kira-kira dua kali lebih umum pada mereka yang menderita diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita diabetes. Mengapa diabetes dapat mempengaruhi pendengaran Anda? Diabetes mempersempit pembuluh darah utama yang mengalir ke telinga bagian dalam Anda, sehingga mengurangi pasokan darah ke sel-sel rambut Anda. Ini juga dapat merusak saraf yang mengirimkan informasi suara dari telinga bagian dalam ke otak Anda.

Diabetes mellitus mempengaruhi sekitar 9,6% dari populasi orang dewasa di AS dan seluruh dunia. Diabetes mellitus juga dikaitkan dengan komplikasi mikrovaskular dan neuropatik yang mempengaruhi retina, ginjal, arteri perifer, dan saraf perifer. Perubahan patologis yang menyertai diabetes masuk akal dapat menyebabkan cedera pada pembuluh darah atau sistem saraf telinga bagian dalam yang mengakibatkan gangguan pendengaran sensorineural. Bukti patologi tersebut, termasuk sclerosis arteri pendengaran internal, kapiler menebal dari stria vascularis, atrofi ganglion spiral, dan demielinasi saraf kranial kedelapan, telah dideskripsikan di antara pasien otopsi dengan diabetes mellitus.

Kesehatan mulut

Ini kejutan yang mengejutkan: Kesehatan mulut Anda mempengaruhi kesehatan pendengaran Anda. Itu terjadi melalui sistem kardiovaskular Anda. Telah terbukti bahwa kesehatan mulut Anda terhubung dengan kesehatan jantung Anda. Penyakit periodontal dapat menyebabkan bakteri dan racun memasuki aliran darah, yang meningkatkan kemungkinan masalah kardiovaskular. Seperti yang telah ditunjukkan, masalah kardiovaskular mempengaruhi sel-sel rambut kecil di telinga bagian dalam Anda, yang dapat menyebabkan munculnya masalah gangguan pendengaran.

Kesehatan Tiroid

Penyakit autoimun Graves yang umum telah dikaitkan dengan gangguan pendengaran. Penyakit Grave menyebabkan hipertiroidisme, yaitu kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mencari tahu mengapa hipertiroidisme mempengaruhi pendengaran Anda, tetapi masuk akal: Hormon-hormon yang dihasilkannya mengontrol bagaimana tubuh Anda menggunakan energi, sehingga mempengaruhi seluruh tubuh Anda – termasuk jantung Anda. Dan seperti yang telah kita lihat, kesehatan jantung Anda sangat memengaruhi kesehatan pendengaran Anda.

Melihat paparan tentang adanya beberapa penyakit serius yang secara tidak langsung dapat menyebabkan munculnya gangguan pendengaran diatas, maka bisa kita simpulkan , bahwa menjaga kesehatan secara menyeluruh ternyata sangat penting untuk melindungi tubuh kita dan mengaktifkan pendengaran sehat kita agar bertahan lebih lama.

Namun jika ternyata, gangguan pendengaran  telah terjadi, maka masih ada langkah antisipasi yang bisa Anda ambil agar dapat terhindar dari masalah pendengaran yang lebih serius dengan menghubungi tenaga profesional perawatan terdekat di kota Anda. Ingatlah bahwa masalah pendengaran akan berdampak serius pada kualitas hidup Anda. sebuah penanganan cepat dan tepat akan membantu Anda untuk hidup lebih baik di kemudian hari.

Sumber : https://www.lafayettehearingcenter.com/blog/your-health-affects-your-hearing/

Please rate this

and share :