Gangguan Pendengaran Yang Diabaikan Dapat Menyebabkan Kelelahan
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Yang Diabaikan Dapat Menyebabkan Kelelahan

No ratings yet.

Sering merasa lelah berlebihan? Mungkin Anda mengalami gangguan pendengaran atau ada masalah dengan pendengaran Anda. Menurut penelitian dari Better Hearing Institute, biaya dari gangguan pendengaran yang tidak diatasi berjumlah 56 miliar dolar per tahun di AS dan 92 miliar euro di Eropa. Hal ini terutama karena hilangnya produktivitas di tempat kerja. Sebagian besar produktivitas yang hilang adalah karena kelelahan yang disebabkan oleh gangguan pendengaran.

Alat Bantu Dengar Dapat Meningkatkan Kesehatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan gangguan pendengaran yang tidak menggunakan alat bantu dengar mengalami lebih banyak kesedihan, ketakutan, dan kecemasan. Dibandingkan dengan mereka yang menggunakan alat bantu dengar. Mereka mengurangi aktivitas sosial, menjadi tidak stabil secara emosional dan sulit berkonsentrasi.

Penggunaan alat bantu dengar telah terbukti meningkatkan kualitas hidup dalam berbagai cara. Hubungan dengan anggota keluarga menjadi lebih mudah dan kepercayaan diri meningkat karena meningkatnya perasaan aman, nyaman, dan kemandirian.

Orang-orang yang tiba-tiba kehilangan sebagian atau seluruh pendengarannya biasanya melalui lima tahap kesedihan yang diidentifikasi oleh Elizabeth Kubler-Ross. Tahap-tahapnya adalah penolakan, kemarahan, tawar-menawar, depresi, dan penerimaan. Kelelahan adalah salah satu gejala paling umum dari depresi klinis. 

Baca juga : Empat Cara Gangguan Pendengaran Mempengaruhi Kesehatan Otak

Dampak Gangguan Pendengaran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dengan kehilangan kemampuan untuk mendengar suara dengan normal dapat menyebabkan rasa isolasi yang terus-menerus menekan. Bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran, tempat kerja menjadi lebih menyulitkan. Setiap hari kita akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan sekitar. Upaya ekstra yang diperlukan untuk memahami ucapan dalam kebisingan ketika pendengaran Anda terganggu dapat membuat otak kewalahan. Sehingga membuat lebih sulit untuk melakukan tugas lainnya pada saat bersamaan. Hasilnya bisa berupa kinerja yang lebih buruk pada tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan kerja ekstra seiring dengan yang lain. Otak Anda juga harus melalui siklus ekstra mencoba memahami dan berkomunikasi.

Stres dan kecemasan akibat mengatasi gangguan pendengaran juga dapat membuat Anda sedih. Ketika Anda sedang dalam percakapan tetapi tidak dapat mengikuti, terutama dalam bisnis, kehilangan informasi yang Anda butuhkan bisa sangat mengancam.

Ketika kecemasan semacam ini meluas ke situasi lain, seseorang dengan gangguan pendengaran berakhir dalam keadaan “kewaspadaan yang berlebihan”. Atau disebut oleh psikolog sebagai sindrom “lawan atau lari”. Salah satu mekanisme pertahanan alami kita adalah produksi adrenalin yang cepat ketika kita diancam. Adrenalin memberi kita energi dan kewaspadaan ekstra, memberi kita alat untuk menghadapi atau menghindari pemangsa. Produksi berlebih stimulan yang kuat ini dapat mendatangkan malapetaka pada sistem saraf. Kelelahan dan kelelahan total adalah konsekuensi alami.

Selain itu, agar sesuai dengan alat bantu dengar, meditasi dan disiplin pernapasan telah terbukti memberikan manfaat kesehatan yang nyata, menghilangkan stres dan memulihkan energi. Yoga adalah praktik yang sangat baik untuk mengurangi stres, meningkatkan pernapasan, dan meningkatkan energi dan vitalitas.

Latihan aerobik yang teratur dapat menghilangkan stres dan melawan depresi, sebagian dengan melepaskan endorfin dalam aliran darah, yang berkontribusi pada rasa kesejahteraan secara umum.

Mengatasi Gangguan Pendengaran

Saat ini banyak jenis alat bantu dengar dan teknologi pendampingan yang tersedia untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi ketegangan dalam proses mendengar. Banyak dari teknologi alat bantu dengar saat ini menggunakan pemrosesan digital dan dirancang untuk mengenali dan menekan kebisingan di lingkungan yang bertujuan agar mendengar menjadi lebih mudah.

Temukan teknologi pendengaran yang tepat untuk membantu Anda beristirahat dan menghilangkan stres secara tepat dengan  Klik di sini . Anda juga dapat menghubungi kami di no 0800-100-2234 untuk menemukan profesional kesehatan pendengaran yang dapat membantu Anda menemukan kebutuhan pendengaran yang sesuai gaya hidup dan kebutuhan mendengarkan Anda saat ini.

Sumber : https://www.verywellhealth.com/an-often-overlooked-cause-of-fatigue-1048839

Please rate this

and share :