Ingin Mempertajam Pendengaran? Ikuti Tips Berikut!
Pendengaran

Ingin Mempertajam Pendengaran? Ikuti Tips Berikut!

5/5 (1)

Sekitar 35 juta orang di dunia mengalami gangguan pendengaran dan melakukan beberapa cara untuk mempertajam pendengaran mereka. Kesulitan mendengar saat menonton televisi? Selalu meminta orang lain mengulangi perkataan mereka? Anda tidak sendirian.

Sementara bidang audiologi telah melihat kemajuan yang mengesankan dalam teknologi alat bantu dengar. Ada beberapa hal mudah dan alami yang dapat Anda lakukan sendiri yang dapat membantu mengasah indera pendengaran sebelum intervensi profesional diperlukan.

Lakukan Beberapa Latihan

Telinga mendeteksi suara, tetapi otak yang menafsirkannya. Latihan yang memperkuat keterampilan pemahaman otak mungkin membantu membuat Anda menjadi pendengar yang lebih baik. Berikut adalah dua kegiatan yang dapat Anda coba sebagai cara untuk mempertajam pendengaran.

Berjalan-jalanlah di hutan, di pantai atau di tempat dengan suara alam. Fokus pada lingkungan sekitar Anda dan tuliskan semua yang Anda dengar. Mulai dari kicauan burung hingga angin yang berhembus. Ulangi latihan ini dalam beberapa hari berturut-turut. Dengan melakukan cara mempertajam pendengaran ini, maka secara bertahap Anda akan menjadi lebih terbiasa dengan kebisingan sekitar.

Latihan kedua sebagai salah satu cara mempertajam pendengaran adalah dengan meminta pasangan membacakan kepada Anda dari sebuah buku atau majalah tentang topik yang tidak dikenal. Setelah setiap kalimat, coba ulangi apa yang pasangan Anda katakan. Setelah Anda dapat mengulangi kalimat kata demi kata secara konsisten, cobalah latihan ini lagi dengan TV menyala di latar belakang atau di tempat yang bising.

Konsumsi Vitamin

Beberapa vitamin dan mineral telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi dan pendengaran telinga

Asam folat meningkatkan sirkulasi darah ke telinga, serta produksi energi dalam sel yang bertanggung jawab untuk pendengaran.

Magnesium membantu fungsi saraf yang sehat dalam sistem pendengaran dan membantu mencegah kerusakan pada lapisan dalam arteri.

Zinc melindungi sel-sel rambut di dalam telinga, yang bertanggung jawab untuk memancarkan getaran yang mengirim sinyal listrik ke otak. Zinc juga mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah infeksi telinga.

Vitamin B menawarkan sejumlah manfaat potensial bagi telinga, termasuk pengaturan kadar cairan dan optimalisasi penggunaan oksigen.

Berhenti Merokok

Jika perokok membutuhkan alasan lain yang berhubungan dengan kesehatan untuk berhenti, ini dia: Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan merokok memiliki risiko lebih dari dua kali lipat untuk kehilangan pendengaran Anda. Mengapa demikian? hal itu karena aliran darah dan oksigen sangat penting untuk menjaga sel-sel sehat di telinga bagian dalam. Keduanya terhambat oleh nikotin dan karbon monoksida. Merokok juga mengiritasi lapisan telinga tengah dan mengganggu fungsi normal tuba Eustachius. Nikotin telah terbukti menyebabkan dering di telinga (tinitus), dan beberapa ahli percaya bahwa hal tersebut dapat mengganggu neurotransmiter yang membawa pesan dari saraf pendengaran ke otak.

Jadi jika Anda berkeinginan untuk memiliki fungsi pendengaran yang baik, maka berhenti merokok merupakan salah satu cara mempertajam pendengaran yang harus Anda lakukan.

Lakukan Tes Pendengaran

Meskipun gangguan pendengaran tidak dapat kembali normal, Anda mungkin dapat mencegahnya menjadi lebih buruk dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana. Deteksi dini adalah kuncinya, jadi periksa pendengaran Anda setiap tahun. Anda bisa mengunjungi https://www.pusatalatbantudengar.com/  untuk mengetahui semua masalah pendengaran dan  melakukan tes pendengaran serta mencari solusi berupa alat bantu dengar.

Bersihkan Kotoran Telinga

Juga dikenal sebagai serumen, kotoran telinga adalah mekanisme pertahanan alami yang melindungi bagian dalam telinga dari partikel asing, bakteri, dan infeksi. Ini dikeluarkan oleh kelenjar khusus yang terletak di telinga luar, dan bervariasi dalam warna serta konsistensi dari tiap individu.

Sejumlah kecil kotoran telinga memang bermanfaat, namun penumpukan kotoran telinga yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pendengaran ringan dan ketidaknyamanan. Jika Anda mencurigai adanya penyumbatan, segera periksakan ke dokter. Jangan pernah mencoba mengeluarkannya sendiri, karena Anda berisiko mendorong kotoran  lebih jauh ke dalam telinga dan merusak lapisan halus saluran telinga atau gendang telinga.

Beberapa cara untuk mempertajam pendengaran diatas sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja. Anda hanya perlu memastikan untuk memiliki konsistensi dalam melakukannya, karena gaya hidup maupun kebiasaan yang sehat akan berpengaruh pada kesehatan pendengaran di kemudian hari.

Sumber : https://www.carecredit.com/well-u/health-wellness/improve-your-hearing/

Please rate this

and share :