Tips Berkomunikasi Lebih Baik Bagi Penderita Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Tips Berkomunikasi Lebih Baik Bagi Penderita Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Memiliki gangguan pendengaran akan membuat Anda merasa lebih sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun hal ini tidak berarti Anda tidak mampu untuk terlibat dalam percakapan dengan orang di sekitar. Berikut adalah beberapa tips cara berkomunikasi yang lebih baik meskipun Anda mengalami gangguan pendengaran.

Jangan Takut Untuk Memberitahu Orang Lain Tentang Gangguan Pendengaran Anda

Tidak ada salahnya memberi tahu orang lain tentang gangguan pendengaran Anda. Anda akan mendapatkan ketenangan pikiran dengan memberitahu orang lain mengenai kondisi pendengaran Anda. Hal ini juga membantu Anda merasa lebih nyaman ketika berkomunikasi dengan mereka.

Jika Anda memberi tahu orang lain tentang gangguan pendengaran Anda, mereka akan lebih cenderung untuk berkomunikasi lebih cermat. Mereka akan lebih memperhatikan Anda, terutama saat berbicara. Dan akan berbicara lebih lambat ketika giliran mereka.

Memberitahu orang lain juga akan membantu saat Anda kehilangan satu kata atau kebingungan di tengah-tengah percakapan. Mereka akan mengerti bahwa itu karena gangguan pendengaran dan bukan karena Anda tidak memperhatikan mereka.

Gunakan Mata dengan Efektif

Hanya karena memiliki gangguan pendengaran, itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat terlibat dalam percakapan. Anda masih memiliki mata yang bisa digunakan untuk memahami apa sebenarnya pembicaraan itu.

Tempatkan diri Anda sedekat mungkin dengan orang yang sedang berbicara. Dan pastikan Anda dapat dengan jelas melihat bibir mereka. Membaca bibir adalah salah satu cara paling efektif untuk berkomunikasi jika memiliki kesulitan mendengar. Jangan berpura-pura memahami sesuatu meskipun Anda tidak mendengarnya dengan benar

Fokus Saat Melakukan Percakapan

Memang sulit untuk memahami percakapan ketika Anda memiliki gangguan pendengaran, namun Anda masih bisa melakukannya dengan fokus memperhatikan.

Hindari mengatakan “apa” atau “ya,” ketika Anda melewatkan sesuatu. Anda bisa mencoba untuk lebih spesifik dengan apa yang Anda lewatkan dalam percakapan. Usahakan agar tidak meminta pembicara mengulangi semua yang baru saja dikatakannya. Coba kumpulkan bagian-bagian yang menurut Anda sulit dipahami.

Lebih spesifik tentang apa yang Anda butuhkan atau inginkan. Jika percakapan terlalu cepat atau jika pembicara berbicara terlalu lembut, Anda dapat meminta mitra percakapan Anda untuk sedikit melambat atau berbicara lebih keras. Sehingga Anda dapat mengikuti mereka dengan benar.

Selalu Gunakan Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar bisa dibilang alat yang paling membantu bagi orang dengan gangguan pendengaran. Mereka memungkinkan orang dengan gangguan pendengaran untuk mendengarkan dengan lebih baik, berkomunikasi lebih baik, dan berpartisipasi lebih banyak dalam berbagai kegiatan.

Penting untuk dicatat, bahwa alat bantu dengar tidak mampu mengembalikan pendengaran Anda kembali normal. Alat bantu dengar adalah perangkat yang dirancang untuk meningkatkan pendengaran Anda dengan membuat suara terdengar lebih keras bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan pendengaran.

Dengan alat bantu dengar, Anda dapat mendengar suara yang mungkin tidak terdengar sebelumnya. Seperti bel pintu berdering, suara air mengalir, burung-burung bernyanyi di luar, dll.

Baca juga : Mengapa harus menggunakan dua alat bantu dengar

Siapapun dengan gangguan pendengaran masih memiliki kemampuan untuk berkomunikasi lebih baik dengan orang lain. Itu semua tergantung pada orang itu dan strategi apa yang akan dia gunakan.

Cari cara untuk membantu meningkatkan pendengaran Anda dan membuat komunikasi lebih baik dengan orang lain. Jika memungkinkan, Anda harus mencari perawatan dan konseling dari seorang profesional yang memenuhi syarat untuk membahas semua pilihan Anda yang tersedia untuk peningkatan pendengaran.

ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, akan membantu Anda untuk hidup lebih mudah dengan pendengaran yag lebih baik. Anda dapat mengunjungi website ABDI di sini, untuk memperoleh segala informasi dan konsultasi masalah pendengaran, atau secara langsung Anda dapat menghubungi no 0800-100-2234 untuk terhubung dengan para staf yang akan membantu Anda dan membuat jadwal temu dengan para tenaga profesional perawatan pendengaran kami.

Sumber : http://hearinghealthmatters.org/theaudiologycondition/2018/key-tips-communicate-better-despite-hearing-loss/

Please rate this

and share :