Tes Pendengaran Online, Apakah Bermanfaat?
Pendengaran

Tes Pendengaran Online, Apakah Bermanfaat?

No ratings yet.

Tes pendengaran online saat ini telah menjadi bagian dari skrining kesehatan mandiri. Pertanyaannya, apakah hal itu dapat bekerja akurat? Apakah dapat memastikan kesehatan pendengaran Anda secara optimal?

Mari kita melihat lebih dekat, termasuk kekurangan, kelebihan, dan hal yang perlu di  garis bawahi untuk menjaga pendengaran Anda tetap dalam kondisi prima.

Kelebihan Tes Pendengaran Online

Bayangkan jika Anda bisa melakukan apa saja secara nyaman dari rumah Anda sendiri, bahkan melakukan sebuah tes pendengaran. Kedengarannya cukup menyenangkan, bukan? Tes pendengaran online, sangat membantu dalam skala global untuk mendapatkan hasil secara cepat tentang kondisi pendengaran Anda tanpa harus keluar rumah. Terutama ketika Anda cukup sibuk. Tes pendengaran online yang berkualitas dapat membantu Anda mengambil langkah pertama menuju kesehatan pendengaran yang lebih baik tanpa harus meninggalkan rumah.

Rata-rata orang memerlukan waktu tujuh tahun untuk membuat janji temu dengan penyedia layanan setelah mencurigai mereka mungkin mengalami gangguan pendengaran. Jadi bayangkan seberapa cepat mereka dapat mencari bantuan profesional jika mereka dapat melakukan langkah pertama. Sederhana, gratis, bijaksana, relatif cepat, dan berpotensi memperkirakan kemampuan pendengaran Anda saat ini.

Beberapa tes pendengaran di rumah berbasis aplikasi atau online telah dikembangkan. Para peneliti telah mempelajari seberapa baik mereka dibandingkan dengan tes serupa yang diberikan di bilik suara profesional layanan pendengaran. Hasilnya bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti platform pengujian spesifik yang diuji.

Kekurangan Tes Pendengaran Online

Bahkan tes pendengaran online yang paling dapat diandalkan dapat disalahartikan. Tanpa keahlian untuk memahami apa arti temuan atau bagaimana dan mengapa Anda memiliki potensi gangguan.

Misalnya, gangguan pendengaran dapat disebabkan oleh sesuatu yang sederhana. Seperti benda asing di saluran telinga atau masalah di area otak yang memproses suara. Dalam kedua kasus tersebut, Anda mungkin tidak mengetahui masalah yang mendasarinya. Tetapi Anda memutuskan untuk membeli alat bantu dengar tanpa melakukan kunjungan ke audiolog. Karena merasa sudah mendapatkan hasil dari tes pendengaran online yang Anda ikuti sehingga tidak akan menyelesaikan masalah yang sebenarnya.

Pengujian online juga tidak memberikan evaluasi komprehensif yang Anda butuhkan untuk melihat kesehatan pendengaran Anda secara lebih lengkap:

  • Beberapa pemeriksaan pendengaran online mungkin menggunakan uji ambang konduksi udara nada murni, misalnya, di mana setiap telinga diputar serangkaian suara melalui earphone, dan Anda menunjukkan apakah Anda dapat mendengar setiap nada masing-masing. Tes ini mengukur suara paling tenang yang dapat Anda dengar setidaknya 50 persen dari waktu – ambang batas. Namun, data penting ini hanya menggores permukaan. Itu tidak menjelaskan seberapa baik Anda mendengar pembicaraan, seberapa baik Anda memahaminya, atau apakah gangguan pendengaran disebabkan oleh cedera di telinga Anda.
  • Selain serangkaian tes penting yang mengukur elemen-elemen seperti udara murni dan konduksi tulang, pengenalan suara dan kata, tympanometry dan refleks akustik, tingkat mendengarkan yang nyaman, ambang ketidaknyamanan, dan banyak lagi, pemeriksaan profesional mencakup pemeriksaan telinga dan asupan riwayat kesehatan medis dan pendengaran, tidak bisa Anda dapatkan.

Yang Perlu di Garis Bawahi

Tes pendengaran di rumah yang andal dapat berfungsi sebagai alarm penting yang menunjukkan kondisi kesehatan pendengaran Anda. Jika Anda sedang melakukan tes pendengaran online, maka sebenarnya  Anda sedang mencari cara mudah untuk mengetahui apakah Anda berpotensi mengalami gangguan pendengaran, yang nanti harus di tindak lanjuti oleh seorang profesional perawatan pendengaran terlatih dan berlisensi.

Perlu diingat, bahwa tes pendengaran di rumah hanya dapat menunjukkan gejala – tidak menunjukkan masalah yang mendasarinya atau memberikan solusi untuk kebutuhan unik Anda. Evaluasi audiologis untuk mengumpulkan bermacam data tentang tidak hanya sistem pendengaran Anda tetapi juga cara untuk meningkatkan kesulitan pendengaran spesifik Anda sangatlah penting.

Sistem pendengaran Anda sangat kompleks, dan begitu pula kombinasi orang dan lingkungan yang menciptakan gaya hidup mendengarkan Anda yang unik. Jika Anda mulai merasa kesulitan berkomunikasi dalam aktivitas sehari-hari atau mengikuti tes daring yang mengindikasikan potensi gangguan pendengaran, jangan menunggu. Hubungi tim peduli kami untuk melakukan  evaluasi komprehensif pendengaran Anda hari ini.

Sumber : https://www.lafayettehearingcenter.com/blog/online-hearing-tests/

Please rate this

and share :